Ganjar Pranowo Sebut Nama Carina sampai NIKI dan Rich Brian di Debat Capres Ketiga, Siapakah Mereka?

Nama Carina sampai NIKI dan Rich Brian di Debat Capres Ketiga disebut-sebut oleh Ganjar Pranowo.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 07 Jan 2024, 21:42 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2024, 21:40 WIB
Ekspresi Ketiga Calon Presiden Saat Adu Gagasan pada Debat Ketiga Pelimu 2024
Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo menyebut nama Carina sampai NIKI dan Rich Brian dalam debat ketiga Capres Pemilu tahun 2024 di Istora Senaya, Jakarta, Minggu (7/1/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden atau Capres Nomor Urut Tiga, Ganjar Pranowo menyebut nama Carina, NIKI dan Rich Brian di Debat Capres Ketiga yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu, 7 Januari 2024. Ia menanggapi pertanyaan dengan tema Globalisasi yang berkaitan dengan promosi budaya.

"Teknologi digital mendunia, kita semua menggunakan itu. Ada satu kata 'viralisme', maka kemudian ada yang konvensional kita mendorong agar para duta besar kita menjadi tenaga pemasar, menjadi fasilitator," ucap Ganjar saat sesi Debat Capres Ketiga.

"Mereka juga mempromosikan dalam negeri maupun menarik potensi yang ada di luar negeri ke dalam negeri, dengan berbagai kerja sama dan fasilitasi negara. Maka 'viralisme' sebenarnya bisa kita dorong dari Tanah Air sendiri."

Diaspora yang Hebat

Tak tanggung-tanggung, Ganjar mencontohkan sosok Carina, NIKI dan Rich Brian. Ketiganya merupakan orang-orang yang sangat hebat, yang dapat membawa nama Indonesia ke kancah dunia.

Menurut Ganjar, dedikasi mereka dapat didorong dari Tanah Air sendiri. 

"Kalau kita lihat, NIKI dan Rich Brian, Carina. Carina seorang intelektual yang hebat sekali yang menemukan antivirus AstraZeneca. Dia diaspora yang hebat, kita promosikan, kita viralkan," terangnya.

"NIKI dan Rich Brian yang kita fasilitasi, maka dialah yang bisa mendapatkan keuntungan, menjadi diplomat Indonesia." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Carina Joe, Penemu Vaksin AstraZeneca

Yang dimaksud Carina oleh Ganjar Pranowo adalah Carina Joe, ilmuan Indonesia penemu vaksin Oxford-AstraZeneca.

Pada tahun 2021, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan memberikan penghargaan kepada Carina Joe. Ini karena ilmuan tersebut telah berhasil menjadi inovator dalam menciptakan formula manufaktur masal vaksin Oxford-AstraZeneca sehingga berhasil dan menjadi satu-satunya vaksin paling banyak diproduksi yakni 2 miliar dosis dan  tersebar di 170 negara.

"Carina Joe adalah bukti bahwa puteri terbaik bangsa Indonesia dapat berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang berdampak kepada kemanusiaan. Hal ini patut diapresiasi dan menjadi kebangaan kita semua," katanya melalui pernyataan resmi, Senin (22/11/2021).

"Saya selaku Wakil Ketua MPR RI, ingin memberikan apresiasi tertinggi kepada prestasi yang telah Carina torehkan."

Politisi Senior Partai Demokrat ini menyampaikan, apa yang Carina Joe lakukan di tengah situasi pandemi global telah berhasil menyelamatkan jutaan, bahkan miliaran nyawa umat manusia.

“Atas nama bangsa Indonesia, saya ingin berterima kasih kepada Carina, karena apa yang kamu lakukan, telah menyelamatkan jutaan manusia di tengah situasi pandemi global COVID-19," ucap Syarief.

"Kita bangsa Indonesia bangga sama Carina dan Carina memberikan inspirasi serta menghidupkan mimpi-mimpi jutaan anak Indonesia yang saat ini mungkin memiliki mimpi yang sama, ingin menjadi Ilmuan. Ke depannya saya berharap akan muncul Carina-Carina lain yang juga dapat berkontribusi untuk kemanusiaan."


NIKI dan Rich Brian, Musisi Indonesia yang Tampil di Festival Coachella

NIKI dan Rich Brian menjadi dua musisi Indonesia pertama yang tampil di salah satu festival terbesar di Amerika dan dunia, yaitu Coachella tahun 2022. 

Pada waktu itu, NIKI membawakan lagu Sempurna milik Andra and the Backbone saat tampil di set Head in the Clouds besutan 88rising. Lagu tersebut menjadi lagu berbahasa Indonesia pertama yang dinyanyikan di atas panggung Coachella.

"Lagu berikut khusus untuk keluarga dan negaraku," ujar NIKI.

Satu hari setelahnya, giliran Rich Brian yang memainkan setnya di Coachella Festival 2022 pada hari Sabtu (16/4/) waktu setempat.

Rich Brian terlebih dahulu memperkenalkan dirinya sebagai musisi asal Jakarta, Indonesia.

"Buat sesiapa yang belum tahu siapa saya, saya adalah Rich Brian dari Jakarta, Indonesia. Dan untuk kalian yang telah mengetahui diriku, kita akan menjalani malam yang luar biasa kali ini," ujarnya tegas yang disambut dengan sorak sorai penonton.

Ia membawakan sejumlah lagu lain, seperti Froyo, Glow Like Dat, hingga Drive Safe.

Tahun 2023, Keduanya manggung sekaligus pulang kampung alias mudik dalam perhelatan "88 Degrees Rising in Jakarta." Hal ini diumumkan 88rising yang menaungi mereka pada Selasa (25/7/2023), dalam akun media sosialnya.

Event tersebut digelar pada tanggal cantik 9 September 2023 alias 9-9-2023 mendatang. Sementara lokasi acaranya adalah di Jakarta International Expo atau JIExpo, Jakarta Utara.

Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional
Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya