Sophie Kinsela Penulis Serial Novel Shopaholic Umumkan Idap Kanker Otak

Sophie Kinsella menunggu lebih dari setahun untuk mengumumkan diagnosis kankernya kepada publik.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 19 Apr 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2024, 13:00 WIB
Sophie Kinsella
penulis serial terlaris “Shopaholic”, Sophie Kinsella, berjuang hadapi kanker otak selama setahun terakhir. (Foto: Instagram/@sophiekinsellawriter)

Liputan6.com, Jakarta - Sophie Kinsella, penulis serial terlaris “Shopaholic”, pekan ini mengungkapkan bahwa dia telah berjuang melawan kanker otak selama lebih dari setahun.

“Saya sudah lama ingin berbagi kabar terkini kesehatan saya dengan kalian dan saya selama ini menunggu kekuatan untuk melakukannya,” tulis Sophie Kinsella pada Rabu di laman Instagramnya.

“Pada akhir tahun 2022, saya didiagnosis menderita glioblastoma, suatu bentuk kanker otak yang agresif.”

Glioblastoma adalah kanker yang tumbuh cepat yang dimulai di otak atau sumsum tulang belakang, menurut Mayo Clinic, yang mencatat bahwa tidak ada obatnya tetapi pengobatan bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan kanker dan mengurangi gejala.

“Saya telah dirawat oleh tim yang sangat baik di University College Hospital di London dan telah menjalani operasi yang sukses serta radioterapi dan kemoterapi berikutnya, yang masih berlangsung,” tambah Kinsella yang kini berusia 54 tahun.

Penulis serial Shopaholic, yang tinggal di Inggris bersama suaminya, Henry Wickham, menunggu lebih dari setahun untuk mengumumkan diagnosisnya kepada publik karena dia ingin kelima anaknya memproses berita tersebut dan belajar bagaimana beradaptasi dengan keadaan “normal baru” mereka.

Dilansir New York Post, Sophie tetap tangguh dan optimis dalam proses pengobatan kanker otaknya, berkat cinta dan dukungan dari keluarga dan teman.

“Saat ini semuanya stabil dan secara umum saya merasa sangat baik, meskipun saya merasa sangat lelah dan ingatan saya bahkan lebih buruk dibandingkan sebelumnya,” aku Kinsella, yang juga menggunakan nama pena Madeleine Wickham dalam menulis novel. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Punya Karya yang Laris Manis

Sophie Kinsella
Sophie Kinsella menulis catatan khusus kepada mereka yang juga sedang berjuang melawan kanker. (Foto: Instagram/@sophiekinsellawriter)

Kinsella — yang memiliki empat putra dan seorang putri — memiliki karya yang telah terjual lebih dari 45 juta kopi di lebih dari 60 negara.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada pembaca saya atas dukungan yang tiada henti. Respons yang luar biasa terhadap 'The Burnout' benar-benar menyemangati saya, selama masa sulit,” puji Kinsella dalam pesan Instagram-nya.

The Burnout dirilis pada 10 Oktober 2023, mendapatkan rating Goodreads 3,7 dari 5.

 


Pesan bagi Sesama Pejuang Kanker

Kinsella juga menulis catatan khusus kepada mereka yang juga sedang berjuang melawan kanker, memberikan kata-kata penyemangat.

“Kepada semua orang yang menderita kanker dalam bentuk apapun saya kirimkan cinta dan harapan terbaik, serta kepada mereka yang mendukung mereka,” ujarnya.

“Rasanya sangat sepi dan menakutkan untuk mendapatkan diagnosis yang sulit, dan dukungan serta perhatian dari orang-orang di sekitar Anda lebih berarti daripada yang bisa diungkapkan dengan kata-kata,” lanjutnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya