Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei 2024 Usung Tema Lansia Terawat dan Bermartabat, Begini Sejarahnya

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus memberi penghormatan atas peran masyarakat lanjut usia (lansia) dalam pembangunan negara.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 28 Mei 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi orang tua, lansia, ayah ibu, kakek nenek
Hari Lanjut Usia Nasional 2024. (Photo by Jaddy Liu on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus memberi penghormatan atas peran masyarakat lanjut usia (lansia) dalam pembangunan negara.

Mengutip laman Geriatri pada Selasa, 28 Mei 2024, HLUN merupakan hari di mana negara ingin mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting, dan strategi para lansia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan, dan memajukan bangsa. 

HLUN diinisiasi Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945. Sebagai anggota paling sepuh (tertua) yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia. 

Mengusung tema 'Lansia Terawat Indonesia Bermartabat', Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2024 akan dipusatkan di Kabupaten Aceh Utara. HLUN di Aceh Utara berkomitmen untuk memberikan penghidupan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan lansia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, mengatakan HLUN yang berlangsung di Aceh Utara merupakan salah satu bentuk kepedulian Kementerian Sosial terhadap warga lanjut usia.

Melansir dari laman resmi Kementerian Sosial RI, rangkaian HLUN 2024 sudah dimulai sejak 1 Mei 2024 dan acara puncak akan diselenggarakan pada 29 Mei 2024.

Pada acara puncak, 27 Kecamatan di Aceh Utara dan beberapa titik di seluruh Indonesia akan terhubung melalui teleconference.

Dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perhatian khusus kepada lansia. 

Mandat Perpres ditujukan kepada Kementerian/Lembaga untuk mewujudkan Lanjut Usia Sejahtera, Mandiri, dan Bermartabat sebagaimana dituangkan dalam tema peringatan HLUN 2024 yaitu "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemensos Laksanakan Beragam Kegiatan pada HLUN 2024

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, peringatan HLUN 2024 memiliki nuansa berbeda. Banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama lansia. 

Serangkaian kegiatan seperti pelayanan kesehatan dan penguatan lansia potensial, telah dilaksanakan di Kabupaten Aceh Utara sejak awal Mei.

HLUN akan berfokus pada beberapa sub tema. Salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemenuhan hak sipil juga menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan.

Kemensos hingga Sabtu (25/5) terus bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyediakan layanan perekaman KTP elektronik dan kartu keluarga bagi lansia.

 


Peningkatan Aksesibilitas Lansia Jadi Salah Satu Fokus HLUN 2024

Kemensos juga berfokus pada peningkatan aksesibilitas lansia dengan menyalurkan alat bantu seperti kursi roda, tongkat adaptif, kacamata, dan alat bantu dengar.

Harapannya, bantuan ini dapat membantu memudahkan aktivitas kegiatan sehari-hari. Bagi lansia potensial, Kemensos mendorong kreativitas dengan memberikan pelatihan, pameran hasil karya, dan pemberian bantuan modal usaha.

Kemensos juga membangun kembali rumah lansia yang tidak layak huni melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST).

Sementara itu, untuk meningkat kepedulian kepada lansia, Kemensos meluncurkan program Kemensos Goes to School menargetkan siswa sekolah. Kemensos juga menyelenggarakan pemilihan duta lanjut usia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya