7 Tips Cegah Toxic Relationship, Salah Satunya Jangan Lakukan Silent Treatment

Mencegah hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa tips sederhana berikut ini.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 15 Jun 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi pacaran, sepasang kekasih
Cara mencegah hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Mencegah hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehari-hari, yang bertujuan agar menjaga hubungan tetap kuat.

Kebiasaan-kebiasaan ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti lebih sering berkomunikasi dengan pasangan, meluangkan waktu untuk berkencan, hingga menanamkan rasa syukur atas kehadiran pasangan dalam hidup Anda.

Hal-hal sepele yang bisa menjadi pemicu hubungan menjadi tidak sehat, jika dibiarkan bisa menumpuk dan berdampak besar pada hubungan, sehingga membuat Anda sering merasa kesal terhadap pasangan.

“Sebagian besar dari hal-hal tertentu bisa menjadi racun seiring berjalannya waktu, seiring dengan berkembangnya kebiasaan dan pola negatif," kata Jonathan Bennett, pakar hubungan dan kencan di Double Trust Dating, kepada Bustle.

Oleh karena itu, dengan berupaya menghindari toxic relationship, Anda perlu bersikap proaktif dalam menjaga hubungan tetap sehat daripada menganggap sepele dan memilih menyelesaikan masalah di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah toxic relationship, seperti dilansir dari Bustle pada Jumat, 14 Juni 2024.

1. Beri Perhatian Kepada Pasangan

Lauren Cook, seorang terapis yang fokus pada emosi, menjelaskan bahwa banyak dari kita hidup dalam kebiasaan otomatis, yang bisa mempengaruhi hubungan.

Hal ini bisa membuat Anda menjadi kurang memperhatikan pasangan, tidak menyadari masalah yang muncul, dan merasa terputus hubungannya.

Namun, dengan menjadikan kesehatan hubungan sebagai prioritas dan memberikan perhatian yang cukup, Anda bisa mencegah hubungan tidak sehat yang berkembang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Jangan Lakukan Silent Treatment

Bicaralah ketika kesal dan tidak nyaman, karena ada baiknya untuk mengatasi masalah segera setelah masalah itu muncul daripada menahannya dan malah memberikan silent treatment. 

Menunggu pasangan Anda menyadari masalah tersebut, atau menggunakan pendekatan agresif pasif, hanya akan membuat hubungan semakin tidak sehat.

“Jika Anda kesal dengan pasangan Anda, memiliki masalah dalam hubungan, atau sekadar mengalami hari yang buruk, jujurlah tentang perasaan Anda,” kata Bennett.

Dengan berbicara secara terbuka dan mencari waktu untuk membahasnya, Anda dapat mengatasi perasaan tersebut daripada menyimpannya dan membiarkannya berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

Kebiasaan sederhana ini dapat membantu Anda dan pasangan menjauhkan racun dari hubungan. Mereka membantu Anda saling memeriksa, mendengarkan, dan menjadikan hubungan sebagai prioritas, sehingga bisa menjadi upaya mencegah toxic relationship.

 

 

 


3. Bersenang-senang Bersama

Hidup seringkali dihadapkan pada berbagai tekanan seperti kehidupan sehari-hari, pekerjaan, serta masalah pribadi, dapat menjadi sumber stres yang dapat mempengaruhi hubungan.

Penting untuk menyadari bahwa semakin Anda membiarkan stres dari luar mempengaruhi hubungan, maka akan semakin besar dampak negatifnya. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan upaya menjaga suasana tetap ringan dan bersenang-senang bersama pasangan.

Ketika bersenang-senang bersama, Anda dapat melupakan sejenak tekanan yang ada dan menguatkan ikatan emosional dengan pasangan.

"Tertawa bersama pasangan sangat penting. Singkirkan egomu dan luangkan waktu untuk bersikap menyenangkan bersama," kata Cook.

Dengan bersenang-senang dan bersikap positif, kebiasaan beracun dalam hubungan bisa berkurang, sehingga hubungan dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.


4. Hargai Hal-Hal Kecil

Menurut Bennett, banyak hubungan menjadi tidak sehat karena kedua pasangan mulai fokus pada hal-hal negatif dalam hubungan dan satu sama lain.

Jadi, jika Anda belum melakukannya, coba biasakan untuk memperhatikan hal-hal kecil yang Anda lakukan satu sama lain, kemudian nikmati dan hargai dengan rasa bersyukur.

“Dengan bersyukur satu sama lain dan menunjukkannya, Anda menjaga hubungan tetap fokus pada aspek positif dalam hidup bersama,” ujar Bennett.

Dengan kebiasaan sederhana ini, Anda bisa membantu hubungan agar tidak terjebak dalam siklus negatif dan menjaga keseimbangan positif dalam hubungan Anda. 


5. Habiskan Waktu Bersama

"Saat menjalin hubungan, seringkali kesibukan akan tugas-tugas sehari-hari membuat Anda lupa betapa pentingnya meluangkan waktu berdua dengan pasangan," kata Ariel Sank, LCSW, pekerja sosial klinis berlisensi yang berpengalaman bekerja dengan pasangan, mengatakan kepada Bustle.

Anda bisa mulai dengan meluangkan waktu untuk sarapan bersama setiap pagi, menonton acara favorit di malam hari, atau bahkan lebih sering pergi berkencan.

Seperti yang dikatakan Sank, dengan cara menghabiskan waktu lebih banyak bersama pasangan, bisa sangat membantu dalam mengurangi hal tidak sehat dalam hubungan.

Ini karena Anda bisa hadir sepenuhnya bersama pasangan, dan menikmati kebersamaannya tanpa terjebak dalam tekanan dan masalah sehari-hari.


6. Upayakan Komunikasi yang Terbuka

Komunikasi secara terbuka dengan pasangan dapat memberikan ruang untuk membicarakan perasaan atau kekhawatiran Anda daripada membiarkannya.

“Setiap orang memiliki gaya komunikasi yang berbeda sehingga penting untuk mempelajari dan memahami gaya Anda sendiri dan juga gaya komunikasi pasangan, lalu jadikan itu sebagai prioritas,” kata Sank.

7. Jangan Ragu untuk Menunjukkan Cinta

Anda sering mencintai pasangan dengan cara yang sama seperti Anda ingin dicintai. Menurut Cook, pasangan mungkin merasa paling dicintai ketika Anda menunjukkan bentuk cinta secara langsung, seperti memberikan pujian atau sentuhan fisik yang lembut.

Mengetahui apa yang membuat pasangan Anda merasa dicintai adalah kunci penting. Dengan menyadari hal ini setiap hari, Anda dapat memperkuat ikatan emosional dan romantis dengan pasangan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya