6 Gejala Klasik Diabetes, Banyak yang Sudah Merasakan Gejala tapi Pura-Pura Tidak Tahu

Pada 30 persen orang dengan kadar gula darah tinggi merasakan gejala. Sementara, 70 persen lainnya tidak merasakan gejala diabetes di bawah ini.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 17 Jul 2024, 11:35 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 11:20 WIB
8 Kondisi Ini Bisa Picu Penglihatan Kabur Mendadak, Stroke hingga Diabetes
Gejala diabetes, ini yang klasik dialami orang dengan kadar gula darah tinggi. Foto: cookie_studio/Freepik.

Liputan6.com, Jakarta Profesor Dr dr Pradana Soewondo SpPD-KEMD mengungkapkan bahwa sekitar 70 persen orang dengan kadar gula darah tinggi tidak menyadari bahwa sudah masuk dalam kategori diabetes.

"Ada 70 persen orang tidak tahu bahwa kena diabetes karena itu tidak ada gejala dan orang-orang ini bisa beraktivitas dengan biasa," kata Soewondo dalam Kemencast Kementerian Kesehatan ditulis Rabu, 17 Juli 2024.

Namun, pada 30 persen orang dengan kadar gula darah tinggi merasakan gejala. Berikut enam gejala diabetes yang klasik seperti disampaikan Soewondo:

1. Sering Buang Air Kecil

"Gula dalam darah tinggi akan dbuang melaui saluran kemih, sehingga kencing jadi lebih sering dan lebih banyak," kata Soewondo.

2. Mulut Kering

3. Merasa Haus Terus

4. Merasah Lemah atau Tidak Bertenaga

"Karena gula dalam darah tinggi tapi tidak bisa masuk ke dalam sel untuk dibah menjadi tenaga, ini membuat tubuh jadi merasa lemah," kata pria yang merupakan anggota Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) itu.

5. Rasa Lapar yang Membuat Keinginan untuk Makan Terus

6. Berat badan Turun

Gejala Diabetes yang Lainnya

Selain enam gejala diabetes di atas, Soewondo mengungkapkan bahwa ada gejala yang lain. Diantaranya:

  • Luka yang tidak kunjung sembuh
  • Gangguan penglihatan atau penglihatan kabur
  • Pada perempuan, muncul keputihan

Dalam pengalaman praktik sehari-hari, Soewondo mengungkapkan bahwa sebagian pasien sudah merasakan gejala tersebut tapi tidak segera melakukan pemeriksaan. 

"Banyak yang sudah ada gejala tapi pura-pura enggak tahu," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Takut, Diabetes Lebih Cepat Diobati Lebih Baik

Soewondo mengatakan bahwa bila mengalami gejala di atas tidak perlu takut untuk melakukan pemeriksaan dini. Jika hasil pemeriksaan memperlihatkan diabetes maka bisa segera dilakukan pengobatan.

"Enggak perlu takut. Kalau tahu lebih awal ngobatinnya lebih mudah, biaya obat-obatan lebih sedikit. Juga bisa mencegah komplikasi lebih panjang," kata Soewondo.


Apa Itu Diabetes?

Diabetes melitus tipe 2 adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh akibat resistensi insulin atau produksi insulin yang tidak adekuat.

Kondisi ini memengaruhi cara tubuh menggunakan gula (glukosa) sebagai sumber energi. Diabetes melitus tipe 2 merupakan bentuk diabetes yang paling umum dan biasanya terjadi pada orang dewasa, meskipun dapat juga terjadi pada anak-anak dan remaja.

Infografis Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia
Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya