Musik Klasik Bantu Ayam-Ayam di Kandang Modern Ini Bahagia dan Tumbuh Sehat

Konsep modern farming yang memberikan audio player musik klasik membantu ayam lebih tenang dan terhindar dari stres.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 19 Jul 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 15:00 WIB
Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas
Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas di Desa Tonjong, Pasaleman, Kabupaten Cirebon. (Foto: dokumen JAPFA)

Liputan6.com, Cirebon - Konsep modern farming yang diterapkan oleh Olagud, brand terbaru JAPFA Food memungkinkan ayam-ayam di peternakan hidup bahagia. Konsep peternakan modern tersebut menyediakan lingkungan tinggal yang nyaman, sejuk dan bahagia bagi ayam. Salah satu yang menarik perhatian dari konsep modern farming Olagud yaitu tersedia audio player yang memainkan musik klasik guna membantu ayam lebih tenang dan terhindar dari stres.

Head of Marketing Olagud, Priscillia Angelina mengatakan bahwa berdasarkan penelitian, musik klasik yang diperdengarkan kepada ayam bisa membuat mereka lebih bahagia.

"Ayam-ayam kita di sini, diputarkan alunan musik klasik lagu Beethoven, karena berdasarkan penelitian bahwa musik klasik yang diberikan kepada ayam itu bisa membuat ayam lebih happy, lebih semangat, dan menurunkan hormon stres pada ayam," kata Angelina dalam acara kunjungan media ke peternakan ayam probiotik modern di Desa Tonjong, Pasaleman, Kabupaten Cirebon pada Kamis, 18 Juli 2024.

Mengutip dari laman The Guardian, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa hewan dapat merespons musik klasik secara positif.

Salah satu penelitian mengenai hal ini yaitu studi yang diterbitkan di National Institutes of Health pada tahun 2021 yang menemukan bahwa ternyata pemilihan jenis musik sangatlah penting. Hal ini karena dapat berdampak positif pada kesehatan dan kinerja produksi hewan dengan meningkatkan rasa rileks.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Angel ini menambahkan bahwa kebahagiaan ayam merupakan hal yang sangat penting untuk tumbuh kembang dan kesehatan ayam.

"Jadi di sini, kebahagiaan ayam-ayam itu sangat penting bagi kami, kami berharap mereka tumbuh bahagia sehingga kualitas daging yang dihasilkan juga lebih sehat dan lebih enak," ujarnya.

Angel mengatakan apabila ayam terhindar dari stres, maka hewan ini akan lebih banyak makan dan minum, serta semakin aktif, sehingga dapat tumbuh dengan sehat dan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas

Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas
Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas di Desa Tonjong, Pasaleman, Kabupaten Cirebon. (Foto: dokumen JAPFA)

Olagud adalah produk ayam segar probiotik inovatif dari JAPFA Food. Melalui Olagud, JAPFA menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dalam menyediakan pilihan protein hewani berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. 

"Olagud itu merupakan ayam probiotik, jadi pakan yang diberikan dan dikonsumsi oleh ayam ayam kita itu mengandung probiotik atau bakteri baik," jelas Angel.

Angel menambahkan tujuannya adalah agar pencernaan ayam sehat, sehingga kehidupan mereka juga lebih sehat, sistem imun lebih tinggi, dan nutrisi terserap sempurna. 

"Jadi sama seperti manusia ya, jika pencernaan ayam sehat, maka kehidupan mereka juga akan lebih sehat, sistem imun nya akan lebih tinggi, serta nutrisi dapat terserap sempurna dalam pencernaan ayam," ujarnya.

Maka dari itu, ayam probiotik Olagud dapat tumbuh secara alami dengan sehat tanpa suntik hormon ataupun antibiotik.

 


Konsep Modern Farming yang Diterapkan Oleh Olagud

Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas
Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas di Desa Tonjong, Pasaleman, Kabupaten Cirebon. (Foto: dokumen JAPFA)

Olagud telah menerapkan praktik peternakan modern atau modern farming yang mencerminkan komitmen dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Salah satu kandang modern ayam probiotik terletak di Desa Tonjong, Pasaleman, Kabupaten Cirebon. Kandang closed house seluas 40.000 m2 ini mulai beroperasi sejak tahun 2023 dan dilengkapi dengan fasilitas termutakhir, menjadikannya sebuah modern farm.

Head of Health Control Commercial Poultry Division JAPFA, Singgih Hujianto mengatakan kandang tersebut telah dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu dan ventilasi otomatis guna memastikan kondisi lingkungan yang optimal bagi ayam.

“Kandang kami dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu dan ventilasi otomatis untuk memastikan kondisi lingkungan optimal bagi ayam," kata Singgih.

Dengan adanya automatic feeder dan automatic nipple drinker, Olagud memastikan ayam mendapatkan asupan pakan probiotik berkualitas sesuai dengan fase pertumbuhan serta kecukupan air minum sesuai dengan yang dibutuhkannya.

 

 

 


Fasilitas dan Teknologi Kandang Ayam Modern

Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas
Penerapan Modern Farming dalam Budidaya Ayam Probiotik Berkualitas di Desa Tonjong, Pasaleman, Kabupaten Cirebon. (Foto: dokumen JAPFA)

Fasilitas dan teknologi lainnya pada kandang modern ini mencakup automatic cooling system dan heater system serta exhaust fan yang membantu menjaga suhu ideal di dalam kandang.

Selain dilengkapi dengan audio player yang memainkan musik klasik untuk membantu ayam lebih tenang dan terhindar dari stress, terdapat pula automatic alarm system dan lighting system untuk memastikan ayam terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.

Olagud juga menerapkan protokol biosekuriti berlapis di seluruh area fasilitas kandang.

Kendaraan yang masuk akan disanitasi terlebih dahulu, begitu pula dengan karyawan dan tamu yang akan memasuki fasilitas kandang modern ini.

Protokol biosekuriti berlapis ini diterapkan secara konsisten untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan aman dikonsumsi masyarakat. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya