Ikuti Jejak Kim Seon Ho, Jalan Kaki Setiap Hari untuk Menurunkan Kolesterol Hingga Kesehatan Jantung

Ingin Sehat Seperti Kim Seon Ho? Mulailah Jalan Kaki Setiap Hari! Salah Satu Manfaatnya Menurunkan Kolesterol.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 17 Agu 2024, 17:44 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 06:00 WIB
Jalan Kaki Rutin, Rahasia Sehat Kim Seon Ho yang Mudah Ditiru! (Foto: Instagram.com/salt_ent)
Jalan Kaki Rutin, Rahasia Sehat Kim Seon Ho yang Mudah Ditiru! (Foto: Instagram.com/salt_ent)

Liputan6.com, Jakarta - Aktor populer asal Korea Selatan, Kim Seon Ho, dikenal memiliki hobi berjalan kaki setiap hari. Selain itu, dia juga latihan di gym selama tiga jam. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mentalnya, yang menurutnya akan menurun jika tidak melakukan aktivitas fisik sebesar itu.

Jalan kaki adalah salah satu bentuk latihan fisik yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja, termasuk Kim Seon Ho. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan di mana saja.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Rajin Jalan Kaki Tiap Hari?

Dikutip dari situs Department of Health Victoria State Government pada Jumat, 19 Juli 2024, berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat meningkatkan atau mempertahankan kesehatan secara menyeluruh.

Bahkan, rutin jalan cepat selama 10 menit setiap hari disebut sebagai cara termudah untuk menurunkan berat badan dan dapat meningkatkan kebugaran jantung, paru-paru, serta memperkuat tulang, seperti dikutip dari NHS.

Salah satu manfaat jalan kaki yang sering diabaikan adalah peningkatan kesehatan mental. Jalan kaki dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Ketika berjalan kaki, tubuh melepaskan endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, sehingga perasaan lebih positif dan bahagia. Selain itu, satu lagi manfaat jalan kaki yang tidak boleh diabaikan adalah dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengapa Berjalan Kaki Dapat Menurunkan Kolesterol di Dalam Tubuh?

Jalan Kaki Rutin, Rahasia Sehat Kim Seon Ho yang Mudah Ditiru! (Tangkapan Layar Youtube by PDC)
Jalan Kaki Rutin, Rahasia Sehat Kim Seon Ho yang Mudah Ditiru! (Tangkapan Layar Youtube by PDC)

Menurut pelatih STRIDE Fitness di Lubbock, Texas, Paizley Longino, kombinasi antara aktivitas fisik dan pola makan sehat dapat membuat perbedaan besar dalam menurunkan kolesterol. Salah satu bentuk olahraga sederhana yang efektif adalah jalan kaki.

Berjalan kaki dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh melalui beberapa mekanisme berikut, seperti dikutip dari Eatingwell:

  1. Aktivitas fisik yang konsisten, seperti jalan kaki, terbukti memiliki efek positif terhadap kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan.
  2. Aktivitas fisik merangsang enzim tertentu dalam tubuh yang membantu memindahkan kolesterol jahat (LDL) dari darah.
  3. LDL yang berlebih dapat menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan penyempitan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.
  4. Dengan berolahraga, kolesterol LDL diubah menjadi empedu yang membantu pencernaan lemak, atau dikeluarkan dari tubuh.
  5. Pelatih pribadi bersertifikat di Sheridan, Wyoming, serta profesor ilmu olahraga dan pelatih kesehatan di American Council on Exercise (ACE), Erin Nitschke Ed.D menyatakan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit serta potensi stroke baik saat ini maupun di masa mendatang.
  6. Sebuah studi yang dipublikasikan pada Juni 2022 di Journal of American Heart Association menunjukkan bahwa olahraga teratur selama 12 minggu dapat memberikan dampak signifikan terhadap kadar kolesterol.
  7. Olahraga ringan yang konsisten dapat menurunkan LDL sekitar lima hingga tujuh persen dan meningkatkan HDL sekitar enam hingga 11 persen.
  8. HDL, atau kolesterol baik, membantu mengangkut kolesterol dari arteri ke hati, dan kolesterol tersebut dapat diolah dan dikeluarkan dari tubuh.
  9. Menggabungkan pola makan sehat dan olahraga ringan seperti berjalan kaki merupakan langkah penting dalam mengendalikan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

 


Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Rajin Jalan Kaki Setiap Hari?

Kim Seon Ho Kembali ke Indonesia untuk Gelar Fan Meeting di Indonesia Arena Senayan Jaarta pada 27 Juli 2024 (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)
Kim Seon Ho Kembali ke Indonesia untuk Gelar Fan Meeting di Indonesia Arena Senayan Jaarta pada 27 Juli 2024 (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Aktivitas yang tampak sepele ini ternyata memiliki dampak luar biasa pada kesehatan fisik dan mental kita. Berikut adalah beberapa manfaat berjalan kaki yang menjadi hobi Kim Seon Ho:

1. Peningkatan Kesehatan Jantung

Berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut American Heart Association, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 19 persen.

2. Pengendalian Berat Badan

Berjalan kaki secara rutin membantu mengontrol berat badan. Aktivitas ini membakar kalori yang dapat membantu menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dapat membakar sekitar 150 kalori.

3. Penguatan Otot dan Tulang

Berjalan kaki membantu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko osteoporosis. Aktivitas ini penting terutama bagi lansia untuk menjaga mobilitas dan keseimbangan tubuh.

4. Peningkatan Kesehatan Mental

Berjalan kaki dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Ketika berjalan kaki, tubuh melepaskan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan lebih baik dan bahagia.

5. Peningkatan Kualitas Tidur

Rajin berjalan kaki setiap hari bisa meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Sleep Health Journal menemukan bahwa orang yang rutin berjalan kaki memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

6. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi dan penyakit.

 

7. Pengendalian Kadar Gula Darah

Berjalan kaki dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Aktivitas ini membantu sel-sel tubuh untuk lebih efektif menggunakan insulin.

8. Peningkatan Kapasitas Paru-paru

Berjalan kaki meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh, memperbaiki fungsi pernapasan dan kesehatan paru-paru.


Manfaat Berjalan 1000 Langkah Sehari?

Kim Seon Ho Kembali ke Indonesia untuk Gelar Fan Meeting di Indonesia Arena Senayan Jaarta pada 27 Juli 2024 (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)
Kim Seon Ho Kembali ke Indonesia untuk Gelar Fan Meeting di Indonesia Arena Senayan Jaarta pada 27 Juli 2024 (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Sebenarnya, berjalan 1000 langkah sehari setara dengan sekitar 800 meter. Menambahkan langkah ini ke rutinitas harian kamu dapat memberikan perubahan signifikan pada kesehatan, seperti yang diungkapkan oleh master trainer dan penulis buku The Body Reset Diet, Harley Pasternak.

Berikut adalah beberapa manfaat dari berjalan 1000 langkah sehari, seperti dilansir dari situs Prevention:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengubah pola dari aktivitas yang kurang aktif menjadi lebih aktif dapat secara dramatis meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung, menurut Profesor Kedokteran Olahraga di Auburn University, Michele Olson.

 


2. Menurunkan Risiko Stroke

Menambah langkah kaki secara langsung dapat menurunkan risiko terkena stroke dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Jika kamu memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, menambah 1000 langkah per hari dapat membuat perbedaan besar dalam menurunkannya. Aktivitas fisik membantu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh, seperti yang disebutkan oleh Olson.

 


4. Mengurangi Stres

Saat merasa tertekan oleh pekerjaan, berjalan-jalan sejenak dapat membantu meredakan stres. Bergerak secara aktif meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat perasaan menjadi lebih baik dan mengurangi hormon stres, kortisol.

 


5. Menguatkan Tulang

Berjalan kaki membantu memperkuat tulang dan melawan risiko osteoporosis, menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons. Gerakan berjalan menstimulasi produksi sel-sel tulang baru yang disebut osteoblast.

 


6. Membantu Mengurangi Berat Badan

Menambah langkah kaki setiap hari dalam jangka waktu yang konsisten dapat membantu mengurangi berat badan, seperti yang diungkapkan oleh dokter spesialis kedokteran olahraga, Nadya Swedan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya