Gaya Hidup Kekinian Makin Serba Cepat dan Instan, Begini Rahasia Sayangi Kesehatan Jantung di Usia Muda

Lalu, bagaimana sih caranya sayangi kesehatan jantung yang bisa dilakukan anak muda?

oleh Wuri Anggarini pada 23 Jul 2024, 09:00 WIB
Diperbarui 22 Jul 2024, 15:52 WIB
Gaya Hidup Kekinian Makin Serba Cepat dan Instan, Begini Rahasia Sayangi Kesehatan Jantung di Usia Muda
Ilustrasi pria sedang jogging. (c) Shutterstock/GBJSTOCK

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan gaya hidup modern di kalangan masyarakat urban saat ini, semua hal berjalan serba cepat dan instan. Hustle culture menuntut banyak orang untuk bekerja keras melampaui batas dan kemampuan diri sendiri. Nggak cuma berisiko burnout saja, tapi juga mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk jantung. 

Faktanya, penyakit jantung kini nggak hanya menyerang mereka yang sudah tua saja. Penyakit yang satu ini diam-diam mengancam kesehatan anak muda karena gaya hidup yang kurang sehat, termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan instan yang minim nutrisi. 

Lalu, bagaimana sih caranya sayangi kesehatan jantung yang bisa dilakukan anak muda? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rutin Olahraga 30 Menit Setiap Hari

Gaya Hidup Kekinian Makin Serba Cepat dan Instan, Begini Rahasia Sayangi Kesehatan Jantung di Usia Muda
Ilustrasi pria berolahraga. (c) Shutterstock/BongkarnGraphic

Salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan jantung adalah pastikan tubuh aktif secara fisik. Jantung adalah otot, jadi olahraga sangat penting untuk meningkatkan kekuatan pompa jantung yang penting dalam proses peredaran darah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Nggak hanya itu, olahraga rutin juga membantu menjaga berat badan dan tekanan darah tetap terkendali. 

Mulai sekarang buatlah jadwal olahraga rutin 30 menit setiap hari atau minimal 5 kali dalam seminggu. Latihan fisik sederhana seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda dapat membantu jaga kesehatan jantung jika dilakukan secara rutin.


Jaga Pola Makan Sehat dan Seimbang

Gaya Hidup Kekinian Makin Serba Cepat dan Instan, Begini Rahasia Sayangi Kesehatan Jantung di Usia Muda
Ilustrasi pola makan sehat. (c) Shutterstock/Art_Photo

Pola makan sehari-hari juga perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan jantung. Kesibukan sehari-hari biasanya bikin kamu jadi makan asal kenyang dengan mengonsumsi makanan instan atau cepat saji yang memang praktis. Tapi, jenis makanan tersebut tidak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Ya, jenis makanan tersebut justru tinggi kandungan kolesterol, gula dan lemak yang bisa menyebabkan masalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah akibat plak di dalam darah. Kondisi tersebut yang memicu arteri koroner penyebab gagal jantung di usia muda. 

Sekarang waktunya mengubah kebiasaan makan dengan yang lebih sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Jenis makanan rendah lemak seperti buah dan sayur, biji-bijian yang kaya serat dan ikan yang kaya protein bisa jadi pilihan yang tepat.


Perbanyak Minum Air Putih

Gaya Hidup Kekinian Makin Serba Cepat dan Instan, Begini Rahasia Sayangi Kesehatan Jantung di Usia Muda
Ilustrasi pria minum air putih. (c) Shutterstock/GP PIXSTOCK

Dilansir dari situs Persada Hospital, memenuhi kebutuhan air putih harian ternyata bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 41% pada perempuan dan 54% pada laki-laki. Pasalnya, air putih memiliki manfaat melarutkan kandungan garam dalam darah. 

Efeknya, kamu bisa merasakan kinerja jantung yang semakin prima dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Idealnya, memenuhi kebutuhan asupan air putih hingga 8 gelas sehari, namun tetap disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari.

Kamu juga bisa memeriksa warna urin jika ingin mengetahui dehidrasi atau tidak. Urin yang cenderung pekat menandakan tubuh kekurangan cairan, sehingga kamu perlu segera memenuhi asupannya. 


Konsumen Suplemen Herbal untuk Kesehatan Jantung

Selain menerapkan gaya hidup sehat di atas, kamu juga bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung yang lebih optimal lewat konsumsi suplemen herbal untuk sehari-hari. Salah satunya adalah Sido Muncul Natural Lingzhi yang terbuat dari bahan alami jamur lingzhi dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Gaya Hidup Kekinian Makin Serba Cepat dan Instan, Begini Rahasia Sayangi Kesehatan Jantung di Usia Muda
Sido Muncul Natural Ling Zhi.

Penelitian tentang manfaat jamur lingzhi sudah dilakukan bertahun-tahun yang mengungkap kalau bahan alami yang satu ini dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular. Dilansir dari Leung’s Encyclopedia of Herbal, jamur lingzhi terbukti memiliki efek kardiovaskular pada kasus hipertensi, hipotensi, termasuk peningkatan aliran darah koroner. Sementara itu, penelitian dalam jurnal Materia Medica for Chinese Medicine menyatakan jamur ini sebagai agen inotropik positif untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan ketahanan jantung terhadap hipoksia. 

Penelitian juga dilakukan di Indonesia seperti yang dipublikasikan dalam Indonesian Journal of Cardiology. Jamur lingzhi atau yang memiliki nama ilmiah Ganoderma Lucidum dapat membantu menurunkan kadar oksidan pada pasien jantung berisiko tinggi yang dilakukan pada terapi standar. Kadar oksidan yang rendah sangat diperlukan untuk meningkatkan peredaran darah dan memelihara kesehatan jantung. 

Selain memiliki manfaat kardiovaskular, jamur lingzhi juga dikenal dengan berbagai manfaat lainnya. Dalam sebuah jurnal berjudul Exploring the anti-cancer potential of Ganoderma lucidum polysaccharides (GLPs) and their versatile role in enhancing drug delivery systems: a multifaceted approach to combat cancer yang ditayangkan di situs Cancer Cell International, menyebutkan bahwa jamur lingzhi memiliki sifat antikanker karena dapat membantu menekan pertumbuhan kanker. Pasalnya, bahan alami tersebut membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian lain yang dipublikasikan dengan judul A Phase I/II Study of Ling Zhi Mushroom Ganoderma lucidum (W.Curt.:Fr.) Lloyd (Aphyllophoromycetideae) Extract in Patients with Type II Diabetes Mellitus menemukan bahwa jamur ini memiliki sifat antidiabetes. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan dan keamanan Ganopoly yang diekstraksi dari jamur lingzhi. Penelitian dilakukan pada 71 pasien dengan diabetes melitus tipe II yang dikonfirmasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Ganopoly berkhasiat dan aman dalam menurunkan konsentrasi glukosa darah sehingga dapat membantu tingkatkan kualitas hidup penderita diabetes. 

Nggak hanya sebatas itu, jamur ini ternyata juga memiliki manfaat antioksidan untuk mencegah penuaan dini, lho. Penelitian berjudul Emerging Roles of Ganoderma Lucidum in Anti-Aging yang dipublikasikan di National Library of Medicine menjelaskan bahwa jamur lingzhi memiliki enzim antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat paparan radikal bebas. Kandungan tersebut mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab munculnya penuaan dini yang membuktikan kalau jamur lingzhi juga memiliki sifat antipenuaan. 

Sekarang, kamu bisa merasakan manfaat jamur lingzhi dengan praktis, yaitu dengan mengonsumsi Sido Muncul Natural Lingzhi. Jadi, kalau kamu termasuk individu yang concern akan kesehatan, ingin meningkatkan kesehatan jantung dan imunitas tubuh secara menyeluruh agar tidak mudah sakit, mengontrol kadar gula darah dan membutuhkan antioksidan alami untuk cegah penuaan dini, Sido Muncul Natural Lingzhi adalah suplemen herbal yang tepat. 

Produk ini diolah dari 100% jamur lingzhi berkualitas yang telah memenuhi standar bahan baku yang baik serta cangkang kapsul gelatin free. Konsumsi secara rutin sesuai dosis yang dianjurkan, yaitu 1 kapsul 2-3 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Yuk, saatnya maksimalkan gaya hidup sehat untuk sayangi kesehatan jantung dengan Sido Muncul Natural Lingzhi. Beli langsung produknya di apotek terdekat atau secara online di www.sidomunculstore.com dan Sido Muncul Official Store di marketplace dengan klik di sini!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya