Jangan Anggap Sepele Angin Duduk, Segera ke Faskes untuk Dapat Pengobatan

Sepekan terakhir istilah angin duduk ramai dibicarakan masyarakat usai kejadian seorang supir taksi yang diduga mengalami hal tersebut.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 14 Agu 2024, 19:10 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi mengalami angin duduk, angina, sakit
Ilustrasi mengalami angin duduk, angina, sakit . (Image by standret on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Sepekan terakhir istilah angin duduk ramai dibicarakan masyarakat usai kejadian seorang supir taksi yang diduga mengalami hal tersebut.

Terlepas dari kejadian yang dialami oleh sopir taksi yang videonya viral itu, istilah angin duduk memang kerap digunakan masyarakat. Biasanya angin duduk merujuk pada istilah medis yang disebut dengan angina pektoris.

"Angin duduk bagi awam dalam medis disebut angina pektoris yakni suatu kondisi nyeri dada, jika stabil keluhannya dapat reda dengan sendirinya," kata dokter Ngabila Salama.

Lebih lanjut, kondisi angin duduk yang ditandai dengan nyeri pada dada, biasanya merupakan gejala dari penyakit jantung koroner.

"Nyeri tersebut dipicu oleh berkurangnya aliran darah ke jantung akibat adanya penyempitan atau penyumbatan arteri koroner," kata Ngabila dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com ditulis Senin, 12 Agustus 2024.

Segera ke Dokter atau RS

Meski kondisi angina pektoris stabil tapi Ngabila mengingatkan bila mengalami kondisi nyeri dada di atas sebaiknya segera datang ke fasilitas kesehatan untuk didiagnosis dan diobati segera.

"Kondisi angina pektoris stabil pun perlu diobati dan dicegah agar tidak menjadi lebih parah atau menjadi angina pektoris tidak stabil," kata Ngabila.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nyeri di Area Dada, Bisa Juga Masalah di Lambung atau Paru

Ngabila juga mengatakan bisa seseorang bisa saja mengalami nyeri di area dada dan sekitar perut ternyata ada gangguan di paru atau lambung. Pada gangguan lambung nyeri banyak dirasakan pada area tengah dada dan perut (ulu hati_ atau daerah perut sebelah kiri.

Bisa juga nyeri kolik lambung menjalar ke punggung atau kolik batu empedu biasanya nyeri yang terjadi daerah perut kanan dan bisa menjalar ke punggung.

Sementara itu, nyeri karena paru lebih tidak khas dan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Maka dari itu, bila mengalami nyeri di area dada sebaiknya segera mendapatkan pengobatan segera untuk mengetahui diagnosis dan pengobatan yang tepat.


Video Viral Sopir Taksi Blue Bird Bantu Teman yang Sakit

Momen Menegangkan di Pinggir Jalan Tol: Sopir Taksi Selamatkan Teman dari Angin Duduk dengan Keahlian Tak Terduga! (TikTok Ombotak)
Momen Menegangkan di Pinggir Jalan Tol: Sopir Taksi Selamatkan Teman dari Angin Duduk dengan Keahlian Tak Terduga! (TikTok Ombotak)

Sepekan kemarin media sosial ramai dengan peristiwa seorang seorang supir taksi berkepala plontos yang membantu rekannya dengan memberikan kerokan tubuh dan membaluri sejenis minyak angin. Belakangan diketahui supir taksi tersebut bernama Samsuri.

Mengutip Merdeka, sopir yang diduga mengalami angin duduk bernama Zainal yang juga berprofesi sebagai supir. Zainal juga disebut mengalami kelelahan dan diduga mengalami angin duduk setelah memperbaiki ban mobilnya yang meletus.

Ketika membantu rekannya tersebut Samsuri juga terlihat panik dan terus menatap rekannya yang tidak berdaya di kursi depan. Ia terus berusaha menolongnya sampai akhirnya Zainal tersadarkan dan membaik.

Sopir Taksi Zainal Sudah Sehat

Melansir dari media sosial resmi Blue Bird, Zainal sudah dalam keadaan sehat dan membaik setelah mendapatkan penanganan dari rumah sakit.

“Tim Bluebird sudah melakukan penanganan dengan mengantarkan pak Zainal ke dokter dan keadaan beliau sudah membaik,” tulis Blue Bird.

 


Empati Tinggi, Sopir Taksi Samsuri Diapresiasi Manajemen Blue Bird

Sopir lain yang membantu yaitu Samsuri mendapatkan apresiasi atas tindakannya tersebut. CEO PT Blue Bird Tbk, Andre Djokosoetono memberikan memberikan penghargaan karena tindakannya.

Melalui unggahan tersebut Samsuri juga mendapatkan sebuah bingkisan yang diberikan oleh pihak Blue Bird. Bingkisan tersebut menjadi bentuk apresiasi kepada Samsuri atas jiwa empatinya yang tinggi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya