Manfaat Yoga di Kursi Selama 5 Menit: Tingkatkan Fokus, Kualitas Tidur hingga Kurangi Nyeri

Yoga kursi bertujuan untuk menambah kelenturan dan mobilitas dari posisi duduk, sehingga menjadi penyeimbang dari duduk di kursi terlalu lama.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 07 Sep 2024, 13:09 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 13:00 WIB
Kursi Unik yang dirancang Guru Yoga
Kursi Unik yang dirancang Guru Yoga. (dok.Instagram @mysoulseat/https://www.instagram.com/p/BzOKiYinj-6/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat modern, khususnya yang tinggal di perkotaan kerap duduk lama di depan komputer ketika bekerja. Rutinitas ini tak urung masuk ke dalam kategori sedentary lifestyle atau gaya hidup sedentari yang diketahui berdampak bagi kesehatan.

Mencoba chair yoga atau yoga kursi bisa dilakukan guna mencegah dampak buruk dari gaya hidup sedentari tersebut. Yoga kursi memiliki reputasi geriatri, namun para ahli mengatakan gerakan minimal ini dapat secara dramatis meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan pada usia berapa pun.

Otot yang tegang membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih sulit, dan rutinitas pekerjaan memperburuk tantangan tersebut. Meskipun kita pasti kehilangan fleksibilitas seiring bertambahnya usia, kita dapat mengambil langkah (atau melakukan peregangan) untuk memperlambat proses tersebut.

Yoga kursi bertujuan untuk menambah kelenturan dan mobilitas dari posisi duduk, sehingga menjadi penyeimbang dari duduk di kursi terlalu lama.

Meskipun kebanyakan orang berasumsi Anda tidak bisa berolahraga dengan baik sambil duduk, para ahli mengatakan sebaliknya.

Stacie Dooreck, instruktur yoga bersertifikat yang berbasis di Larkspur, California, telah mengajar yoga kursi di perusahaan-perusahaan di seluruh Bay Area.

“Ini aman untuk segala usia dan bisa sangat perlahan,” katanya kepada CNN.

“Ini juga membantu fleksibilitas, postur – orang-orang di kantor biasanya membungkuk di meja mereka – dan melawan cedera stres yang berulang, seperti sindrom carpal tunnel.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Yoga di Kantor

Manfaat terapeutik yoga sudah diketahui dengan baik; Latihan teratur dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur, penurunan tekanan darah, dan berkurangnya nyeri kronis.

Mengenai yoga di kantor, sebuah studi tahun 2012 dari Journal of Occupational Health Psychology menemukan, karyawan yang berpartisipasi dalam program yoga dan mindfulness di tempat kerja melaporkan bahwa stres mereka berkurang selama jam 9 hingga 5 pada akhir penelitian dibandingkan mereka yang tidak berpartisipasi dalam program tersebut.

 


Efektif Cegah Cemas, Stres dan Kelelahan di Kantor

Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa melatih kesadaran di tempat kerja melalui yoga dan teknik lainnya dapat menjadi penyangga yang efektif melawan kecemasan, stres, dan kelelahan.

Yoga, baik di kursi atau di atas matras, terbukti bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa orang yang mengikuti kelas yoga dan pernapasan dua kali seminggu melaporkan penurunan gejala depresi dan peningkatan produktivitas.

Meskipun yoga kursi mulai diubah namanya menjadi upaya untuk segala usia, The Post melaporkan bahwa yoga mungkin menjadi kunci untuk sukses di usia tua, seperti yang ditunjukkan oleh guru yoga berusia 98 tahun ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya