Wajib Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum Berolahraga

Sebuah studi di Amerika menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan sebelum berolahraga malah memberikan manfaat kepada diri sendiri

oleh Melly Febrida diperbarui 24 Jul 2013, 23:43 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2013, 23:43 WIB
olahraga130427b.jpg
.

Sebelum berolahraga, perut harus benar-benar kosong? Banyak orang yang berkata seperti itu. Sebab, apabila perut Anda sudah terisi makanan, Anda mungkin akan mengalami beberapa gangguan pada perut, seperti perut terasa tertusuk-tusuk.

Namun, sebuah studi di Amerika menunjukkan mengonsumsi makanan sebelum berolahraga malah memberikan manfaat kepada diri Anda sendiri, terlebih bagi perempuan.

Berikut 8 jenis makanan yang wajib Anda konsumsi sebelum Anda berolahraga, seperti dilansir Boldsky, Rabu (24/7/2013):

1. KopiAsupan kopi dapat membantu Anda untuk meningkatkan energi sekaligus mengurangi nyeri otot akibat melakukan latihan. Anda juga dianjurkan untuk menambahkan susu skim pada kopi Anda karena susu skim menyediakan jumlah kalsium yang cukup untuk memperkuat tulang dan vitamin D untuk karbohidrat.

2. JaheSetelah berolahraga, apakah Anda sering merasakan nyeri pada tubuh Anda? Jika iya, Anda harus mengkonsumsi jahe. Tambahan jahe pada secangkir teh dapat membantu Anda untuk mencegah nyeri otot.

3. ApelSalah satu makanan terbaik yang harus Anda makan sebelum berolahraga adalah buah apel. Anda dapat memotong-motong buah apel dan langsung disantap. Sebab, di dalamnya mengandung vitamin yang dapat memberikan energi untuk berolahraga. Selain itu, terdapat nutrisi (quercetin) yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

4. Jus CherryBuah cherry mengandung polifenol yang dapat mengurangi peradangan pada otot. Hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja lebih optimal dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara melahapnya secara langsung atau dijus terlebih dahulu.

5. UbiUbi-ubian menjadi jenis makanan yang bermanfaat dan tepat untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Sebab, ubi-ubian menyediakan jumlah oksigen yang baik bagi tubuh Anda. Selain itu, ubi-ubian juga penting pagi perempuan yang mengalami anemia.

6. Sereal GandumKonsumsilah sereal gandum sebelum Anda berolahraga. Gandum dapat memperlambat pelepasan glukosa dalam darah sehingga glukosa dapat tertimbun dalam tubuh dan kemudian menjadi energi bagi tubuh.

7. MaduTambahkan sesendok madu pada susu hangat dan minumlah sebelum Anda berolahraga. Tubuh Anda akan mendapatkan energi tambahan dari fruktosa dan glukosa yang terkandung di dalam madu.

8. Kacang polongKacang-kacangan, terutama kacang polong dan buncis memiliki kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang tinggi sekaligus menjadi sumber energi bagi tubuh. Namun, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Sebab, jenis makanan ini dapat membentuk gas dalam perut.

(Mel/*)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya