Tak Hanya Jadi Bumbu, Bawang Juga Bisa Buat Bersihkan Rumah

Ketika ingin membersihkan rumah, baking soda dan lemon yang sering digunakan. Padahal, bawang yang aromanya mengerikan juga bisa digunakan.

oleh Melly Febrida diperbarui 04 Sep 2013, 16:45 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2013, 16:45 WIB
bawang-khasiat-130904b.jpg
Ketika ingin membersihkan rumah, baking soda dan lemon yang sering digunakan. Padahal, bawang yang aromanya mengerikan juga bisa digunakan.

Bawang selama ini hanya untuk bumbu dapur atau kecantikan. Tapi, orang tak berpikir bawang juga bisa untuk membersihkan rumah.

Penggunaan bawang untuk membersihkan dapur dan rumah tak dinilai dari aromanya. Tekstur bawang dan kemampuan membersihkan membuatnya sangat ampuh. Berikut beberapa cara menggunakan bawang sebagai pembersih rumah seperti dikutip Boldsky, Rabu (4/9/2013):

1. Bersihkan panggangan

Anda biasanya meninggalkan noda hangus yang menetap di atas pemanggang yang sulit disingkirkan. Kotoran yang keras di panggangan dapat Anda gosong dengan sepotong bawang. Kualitas membersihkan jus bawang bisa melunakkan zat terbakar dan potongan bawang bisa merontokkannya.

2. Membersihkan kompor gas

Kompor gas biasanya memiliki tumpukan kotoran yang mengeras dan meninggalkan bekas membandel. Sepotong bawang merah bisa digunakan untuk membersihkannya. Sifatnya yang berair bisa membantu membersihkan noda tumpahan dengan mudah. Dan jika Anda menambahkan garam, maka penggunaan bawang sebagai pembersih rumah meningkat.

3. Membersihkan exhaust fan (kipas pembuangan)

Exhaust fan merupakan alat yang paling sulit dibersihkan di dapur Anda. Tumpukan kotoran berminyak yang sudah menahun hanya bisa dibersihkan dengan agen yang sangat efektif. Anda bisa mencoba mencelupkan satu setengah potongan bawang di dalam baking soda dan gosok exhaust fan. Jus bawang serta baking soda bisa membersihkan kipas-kipas.

4. Membersihkan kasa jendela

Biasanya kasa di jendela sulit dibersihkan bahkan dengan kuas. Anda tak pernah bisa mengeluarkan kotoran dari lubang-lubang kecil di kasa jendela. Cobalah menggosok sepotong bawang di jendela Anda. Cara itu tak hanya membersihkan jaring dalam satgu gesekan, tapi bau bawang juga akan mengusir serangga.

5. Poles logam

Logam seperti kuningan dan tembaga harus dipoles dengan perawatan khusus. Ada solusi pemolesan yang berbeda untuk membersihkan logam. Tapi jika Anda sedang terburu-buru, beberapa jus bawang cukup untuk memoles logam untuk sementara.

(Mel/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya