Klasifikasi adalah Pengelompokan, Kenali Contohnya

Klasifikasi adalah proses yang berkaitan dengan kategorisasi.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 01 Des 2021, 20:00 WIB
Diterbitkan 01 Des 2021, 20:00 WIB
Klasifikasi
Klasifikasi (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Klasifikasi adalah istilah umum untuk mengelompokkan sesuatu. Ketika memilih produk makanan misalnya, ada klasifikasi makanan organik dan non organik. Klasifikasi adalah konsep yang selalu ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Klasifikasi adalah proses yang berkaitan dengan kategorisasi. Klasifikasi adalah cara yang bisa membantu memahami keragaman dengan lebih baik. Contoh manfaat klasifikasi adalah membantu mempelajari berbagai jenis tumbuhan dan hewan, ciri-ciri, persamaan dan perbedaannya.

Klasifikasi adalah konsep dasar dan bagian dari hampir semua jenis kegiatan. Klasifikasi adalah konsep yang berkontribusi penting termasuk filsafat, biologi, organisasi pengetahuan, psikologi, statistik dan matematika.

Berikut pengertian klasifikasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(1/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian klasifikasi menurut bahasa

Language
Ilustrasi Belajar Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay

Klasifikasi adalah kata serapan dari bahasa Belanda, classificatie yang berarti pengelompokan. Menurut KBBI, klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.

Menurut kamus Merriam-Webster, klasifikasi adalah pengaturan sistematis dalam kelompok atau kategori sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Sementara menurut Cambridge Dictonary, klasifikasi adalah tindakan atau proses dari membagi hal-hal ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jenis mereka.


Pengertian klasifikasi secara umum

Kumpulkan Sumber dan Bahan Bacaan
Ilustrasi Belajar Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay

Klasifikasi adalah proses di mana ide dan objek dikenali, dibedakan, dan dipahami. Klasifikasi adalah proses memasukkan sesuatu ke dalam kategori. Klasifikasi melibatkan menempatkan sesuatu ke dalam kelas atau kelompok menurut karakteristik tertentu sehingga lebih mudah untuk memahaminya.

Klasifikasi adalah pembagian atau kategori dalam suatu sistem yang membagi sesuatu menjadi kelompok atau jenis. Klasifikasi adalah proses diferensiasi, di mana berbagai hal ditempatkan dalam kelompok tertentu berdasarkan kriteria yang berbeda.

Proses klasifikasi dapat meliputi membedakan dan mendistribusikan jenis "hal" ke dalam kelompok yang berbeda. Hasil dari klasifikasi bisa berupa kumpulan kelas. Misalnya, pengelompokan semua pakaian berdasarkan warna dapat memudahkan untuk memilih pakaian.


Tujuan klasifikasi

Perhatikan Penggunaan Bahasa dan Pemilihan Kata
Tujuan klasifikasi Credit: pexels.com/pixabay

Klasifikasi adalah proses yang bertujuan mempermudah memahami beragam hal. Klasifikasi membantu untuk menempatkan berbagai hal dalam kategori tertentu. Ini membuat orang yang mempelajarinya tahu segera apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka berbeda dari objek lain.

Selain untuk mempermudah memahami objek, klasifikasi juga membuat segalanya lebih teratur. Menjaga klasifikasi tetap terorganisir memungkinkan orang lain untuk memperluas pekerjaan yang dilakukan para ilmuwan dalam meneliti dan bereksperimen.


Contoh klasifikasi

Manajemen Waktu dan Strategi Belajar
Ilustrasi Belajar Bahasa Credit: pexels.com/Hana

Klasifikasi makhluk hidup

Klasifikasi makhluk hidup atau klasifikasi biologis adalah metode mengelompokkan organisme, baik yang masih hidup maupun yang telah punah. Pengelompokan ini digunakan untuk mempermudah dalam mengenali, membandingkan, mempelajari, dan mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

Klasifikasi adalah proses pengelompokan berbagai organisme hidup berdasarkan ciri-ciri umum yang mereka miliki bersama. Organisme yang memiliki ciri-ciri umum tertentu akan ditempatkan dalam satu kelompok.

Saat ini, klasifikasi biologis menempatkan makhluk hidup dalam unit tertentu yang disebut takson. Organisme dikelompokkan ke dalam taksa (tunggal: takson) dan kelompok-kelompok ini diberi peringkat taksonomi. Peringkat utama dalam penggunaan modern adalah domain, kingdom, filum (divisi kadang-kadang digunakan dalam botani sebagai pengganti filum), kelas, ordo, famili, genus, dan spesies.


Contoh klasifikasi

Kaidah Kebahasaan dalam Teks Eksplanasi
Ilustrasi Menulis Credit: pexels.com/Julia

Klasifikasi kimia

Sistem klasifikasi kimia bertujuan untuk mengklasifikasikan unsur atau senyawa menurut sifat fungsional atau struktural kimia tertentu. Bahan kimia diklasifikasikan sehingga orang yang menggunakannya - baik dalam industri atau sebagai konsumen - dapat memahami efek berbahaya apa pun yang dapat ditimbulkannya terhadap kesehatan manusia atau lingkungan.

Klasifikasi adalah dasar untuk manajemen bahan kimia yang aman. Klasifikasi membagi zat kimia dan campurannya ke dalam kategori yang berbeda, berdasarkan sifat fisik dan bahaya kesehatan dan lingkungan.

Klasifikasi medis

Sebuah klasifikasi medis digunakan untuk mengubah deskripsi medis diagnosa atau prosedur dalam kode statistik standar dalam proses yang dikenal sebagai pengkodean klinis. Klasifikasi diagnosis mencantumkan kode diagnosis, yang digunakan untuk melacak penyakit dan kondisi kesehatan lainnya.

Ini termasuk penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan penyakit jantung, dan penyakit menular seperti norovirus, flu, dan kutu air. Ada banyak klasifikasi medis yang berbeda, meskipun mereka terbagi menjadi dua kelompok utama: Klasifikasi statistik dan Nomenklatur.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya