Speaker adalah Perangkat Keras Penghasil Suara, Ketahui Komponen dan Jenisnya

Speaker bisa ditemukan di perangkat smartphone, mobil, laptop, komputer, dan lain-lain.

oleh Laudia Tysara diperbarui 04 Feb 2022, 17:30 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 17:30 WIB
Sediakan Speaker Sebagai Pengeras Suara
Ilustrasi Speaker Credit: pexels.com/Caio

Liputan6.com, Jakarta Apa itu speaker? Memahami speaker adalah alat atau perangkat keras elektronika yang mampu menghubungkan dan menghasilkan suara atau bunyi.

“Speaker adalah terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi,” mengutip Suryanto (2013) dalam kajian teori penelitian yang dipublikasikan Politeknik Negeri Sriwijaya

Di mana saja speaker bisa ditemukan? Speaker adalah bisa ditemukan di perangkat smartphone, di mobil, laptop, komputer, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang speaker, komponen pembentuk, dan jenis-jenisnya, Jumat (4/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memahami Speaker

Speaker adalah perangkat keras dari membran yang berfungsi menghubungkan suara. Tanpa membran, speaker adalah tidak bisa mengeluarkan suara. Speaker adalah bagian dari perangkat elekronika.

Dalam kajian teori penelitian yang dipublikasikan Politeknik Negeri Sriwijaya, mengutip Suryanto (2013) menjelaskan speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi.

Speaker adalah pengubah sinyal dengan menggetarkan komponen berbentuk selaput. Masih melansir sumber penelitian yang sama mengutip Purnamasari, speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

“Speaker adalah mesin pengubah terakhir atau kebalikan dari mikropon. Speaker menghasilkan getaran-getaran yang sama dengan mikropon yang direkam secara orisinil dan diubah ke sebuah pita, CD, LP, dan sebagainya,” dijelaskan.

Di mana saja speaker bisa ditemukan? Speaker adalah bisa ditemukan di perangkat smartphone, di mobil, laptop, komputer, dan masih banyak lagi.


Komponen Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang dari penjelasan Suryanto terdiri dari beberapa komponen untuk bisa menghasilkan suara. Komponen speaker adalah membran, kumparan, dan magnet. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Magnet

Magnet speaker adalah berfungsi menghasilkan induksi di dalam speaker untuk menciptakan medan magnet. Gesekan dua magnet secara induksi mampu menghasilkan aliran listrik, inilah proses awal speaker dapat menyalurkan kembali suara.

2. Kumparan

Kumparan speaker adalah menghubungkan hasil induksi kepada conus. Kumparan speaker adalah serangkaian magnet yang bisa menghasilkan arus ketika sudah mengalami proses induksi. Maka, keduanya akan mengalirkan arus untuk disalurkan ke conus.

3. Conus

Conus speaker adalah berfungsi menghasilkan gelombang. Gelombang conus speaker adalah dihasilkan dari pergerakan udara yang ada di sekitar komponen. Juga berasal dari pergerakan arus induksi dari kumparan. Hasil gelombang kemudian dikenal sebagai bunyi atau suara.

4. Membran

Membran komponen speaker adalah berfungsi menyalurkan energi selama proses. Gaya induksi yang dihasilkan dari pergeseran pada komponen magnet dan kumparan diterima oleh membran. Setelah itu gaya tersebut akan diubah menjadi getaran yang outputnya berupa gelombang suara.

5. Casing

Casing speaker adalah berfungsi melindungi komponen-komponen di dalam speaker. Ini pelindung utama yang menjaga agar komponen dalam speaker selalu dalam keadaan baik. Ada yang terbuat dari bahan logam, plastik, atau composite.


Jenis-Jenis Speaker

Ada lima jenis speaker berdasarkan frekuensinya. Masih melansir sumber penelitian yang sama, simak penjelasan jenis-jenis speaker berikut ini:

1. Sub Woofer

Sub woofer speaker adalah jenis speaker yang mampu menghasilkan frekuensi suara 20Hz - 200Hz, Sehingga kita dapat mendengarkan nada rendah atau full bass.

Biasanya sub woofer dipasang pada speaker aktif komputer, speaker mobil, speaker aktif ruangan dan sebagainya.

Untuk pemasangannya tentu membutuhkan box terpisah dengan speaker lainnya. Karena getaran yang dihasilkan cukup tinggi, makanya dibuatkan box tersendiri.

2. Woofer

Woofer speaker adalah jenis Speaker yang dapat menghasailkan frekwensi rendah yaitu sekitar 40Hz - 1000Hz. Maka suara yang dihasilkan juga akan ngebass. Jenis ini banyak sekali kita temukan di hampir semua jenis speaker aktif ruangan. Jenis ini banyak sekali dijual ditoko-toko elektronik.

Disamping itu speaker ini memiliki ukuran yang bermacam-macam, misalnya 4 Inch, 6 Inc, 8 Inc, 10 Inc, 12 Inc dan sebagainya. Untuk hasil suara yang bagus tentu harus dipasang pada box dan biasanya digabung dengan midrange dan tweeter.

3. Midrange

Midrange speaker adalah mampu menghasilkan frekuensi menengah sekitar 500Hz - 5000Hz. Oleh sebab itu suara yang dihasilkan terdengar jelas seperti suara kita. Biasanya jenis ini banyak kita temukan pada speaker aktif 3 way.

4. Tweeter

Tweeter speaker adalah jenis speaker yang menghasilkan frekuensi sekitar 5000Hz-20.000Hz. Sehingga suara yang dihasilkan akan sedikit melengking.

5. Full Range

Full range speaker adalah jenis speaker yang mampu menghasilkan nada rendah, menengah maupun tinggi. Oleh sebab itu jenis ini sering digunakan untuk speaker sound system atau luar ruangan. Suara yang dihasilkan dapat terdengar dikejauhan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya