8 Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan Sekitar, Lengkap Pengertiannya

Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 12 Okt 2022, 15:55 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2022, 15:55 WIB
8 Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan Sekitar, Lengkap Pengertiannya
Ilustrasi Kupu-kupu. (Photo by Bogomil Mihaylov on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Contoh simbiosis mutualisme terdapat dalam lingkungan di sekitar kita. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme.

Contoh simbiosis mutualisme ada beragam di sekitar kita. Simbiosis mutualisme merupakan salah satu materi dalam Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA di SD. Meskipun pelajaran ini hanya untuk anak-anak, namun orang dewasa perlu mengetahui untuk nantinya diajarkan kepada anak kita.

Contoh simbiosis mutualisme bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Misalnya saja bunga dengan kupu-kupu atau bahkan tumbuhan parasit yang menempel di pohon. Masih banyak contoh simbiosis mutualisme yang wajib anda pelajari.

Berikut ini Liputan6.com ula mengenai contoh simbiosis mutualisme dan pengertiannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Simbiosis Mutualisme

8 Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan Sekitar, Lengkap Pengertiannya
Ilustrasi ikan badut, nemo. (Photo created by kuritafsheen77 on www.freepik.com)

Dikutip dari lama Kemdikbud, simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis namun saling menguntungkan satu sama lain. Hubungan ini sangat positif karena kedua belah pihak diuntungkan. 

Simbiosis mutualisme memegang peranan penting dalam evolusi makhluk hidup. Dari masa ke masa, makhluk hidup dapat berproses, tumbuh, berkembang, dan berevolusi hingga mencapai bentuk seperti yang kita ketahui sekarang, hampir semua dapat terjadi berkat adanya simbiosis mutualisme.

Tidak hanya evolusi saja, simbiosis mutualisme juga berperan dalam pembentukan banyak sekali ekosistem. Inilah yang membuat simbiosis mutualisme begitu spesial dibandingkan jenis-jenis simbiosis lainnya. Keuntungan yang didapat dari hasil interaksi ini berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap makhluk hidup lainnya.


Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan

8 Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan Sekitar, Lengkap Pengertiannya
Bunga Raflesia jenis Tuan Mudae terbesar di dunia mekar di Agam. (Foto: Liputan6.com/ Novia Harlina)

1. Bunga dengan Kupu-Kupu

Hubungan antara bunga dan kupu-kupu menjadi salah satu contoh simbiosis mutualisme yang paling dikenal. Kupu-kupu menghisap madu dan nektar yang ada di dalam sari kelopak bunga untuk dijadikan makanan mereka. Proses tersebut juga membantu penyerbukan dari bunga. Keuntungan akan didapatkan oleh kupu-kupu yang memperoleh makanan berupa madu dan nektar. Sementara bunga mendapat keuntungan karena proses penyerbukannya dibantu oleh kupu-kupu.

2. Ikan Badut dengan Anemon

Contoh simbiosis mutualiasme yang berikutnya adalah ikan badut dengan anemon. Ikan badut menjadikan anemon, hewan laut seperti bunga yang memiliki tentakel penyengat, sebagai tempat untuk berlindung dari predator. Sebagai imbalan, ikan badut menjaga anemon bebas dari parasit dan memberikan nutrisi untuk anemon melalui kotoran mereka. Peristiwa ini sangat menguntungkan keduanya untuk bertahan hidup.

3. Bunga dengan Kumbang

Contoh simbiosis mutualisme interaksi antara bunga dan kumbang sama dengan hubungan bunga dan kupu-kupu. Kumbang akan mendapat nektar dan membantu proses penyerbukan dari bunga. Kumbang mendapat keuntungan berupa makanan berupa madu dan nektar. Sementara bunga akan mendapat keuntungan karena proses penyerbukannya dibantu oleh kumbang.

4. Lalat dengan Bunga Raflesia

Lalat dan bunga raflesia menjadi salah satu contoh simbiosis mutualisme antara hewan dan tumbuhan. Bunga raflesia terkenal sebagai bunga dengan bau yang tidak sedap dan dijuluki bunga bangkai. Hal ini dimanfaatkan oleh lalat untuk hinggap di bunga raflesia untuk mencari makanan. Keuntungan didapatkan lalat yang memperoleh makanan secara gratis. Sementara bunga raflesia juga mendapat keuntungan karena dibantu proses penyerbukannya oleh lalat.


Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan

8 Contoh Simbiosis Mutualisme di Lingkungan Sekitar, Lengkap Pengertiannya
Ilustrasi mimpi, hewan kerbau. (Photo by ray rui on Unsplash)

5. Jamur dengan Tanaman Alga

Contoh simbiosis mutualisme yang lainnya adalah jamur dengan tanaman alga. Jamur akan membuat lingkungan sekitar menjadi lembap agar tanaman alga bisa tumbuh dan bisa melakukan proes fotosintesis. Nantinya jamur juga mendapat bagian hasil fotosintesis tersebut. Keuntungan yang didapatkan tanaman alga karena bisa melakukan proses fotosintesis. Sementara jamur mendapat keuntungan karena mendapat makanan dari hasil fotosintesis.

6. Kepiting Laba-Laba dengan Tanaman Alga

Kepiting laba-laba merupakan spesies kepiting asal Jepang yang tinggal di dalam lautan dengan ciri-ciri memiliki kaki-kaki yang panjang. Spesies ini tinggal di wilayah tumbuhan laut yang hijau. Biasanya tanaman alga akan tinggal di punggung kepiting laba-laba.

Tanaman alga mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal. Sementara kepiting laba-laba mendapat keuntungan bisa melakukan kamuflase dengan lingkungan sekitarnya sehigga tidak terdeteksi oleh pemangsa.

7. Kerbau dengan Burung Jalak

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV untuk SD/MI, contoh simbiosis mutualisme antara kerbau dan burung jalak terjadi karena kerbau memperoleh keuntungan dari burung jalak yang menghabiskan semua kutu di tubuhnya. Sementara burung jalak merasa untung, karena mendapatkan makanan dari kutu yang ada di tubuh kerbau. Hal ini juga menjadi sumber makanan dari burung jalak.

8. Ikan Goby dengan Udang

Udang dan ikan menghabiskan sebagian besar waktu mereka bersama. Udang membuat liang di pasir sebagai tempat ikan dan udang bertahan hidup. Sehingga, saat predator mendekat, ikan akan menyentuh udang dengan ekornya sebagai peringatan. Kemudian, ikan dan udang mundur ke liang sampai predator pergi. Dari contoh simbiosis mutualisme itu, udang mendapat peringatan akan adanya bahaya yang mendekat. Sementara ikan goby mendapat tempat hidup yang aman untuk tinggal dan bertelur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya