8 Doa Orang Tua untuk Anak agar Menjadi Pribadi yang Sholeh, Cerdas, dan Berbakti

Selain menerapkan pola asuh terbaik dan memenuhi kebutuhan anak, membaca doa orang tua untuk anak juga penting untuk dilakukan agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 16 Mei 2023, 13:50 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 13:50 WIB
Ilustrasi membaca doa
Ilustrasi membaca doa. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Maka dari itu, selain menerapkan pola asuh terbaik dan memenuhi kebutuhan anak, membaca doa orang tua untuk anak juga penting untuk dilakukan. Sebab, tanpa campur tangan dan ridha Allah SWT, tentu saja apa yang kita harapkan akan sulit terwujud.

Tentu ada banyak hal yang diharapkan orang tua terhadap anaknya, mulai dari kesehatan, masa depan yang cerah, serta pertumbuhan anak sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat dan agama. tentu ada banyak pola asuh yang bisa diterapkan agar menjadi pribadi yang baik, namun tidak boleh diabaikan juga bahwa kita perlu meminta kepada Allah SWT, dengan membaca doa orang tua untuk anak.

Ada banyak doa orang tua untuk anak, tergantung dengan kondisi dan kebutuhannya. Misalnya saja ada doa agar anak dapat menjadi pribadi yang berbakti, ada pula doa orang tua untuk anak agar anak dimudahkan dalam belajar. Selain itu masih ada doa orang tua untuk anak yang bisa dipanjatkan oleh orang tua agar anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (16/5/2023), berikut adalah kumpulan doa orang tua untuk anak yang bisa diamalkan setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Orang Tua Untuk Anak agar Berbakti

Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang berbakti. Selain menjadi teladan dan memperlakukan anak dengan baik, doa orang tua untuk anak agar menjadi berbakti juga perlu diamalkan. Adapun bacaan doa orang tua untuk anak agar berbakti adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “ Ya Allah, berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

Doa Orang Tua untuk Anak agar Diberi Perlindungan

Selain mendambakan anak yang berbakti, orang tua pastinya juga mengharapkan anak selalu dalam kondisi yang aman. Selain mengupayakan keamanan untuk anak dengan menyediakan berbagai macam hal yang dibutuhkan, meminta kepada Allah SWT dengan membaca doa orang tua untuk anak agar diberi perlindungan juga menjadi salah satu hal yang penting. Berikut bacaan doa orang tua untuk anak agar diberi perlindungan,

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya: “ Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah Swt. yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR Abu Daud)


Doa Orang Tua untuk Anak agar Diberi Keberkahan

Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Selain keamanan dan perlindungan, keberkahan juga menjadi hal yang penting bagi anak. Sebab, keberkahan ini akan membuat kehidupan seorang anak menjadi lebih bermanfaat dengan kebaikan yang lebih meluas lagi. Berikut bacaannya,

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “ Ya Allah, perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jemaah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

Doa Orang Tua untuk Anak agar Diberi Pemahaman Agama

Anak tumbuh menjadi pribadi yang sholeh dan taat kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua muslim. Ketaatan ini pun harus dibarengi dengan pemahaman yang baik terhadap agama. Oleh karena itulah, membaca doa orang tua untuk anak agar diberi pemahaman agama juga menjadi hal penting. Berikut bacaannya,

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Al-Qur’an).” (HR.Bukhari)


Doa Orang Tua untuk Anak agar Tumbuh Menjadi Pribadi yang Cerdas

Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami. (Photo Copyright by Freepik)

Pemahaman terhadap ilmu agama memang sangat penting sebagai bekal di akhirat kelak. Akan tetapi, sebagai orang tua kita juga tidak boleh mengabaikan kehidupan anak di dunia. Untuk dapat menjalani kehidupan di dunia dengan baik, tentu anak perlu dibekali ilmu yang bermanfaat. Selain mempersiapkan rencana pendidikan terbaik, membaca doa orang tua untuk anak agar diberi kecerdasan juga menjadi salah satu hal yang penting. Berikut bacaannya,

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Doa Orang Tua untuk Anak yang Dibaca Nabi Muhammad SAW

Jangankan kita sebagai manusia biasa, Nabi Muhammad SAW pun pernah membacakan doa orang tua untuk anak. Doa ini dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar cucunya, Hasan dan Husain diberi perlindungan.

Adapun berikut ini adalah lafal doa yang dibaca oleh Rasulullah untuk melindungi kedua cucunya sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari.  

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U‘īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya, “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.”


Doa Orang Tua untuk Anak yang Dibaca Nabi Ibrahim AS

Ilustrasi doa, zikir, muslim
Ilustrasi doa, zikir, muslim. (Photo by Thirdman on Pexels)

Nabi Ibrahim AS memiliki dua putra, yakni Nabi Ishak dan Nabi Ismail. Sebagai orang tua yang memiliki dua putra, Nabi Ibrahim tentu saja mengharapkan yang terbaik bagi kedua putranya. Adapun bacaan doa untuk anak sholeh yang dibaca oleh Nabi Ibrahim AS.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn

Arti doanya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.”

Setelah memanjatkan doa di atas, lafalkan juga bacaan doa Nabi Ibrahim memohon anak sholeh berikut ini.

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (Q.S. Ibrahim ayat 40)

Doa Orang Tua untuk Anak yang Dibaca Nabi Zakaria AS

Tidak hanya Nabi Ibrahim saja yang mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Nabi Zakaria pun juga memanjatkan doa untuk anak sholeh ketika dia sedang memohon diberikan keturunan oleh Allah SWT.

Doa ini sangat disarankan untuk diamalkan, terutama bagi pasangan yang sudah lama belum dianugerahi keturunan. Adapun bacaan doa untuk anak sholeh yang dibaca Nabi Zakaria adalah sebagai berikut,

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Hunalika da’a zakariyya rabbah, qala rabbi hab li mil ladungka zurriyyatan tayyibah, innaka sami’ud-du’a

Artinya: Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (Q.S. Ali Imran ayat 38)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya