Transaksi adalah Kesepakatan Jual Beli, Kenali Jenisnya

Transaksi merupakan bagian dari aktivitas ekonomi.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 23 Mei 2023, 18:10 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 18:10 WIB
Pembayaran Digital
Ilustrasi Pembayaran (Photo by Blake Wisz on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Apa itu transaksi merupakan bagian dari aktivitas ekonomi. Transaksi berkaitan dengan kesepakatan antara pembeli dan penjual untuk memperdagangkan barang, jasa, atau instrumen keuangan. Apa itu transaksi merupakan dasar dalam aktivitas keuangan.

Apa itu transaksi merupakan kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Mulai dari membeli makanan, meminjam uang, hingga menabung, apa itu transaksi tak lepas dari kehidupan.

Apa itu transaksi melibatkan dua atau lebih pihak yang melibatkan pertukaran barang, uang, atau jasa. Pertukaran bisnis harus dapat diukur dalam nilai moneter sehingga dapat dicatat untuk tujuan akuntansi. Apa itu transaksi bisa memengaruhi kondisi keuangan. Berikut penjelasan tentang apa itu transaksi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(10/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa itu transaksi?

Ilustrasi transaksi di kasir.
Ilustrasi transaksi di kasir. (Shutterstock)

Menurut KBBI, transaksi adalah persetujuan jual beli (dalam perdagangan) antara dua pihak. Transaksi juga berkaitan dengan pelunasan (pemberesan) pembayaran (seperti dalam bank). Kata transaksi berasal dari bahasa Latin transactionem yang menggambarkan kesepakatan atau pencapaian. Ini mengarah pada versi transaksi pertengahan abad ke-15 yang menggambarkan penyesuaian perselisihan.

Transaksi adalah segala jenis tindakan yang terlibat dalam menjalankan bisnis, atau interaksi antara orang-orang. Menurut Investopedia, transaksi adalah kesepakatan lengkap antara pembeli dan penjual untuk menukar barang, jasa, atau aset keuangan dengan imbalan uang. Sebuah transaksi melibatkan pertukaran moneter untuk barang atau jasa.

Kesepakatan bisnis yang penting dapat disebut transaksi, khususnya pembelian atau penjualan barang. Pertukaran apa pun dengan orang lain juga bisa disebut transaksi. Ketika pergi ke bank, mengisi formulir, dan menyetor uang, seseorang telah melakukan transaksi.


Proses transaksi

Ilustrasi transaksi di kasir.
Ilustrasi transaksi di kasir. (Shutterstock)

Transaksi adalah proses pertukaran barang, jasa, atau uang untuk tujuan komersial dan non-komersial. Definisi transaksi dalam akuntansi berarti kesepakatan yang diselesaikan antara dua individu untuk menukar barang, jasa, atau aset dengan uang.

Motif transaksi berkaitan dengan permintaan uang untuk memenuhi transaksi sehari-hari. Orang A membayar orang B dengan imbalan produk atau jasa. Ketika mereka menyetujui persyaratan, uang ditukar dengan barang atau jasa dan transaksi selesai.


Transaksi akuntansi

Transaksi
Ilustrasi transaksi | RODNAE Productions dari Pexels

Transaksi akuntansi, juga disebut transaksi bisnis, adalah setiap pertukaran pertimbangan ekonomi yang dapat diukur secara wajar dan mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Transaksi adalah peristiwa yang mengubah persamaan akuntansi selama suatu periode.

Transaksi adalah kesesuaian antara pembeli dan penjual untuk memperdagangkan barang, jasa, atau instrumen keuangan. Misalnya, pembelian barang, penjualan barang, peminjaman ke bank, peminjaman uang, pembayaran gaji, pembayaran sewa, komisi yang diterima, dan dividen yang diterima.


Jenis transaksi berdasarkan hubungan kelembagaa

Ilustrasi waktu membayar zakat atau pajak
Ilustrasi membayar/Copyright envato.com by DragonImages

Melansir Corporatefinanceinstitute, berikut jenis transaksi menurut hubungan kelembagaannya:

Transaksi eksternal

Transaksi eksternal melibatkan perdagangan barang dan jasa dengan uang. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa setiap transaksi yang dilakukan oleh dua orang atau dua organisasi dengan satu pembelian dan yang lainnya menjual dianggap sebagai transaksi eksternal.

Contoh: Jika Perusahaan A membeli bahan baku untuk produksinya dari Perusahaan B, maka ini disebut transaksi eksternal.

Transaksi internal

Transaksi internal adalah jenis transaksi yang tidak melibatkan penjualan apa pun melainkan proses lain dalam organisasi. Ini mungkin termasuk menghitung gaji karyawan dan memperkirakan nilai penyusutan aset tertentu.


Jenis transaksi berdasarkan jenis uang

ilustrasi membayar dengan non tunai saat berbelanja/pexels
ilustrasi membayar dengan non tunai saat berbelanja/pexels

Berdasarkan pertukaran uang tunai, ada tiga jenis transaksi akuntansi, yaitu transaksi tunai, transaksi non tunai, dan transaksi kredit.

Transaksi tunai

Transaksi tunai adalah bentuk transaksi yang paling umum, yang mengacu pada transaksi yang ditangani dengan uang tunai. Misalnya, jika sebuah perusahaan membeli perlengkapan kantor dan membayarnya dengan uang tunai, kartu debit, atau cek, maka itu adalah transaksi tunai. Transaksi tunai biasanya membutuhkan semua rincian transaksi termasuk pengiriman dan pembayaran untuk diselesaikan dalam hari yang sama.

Transaksi non tunai

Transaksi non tunai adalah jenis transaksi yang tidak terkait dengan transaksi yang menentukan apakah uang tunai telah dibayarkan atau akan dibayarkan di masa depan. Misalnya, jika Perusahaan A membeli mesin dari Perusahaan B dan melihat bahwa mesin itu rusak, pengembaliannya tidak memerlukan uang tunai yang dikeluarkan, sehingga termasuk dalam transaksi non-tunai.

Transaksi kredit

Transaksi kredit adalah transaksi tunai yang ditangguhkan karena pembayaran dijanjikan dan diselesaikan di masa mendatang. Perusahaan sering memperpanjang persyaratan kredit untuk pembayaran, seperti 30 hari, 60 hari, atau 90 hari, tergantung pada produk atau layanan yang dijual atau norma industri. Jika nilai suatu transaksi tidak segera dipenuhi secara tunai, maka disebut transaksi kredit.


Jenis transaksi berdasarkan tujuan

Berdasarkan Alat dan Nominal Pembayaran
Ilustrasi pembayaran / Copyright envato.com by DragonImages

Ada dua jenis transaksi akuntansi berdasarkan tujuannya, yaitu bisnis atau non bisnis.

Transaksi bisnis

Transaksi bisnis adalah transaksi sehari-hari yang membuat bisnis tetap berjalan, seperti penjualan dan pembelian, sewa ruang kantor, iklan, dan pengeluaran lainnya.

Transaksi non-bisnis

Transaksi non-bisnis adalah transaksi yang tidak melibatkan penjualan atau pembelian tetapi mungkin melibatkan sumbangan dan tanggung jawab sosial.

Transaksi pribadi

Transaksi pribadi adalah transaksi yang dilakukan untuk keperluan pribadi seperti pengeluaran ulang tahun.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya