Kumpulan Hadits Berbuat Baik Kepada Sesama, Tingkatkan Amal Umat Muslim

Simak hadits tentang berbuat baik kepada segala sesuatu, baik manusia, hewan, dan hal-hal kecil lainnya.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 26 Mei 2023, 10:55 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2023, 10:55 WIB
Kumpulan Hadits Berbuat Baik Kepada Sesama, Tingkatkan Amal Umat Muslim
Ilustrasi memberi, menolong, membantu. (Photo by Jon Tyson on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Hadits berbuat baik bisa menjadi pedoman dan patokan bagi umat Muslim. Setiap orang tentunya sangat dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama, baik kedua orang tua, keluarga, tetangga, maupun teman. 

Dalam Islam, berbuat baik kepada sesama disebut juga dengan istilah ihsan. Ihsan merupakan seorang manusia yang mencurahkan kebaikan dan menahan diri untuk tidak mengganggu orang lain. Perbuatan tersebut termasuk dengan perbuatan terpuji.

Tidak hanya di Al-Qur’an, ada banyak hadits berbuat baik yang bisa anda baca dan amalkan. Hadits berbuat baik ini bisa anda kenalkan kepada si kecil agar dapat membentuk dan mengembangkan kepribadian dan karakter yang baik.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai kumpulan hadits berbuat baik kepada sesama yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023).


1. Hadits Tentang Berbuat Baik Kepada Semua Makhluk Hidup

Kumpulan Hadits Berbuat Baik Kepada Sesama, Tingkatkan Amal Umat Muslim
Hadis, sunnah, Islam. Image by Amirul Islam from Pixabay

Berikut ini ada bacaan hadits berbuat baik kepada semua makhluk hidup dari Sahabat Abu Ya’la Syaddad bin Aus, dari Rasullah SAW. Beliau bersabda:

 عَنْ أَبِي يَعْلَى شَدَّاد ابْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ اللهَ كَتَبَ اْلإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ.

Artinya: "Sesungguhnya Allah telah menetapkan perbuatan baik (ihsan) atas segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya." (Riwayat Muslim).


2. Hadits Berbuat Baik Kepada Tetangga

Berikut ini ada bacaan hadits berbuat baik kepada tetangga yang bisa anda yakini dan amalkan, yakni:

عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنه، أن النبي ﷺ يقول: خيرُ الأصحابِ عند اللهِ خيرُهم لصاحبِه، وخيرُ الجيرانِ عند اللهِ خيرُهم لجارِه". أخرجه الترمذي

Artinya, "Dari Abdullah bin Amr ra, bahwa Nabi Saw bersabda, "Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah mereka yang paling baik kepada sahabatnya, dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah mereka yang paling baik kepada tetangganya." (HR at-Tirmidzi).


3. Hadits Tentang Baik Kepada Kedua Orang Tua

Kumpulan Hadits Berbuat Baik Kepada Sesama, Tingkatkan Amal Umat Muslim
Ilustrasi tips mendekatkan diri dengan orang tua. /Pexels

Berikut ini ada bacaan hadits berbuat baik kepada kedua orang tua yang bisa anda amalkan, yakni:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ جِئْتُ أُبَايِعُكَ عَلَى الْهِجْرَةِ وَتَرَكْتُ أَبَوَىَّ يَبْكِيَانِ فَقَالَ ارْجِعْ فَأَضْحِكْهُمَا كَمَا أَبْكَيْتَهُمَا

Artinya, “Dari sahabat Abdullah bin Amr ra, ia bercerita, seorang sahabat mendatangi Rasulullah saw dan mengatakan, ‘Aku datang kepadamu untuk berbaiat hijrah dan kutinggalkan kedua orangtuaku dalam keadaan menangis. Rasul menjawab, ‘Pulanglah, buatlah keduanya tertawa sebagaimana kau membuat mereka menangis,’” (HR Abu Dawud).


4. Hadits Berbuat Baik Kepada Sesama

Berikut ini ada bacaan hadits berbuat baik kepada sesama yang bisa anda amalkan, yakni:

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس »

Artinya: Dari Jabir, ia berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda, ”Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR Thabrani dan Daruquthni).


5. Hadits Tentang Perilaku Baik

Kumpulan Hadits Berbuat Baik Kepada Sesama, Tingkatkan Amal Umat Muslim
Ilustrasi Menolong. (Sumber: Unsplash)

Berikut ini ada bacaan hadits berbuat baik kepada sesama dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ يُرْجَى خَيْرُهُ وَيُؤْمَنُ شَرُّهُ

Artinya: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan (orang lain) merasa aman dari kejelekannya.” (HR. At-Tirmidziy no. 2263).

Ada orang ketika mendengar nama seseorang disebut sudah malas mendengarnya dan cenderung ingin menjauh darinya karena orang tersebut dikenal keburukannya. Tapi, sebaliknya, ada orang yang kedatangannya diharapkan banyak orang, dan orang yang dekat dengannya akan selalu merasa aman dan nyaman. Tipe terakhir inilah yang disebut Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai sebaik-baik manusia.


6. Hadits Berbuat Baik Kepada Segala Sesuatu

Bacaan hadits berbuat baik ini bukan hanya kepada sesama manusia dan makhluk lainnya, namun bisa dari hal-hal kecil seperti memindahkan duri di jalan,

….لَقَدْ رَأَيْتُ رَجُلًا يَتَقَلَّبُ فِي الْجَنَّةِ، فِي شَجَرَةٍ قَطَعَهَا مِنْ ظَهْرِ الطَّرِيقِ، كَانَتْ تُؤْذِي النَّاسَ…

Artinya: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengisahkan, “Aku melihat seorang pria yang mendapatkan kenikmatan di surga karena sebuah pohon yang dipotongnya di badan jalan karena akan mengganggu orang lain.” (HR Muslim)

Berbuat baik kepada sesama muslim, tidak mesti dalam bentuk langsung datang kepadanya dan membantu mereka di keadaan tersebut. Melainkan bisa juga dilakukan secara tidak langsung seperti dengan memindahkan hambatan yang ada di jalan umum, baik itu berupa duri, ranting pohon, dan yang semisalnya. Jika hal tersebut dilakukan, maka berdasarkan hadits di atas, kita bisa mendapatkan salah satu kenikmatan dari nikmatnya surga.


7. Hadits Berbuat Baik dengan Menutup Aib Sesama Muslim

Kumpulan Hadits Berbuat Baik Kepada Sesama, Tingkatkan Amal Umat Muslim
Ilustrasi Menolong Credit: unsplash.com/Ekaterina

Hadits berbuat baik ada banyak salah satunya yakni menutup aib sesama Muslim. Begini bacaannya:

مَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Artinya: “Barangsiapa menutupi aib seorang Muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat.” (HR Muslim)

Setiap manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Bagi sesama umat Muslim yang mengetahui aibnya, maka janganlah menyebarkan aib tersebut kepada yang lain. Anda bisa menyimpan rapat-rapat aib tersebut dan tidak perlu dibahas kepada siapapun. Apabila anda bisa melakukannya, maka Allah akan menutup aib Anda baik di dunia maupun akhirat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya