7 Tips Membuat Bawang Goreng Agar Renyah dan Tidak Gosong

Pilih bawang merah kualitas baik hingga cara menggoreng yang tepat diperlukan agar hasilnya renyah dan tidak gosong.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 23 Jun 2023, 11:40 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2023, 11:40 WIB
Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan bawang goreng di setiap sajian makanan tidak bisa dipisahkan. Apapun makanannya, bawang goreng selalu ditaburkan di atasnya. Selain mempercantik sajian makanan, makanan yang ditaburi bawang goreng akan menambah cita rasa.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat bawang goreng menjadi topping wajib dalam setiap masakan. Walaupun terlihat sederhana, namun enggak semua orang dapat membuat bawang goreng.

Cara mengolah yang kurang tepat akan membuat bawang goreng tidak sempurna; lembek, berminyak, bahkan pahit karena gosong. Oleh karena itu, diperlukan sedikit tips membuat bawang goreng agar hasilnya renyah dan tidak gosong.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bawang goreng renyah cukup mudah dan mudah ditemukan. Berikut tips membuat bawang goreng agar renyah dan tidak gosong yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/1/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilih Bawang Merah dengan Kualitas Baik

Tips Membuat Bawang Goreng Agar Renyah dan Tidak Gosong
Ilustrasi bawang merah (iStockphoto)

Tips membuat bawang merah goreng pertama adalah memilih bawang merah yang memiliki kualitas baik. Pilih bawang merah dengan ukuran sedang dan tampilannya yang masih segar.

Jangan menggunakan bawang yang sudah layu atau lembap dan cenderung berair. Karena jenis bawang merah ini akan berpengaruh terhadap hasil bawang goreng yang akan dibuat nanti. Bawang merah segar umumnya ditandai dengan akar yang masih menempel.


Iris Tipis Bawang Merah

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Setelah memilih bawang merah dengan kualitas baik, selanjutnya iris tipis bawang merah yang akan digoreng. Untuk mendapatkan bawang goreng yang renyah, pastikan tidak mengabaikan tips membuat bawang merah goreng yang ini.

Mengiris tipis bawang merah dapat membuat bawang cepat kering dan matang sempurna. Berbeda apabila kamu mengiris bawang terlalu tebal, maka akan membuat hasilnya lembek, berminyak, dan tidak renyah.

Untuk itu, usahakan mengiris bawang setipis mungkin. Kalau bisa, gunakan alat pengiris bawang agar hasilnya lebih renyah maksimal dan terlihat lebih rapi.


Menambahkan Tepung Tapioka

Tips Membuat Bawang Goreng Agar Renyah dan Tidak Gosong
Tepung Tapioka

Bawang merang yang diiris tipis direndam dalam air garam. Setelah itu, bawang merah ditiriskan dan ditaburi dengan tepung tapioka hingga tercampur rata. Panaskan minyak, goreng bawang dengan api sedang sampai kecokelatan. 


Menambahkan Tepung Maizena dan Tepung Beras

Tips Membuat Bawang Goreng Agar Renyah dan Tidak Gosong
Tepung maizena. (huffingtonpost.com)

Bawang merah yang sudah dicuci bersih diiris tipis. Sementara itu, siapkan tepung maizena dan tepung beras yang dicampur rata. Taburkan tepung ke bawang merah iris hingga merata. Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api sedang. Goreng bawang sambil sesekali diaduk agar matangnya merata. Kemudian angkat dan tiriskan.  


Menambahkan Tepung Maizena dan Baking Powder

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Bawang merah yang sudah diiris direndam dengan air garam selama sekitar 10 menit. Lalu, cuci bersih supaya getahnya hilang. Siapkan tepung maizena dan baking powder (rasionya bisa 1 sdm tepung maizena dan 1 sdt baking powder). Taburkan ke bawang merah hingga rata. Goreng dengan api sedang hingga tampak kekuningan. Kemudian angkat dan tiriskan.


Menambahkan Cuka

Tips Membuat Bawang Goreng Agar Renyah dan Tidak Gosong
Cuka. (via: youtube.com)

Bawang yang sudah dicuci, diiris tipis. Lalu tuangkan cuka, aduk rata dan diamkan selama 5 menit. Untuk 500 gram bawang goreng, bisa menggunakan 4 sdm cuka. Setelah itu, bilas dan cuci hingga bersih. Goreng bawang dengan minyak sedang hingga kekuningan.


Gunakan Minyak yang Benar-benar Panas

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Tips membuat bawang merah goreng agar renyah selanjutnya memastikan minyak goreng yang digunakan benar-benar apanas. Pastikan juga menggoreng bawang merah dengan menggunakan api kecil.

Ketika menggoreng bawang merah goreng, disarankan untuk menggunakan minyak yang banyak. Selama menggoreng, sambil sesekali diaduk agar matangnya merata.

Kalau bawang merah sudah terlihat menguning, maka sudah bisa segera diangkat. Jangan sampai telat mengangkatnya. Karena setelah diangkat, bawang goreng akan mencoklat dengan sendirinya ketika ditiriskan.

Setelah matang sempurna dan ditiriskan, simpan bawang goreng dalam wadah kedap udara agar bawang bisa bertahan lebih lama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya