5 Manfaat Kertas Minyak Wajah, Pahami Cara Pakainya yang Benar

Menilik manfaat kertas minyak wajah yang tak hanya bisa digunakan untuk wajah.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 28 Jun 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 09:30 WIB
Hindari Terlalu Sering Gunakan Kertas Minyak
Bila terlalu sering sambil menekan-nekan wajah, dampaknya bisa membuat kulit wajah semakin berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kertas minyak wajah perlu untuk kamu ketahui. Kertas minyak wajah kerap dijadikan solusi untuk mengatasi minyak berlebih di wajah. Kertas minyak wajah kerap dibawa ketika berpergian atau saat melakukan aktivitas yang menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah. Manfaat kertas minyak wajah ini rupanya tak hanya dapat digunakan untuk wajah saja. 

Secara umum manfaat kertas minyak wajah ini digunakan untuk mengatasi produksi minyak berlebih di wajah. Pasalnya minyak berlebih di wajah membuat seseorang menjadi tidak percaya diri karena wajah terlihat kusam dan tentunya mengganggu riasan di wajah.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menghilangkan kilap menyilaukan di wajah sepanjang hari tanpa harus mengacaukan riasan kamu. Kertas minyak wajah kerap dijadikan solusi untuk menghilangkan minyak dengan sekejap. Manfaat kertas minyak wajah lainnya yakni bisa diapikasikan di bibir kamu.

Walaupun dapat menghilangkan kilap di wajah dan menghapus minyak di wajah, kertas minyak wajah ini juga tidak baik jika dipakai terlalu sering untuk mengatasi permasalahan minyak berwajah kamu.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat kertas minyak wajah yang tak hanya bermanfaat untuk wajah, Senin (2/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Kertas Minyak Wajah

Blotting paper
Blotting paper

Sebelum menelaah lebih jauh tentang manfaat kertas minyak wajah, penting untuk kamu mengenal lebih jauh tentang kertas minyak wajah ini yang kerap dijadikan sebagai ‘sahabat’ wanita yang memiliki masalah wajah berminyak.  

Kertas minyak telah digunakan oleh wanita Jepang selama ratusan tahun karena fungsinya. Tak heran jika kini kertas minyak kerap digunakan dan dijadikan pilihan untuk mengurangi dan mengatasi minyak berlebih di wajah.

Blotting paper adalah jenis kertas yang memiliki daya serap tinggi. Dalam bidang kosmetik, blotting paper atau terkadang disebut face paper merupakan kertas yang memiliki daya serap tinggi terhadap sebum atau minyak alami di wajah kamu.

Kertas ini bekerja spesifik menyerap minyak pada wajah dan biasanya tidak menyerap cairan lain pada wajah seperti keringat. Kemampuan blotting paper yang sangat ampuh menyerap minyak ini membuat kertas minyak wajah banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan kilap di wajah dalam sekejap.

Blotting paper sering kali dilapisi dengan asam salisilat atau zat lain yang dipercaya juga dapat menjadi solusi untuk wajah berjerawat. Kertas ini dirancang untuk dapat mengangkat minyak berlebih dari wajah, sehingga menampilkan kulit wajah yang kesat dan tidak terkesan kumal.

Komposisi yang paling mungkin memegang andil dalam penyerapan minyak adalah jenis tertentu dari surfaktan. Minyak, lemak (cairan non-polar) tidak dapat menyatu dengan air (cairan polar). Sementara itu, surfaktan merupakan molekul spesial yang terdiri dari setengah sifat pola dan setengah sifat non-polar, yang memungkinkan molekulnya ‘menggenggam’ salah satu sifat polar dari obyek serapan selagi dapat bercampur dengan baik dengan sifat lainnya.

Selain itu, kertas minyak wajah ini juga mudah dibawa kemanapun karena ukurannya yang kecil. Tak heran jika barang satu ini digemari oleh para wanita, pada khususnya.


Manfaat Kertas Minyak Wajah

Blotting Paper
Ilustrasi Blotting Paper/copyright shutterstock

Setelah mengenal kertas minyak wajah, berikut ini ulasan mengenai manfaat kertas minyak wajah yang tak hanya untuk mengtasi minyak berlebih di wajah. Berikut manfaat kertas minyak wajah yang dilansir dari Dokter Sehat :

1. Menciptakan Kesan Matte pada Bibir

Manfaat kertas minyak wajah yang pertama yakni dapat menciptakan kesan matte pada bibir. Meskipun sudah menggunakan lipstik matte, terkadang efek matte pada bibir tidak maksimal. Setelah mengaplikasikan lipstik, tunggu beberapa saat untuk kemudian menggunakan kertas minyak wajah pada bagian bibir. Selain akan memberikan kesan matte, penggunaan blotting paper juga dipercaya dapat membuat lipstik tahan lebih lama.

2. Membantu dalam Aplikasi Make Up

Manfaat kertas minyak wajah selanjutnya yakni dapat membantu dalam pengaplikasian make up. Blotting paper biasanya digunakan setelah penggunaan make up dasar seperti tabir surya atau produk lain yang berbasis krim atau cair karena produk ini sering kali menyebabkan minyak di wajah. Setelah menggunakan kertas ini, baru lah kamu dapat mengaplikasikan make up tanpa khawatir terganggu oleh minyak di muka.

3. Touch Up Lebih Mudah

Manfaat kertas minyak wajah selanjutnya yakni dapat membuat touch up lebih mudah. Ketika kamu akan touch up make up tentunya akan terganggu dan merasa risih dengan kondisi wajah kamu yang berminyak. Hal tersebut dapat kamu atasi dengan kertas minyak wajah ini sebelum touch up. Sering kali kertas ini dapat memperbaiki tampilan make up bahkan tanpa Anda melakukan touch up.

4. Menghilangkan Kilap

Dapat membantu menghilangkan kilap di wajah merupakan manfaat kertas minyak wajah selanjutnya. Blotting paper dapat kamu gunakan kapan saja setiap Anda merasa kilap di wajah telah berlebihan. Tidak perlu khawatir, karena kertas ini tidak akan merusak riasan di wajah kamu.

5. Bisa Mengatasi Rambut Lepek

Manfaat kertas minyak wajah selanjutnya yakni dapat mengatasi rambut lepek. Walaupun manfaat tersebut jarang terdengar namun, namun rupanya kertas minyak wajah juga bermanfaat untuk rambut. Jika tidak dapat menemukan dry shampoo, kamu dapat mencoba menggunakan blotting paper untuk menyerap minyak di rambut dan kulit kepala.


Cara Menggunakan Kertas Minyak Wajah

Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak
Pastikan Wajah Bersih dan Bebas Minyak

Selain memahami manfaat kertas minyak wajah yang tidak hanya bermanfaat untuk wajah, kamu juga perlu memahami dan memerhatikan cara pakai kertas minyak wajah yang benar agar dapat membantu menghilangkan minyak di wajah lebih maksimal.

- Ambil satu lembar kertas, tempelkan pada bagian yang berminyak (biasanya minyak paling banyak muncul di bagian T zone yang meliputi hidung, dahi, dan dagu).

- Biarkan kertas minyak di bagian yang berminyak selama beberapa detik. Anda dapat sesekali menepuk pelan kertas ke wajah, tapi usahakan untuk tidak menggosokkan kertas ke wajah.

- Minyak yang terserap ke kertas akan ditandai dengan kertas yang berubah menjadi lebih transparan. Setelah selesai di satu bagian, lanjutkan di bagian wajah yang lain.

- Hindari menempelkan bagian blotting paper yang telah berminyak ke bagian wajah lain karena hal tersebut hanya akan membuat minyak berpindah dari satu bagian ke bagian wajah lain.

- Segera buang kertas yang telah digunakan.


Tidak Menyelesaikan Masalah Utama

Beauty
Ilustrasi Kulit Wajah Berminyak dan Kusam Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Kertas minyak wajah memang dapat membantu mengatasi produksi minyak berlebih di wajah kamu. Namun satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa kertas minyak wajah tidak dapat menyelesaikan masalah utama dan bukan solusi permanen. Kertas minyak terbukti tidak menunjukkan perubahan besar pada produksi sebum berlebih di wajah kamu, selain hanya sebagai pelampiasan sementara dan instan pada wajah yang berminyak di tengah hari, untuk mengembalikan rona wajah segar seperti sedia kala.

Penggunaan kertas ini hanya akan menghilangkan minyak secara instan, namun tidak dapat mengatasi penyebab dari produksi minyak berlebih pada muka. Jika kamu mengalami masalah minyak wajah yang serius dan cukup mengganggu, sebaiknya segera cari tahu penyebabnya. Kerja kertas minyak merangsang kelenjar minyak sehingga bila digunakan terus menerus akan semakin menarik minyak di permukaan kulit

Jangan lupa perhatikan cara menggunakan blotting paper yang benar. Gunakan blotting paper sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan berlebihan dapat menghilangkan minyak alami wajah, sehingga mungkin produksi minyak di wajah akan lebih banyak. Cara menggunakan yang salah seperti menggosokkan kertas ini secara kasar ke wajah juga dapat berpotensi membuat kulit wajah iritasi. Oleh karena itu, gunakan kertas minyak wajah ini lebih bijak.

Tekanan yang terlalu kuat pada kulit wajah akan membuat kulit terasa lebih panas dan teriritasi. Kondisi kulit kering akibat iritasi dan panas akan merangsang kelenjar di bawah permukaan kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi darurat ini. Hasilnya, kulit jadi lebih berminyak. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya