Mengapa Lingkungan Bisa Memengaruhi Aktivitas Manusia? Pahami Penjelasannya

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia karena menjadi tempat hidup.

oleh Husnul Abdi diperbarui 15 Jun 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi lingkungan
Ilustrasi lingkungan. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia perlu kamu pahami. Pasalnya, lingkungan sendiri merupakan tempat manusia beraktivitas. Bila tidak ada lingkungan maka tidak ada aktivitas manusia.

Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia. Semua aktivitas manusia dilakukan di sebuah lingkungan. Oleh karena itu, lingkungan sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang dijalani oleh manusia.

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia karena menjadi tempat hidup. Lingkungan menjadi tempat manusia hidup dan tinggal. Manusia tentunya membutuhkan lingkungan yang aman dan nyaman untuk dapat hidup dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/6/2023) tentang mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia.


Mengapa Lingkungan Bisa Memengaruhi Aktivitas Manusia?

Ilustrasi menjaga lingkungan
Ilustrasi menjaga lingkungan. (Photo Copyright by Freepik)

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia bisa dijelaskan dari saling keterkaitan dari manusia dan lingkungan itu sendiri. Pasalnya, lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di di sekitar manusia.

Lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia, karena lingkungan adalah tempat manusia beraktivitas. Semua aktivitas manusia mulai dari aktivitas sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya, semuanya dilakukan di lingkungan. Manusia bekerja, mencari makan dan tinggal juga di lingkungan. Jika tidak ada lingkungan maka tidak ada aktivitas manusia.

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia sebenarnya dipengaruhi hubungan timbal balik keduanya. Aktivitas manusia juga bisa memengaruhi lingkungan, jadi keduanya dapat memengaruhi satu sama lain. Aktivitas manusia tidak jarang dapat merusak lingkungan tempat tinggalnya sendiri. Akibatnya, lingkungan tidak dapat memberikan manfaat lagi kepada manusia. Hal ini tentunya memberikan dampak buruk juga terhadap manusia yang membutuhkan lingkungan.


Pengaruh Aktivitas Manusia Terhadap Lingkungan

Ilustrasi menjaga lingkungan
Ilustrasi menjaga lingkungan. (Photo created by pch.vector on www.freepik.com)

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia bisa kamu perhatikan dari contoh-contoh berikut. Manusia membutuhkan lingkungan hutan agar mendapatkan oksigen dan kebutuhan hayati. Namun, aktivitas penebangan hutan secara ilegal membuat hutan menjadi rusak, yang berpengaruh juga terhadap kebutuhan oksigen manusia. Jika tidak ada hutan, kebutuhan oksigen manusia di bumi tidak akan terpenuhi. Inilah mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia.

Contoh selanjutnya yaitu, manusia membutuhkan sungai sebagai sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika tidak ada sungai, akan terjadi kekeringan dan kekurangan pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Namun, kebiasaan manusia dalam membuang sampah sembarangan membuat sungai menjadi tercemar. Akibatnya kehidupan organisme lain di sungai menjadi terganggu . Ikan-ikan mati, tumbuhan menjadi layu, air sungai keruh, dan dampak buruk lainnya.

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia bisa dilihat di sini. Saat sungai tercemar oleh sampah, manusia tentu tidak bisa lagi memanfaatkan sungai untuk menunjang kebutuhannya. Lebih buruk lagi, kebiasaan membuang sampah ke sungai bisa mengakibatkan saluran air tersumbat hingga menyebabkan banjir.

Mengapa lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia bisa berdampak fatal seperti terjadinya banjir ini. Saat banjir melanda, aktivitas manusia tentunya akan sangat terganggu. Bahkan akan terjadi banyak kerugian yang dialami oleh manusia sendiri.

Jadi, manusia sudah seharusnya menjaga lingkungan dengan baik agar selalu bersih dan asri, hal ini tentu untuk menunjang kehidupan manusia sendiri pada akhirnya.


Manfaat Lingkungan Hidup Alami bagi Manusia

Ilustrasi peduli lingkungan, alam
Ilustrasi peduli lingkungan, alam. (Photo created by pch.vector on www.freepik.com)

Melansir Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, lingkungan hidup alami memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan, yaitu:

1. Sebagai Tempat Hidup

Lingkungan menjadi tempat bagi makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan untuk hidup dan tumbuh. Selain itu, lingkungan juga menjadi tempat untuk beraktivitas dan berinteraksi.

2. Sebagai Penyedia Air

Air dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Oleh karena itu, air menjadi salah satu hal paling penting dalam kehidupan. Jika kekurangan air, dapat dipastikan makhluk hidup menjadi lemas, sakit, bahkan mati.

3. Sebagai Penyedia Oksigen

Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernapas. Sama halnya seperti air, jika kekurangan oksigen, makhluk hidup akan lemas, bahkan mati.

4. Sebagai Sumber Makanan

Di dalam lingkungan hidup alami terdapat berbagai unsur biotik dan unsur abiotik yang saling menguntungkan. Contohnya seperti tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis, hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan, serta manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanan.

5. Sebagai Penyedia Sumber Daya Alam

Salah satu contoh sumber daya alam yang ada di lingkungan hidup alami adalah gas alam dan minyak bumi. Kedua sumber daya alam tersebut akan dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, gas alam dan minyak bumi akan diolah menjadi bahan bakar.

6. Sebagai Penyedia Mikroorganisme

Mikroorganisme sangat diperlukan untuk menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati. Melalui sebuah proses yang dilakukan oleh mikroorganisme, sisa-sisa tersebut akan menjadi tanah yang subur.

7. Sebagai Penyedia Tanah

Bagi tumbuhan, tanah berfungsi sebagai tempat hidup. Bagi manusia, tanah berfungsi sebagai tempat untuk berkebun, berladang, bahkan mendirikan rumah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya