Remaja Asal Solo Ini Pernah SMA di Luar Negeri, Berikut Kisahnya Hingga Kini Jadi Cawapres

Bukan di Solo, remaja ini jalani masa SMA di sekolah luar negeri.

oleh Putra Marenda diperbarui 23 Okt 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2023, 15:30 WIB
Remaja Asal Solo Ini Pernah Menempuh Pendidikan SMA di Luar Negeri, Kini Jadi Cawapres
Remaja Asal Solo Ini Pernah Menempuh Pendidikan SMA di Luar Negeri, Kini Jadi Cawapres (IG/gibranrakabumingraka)

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan menjadi nomor satu untuk ciptakan pondasi yang kokoh seorang individu. Cara berpikir seperti ini juga diterapkan oleh ayah dari remaja asal Solo yang rela mengirim sang anak untuk sekolah di luar negeri. Remaja ini menempuh pendidikan SMA di Singapura tepatnya di Orchid Park Secondary School pada 2002.

Sebelum menempuh pendidikan di Singapura, remaja ini menghabiskan waktunya di Solo. Ia menempa pendidikan di SD N Mangkubumen Kidul dan SMPN 1 Surakarta. Nilai yang bagus dan sokongan uang yang cukup dari orang tua, membuat remaja ini dikirim ke Singapura pada 21 tahun yang lalu.

Pendidikan SMA di Singapura telah membentuk individu yang kreatif. Setelah SMA selesai, remaja ini memilih kuliah D3 di Australia dan lanjutkan ke S1 di Management Development Institute of Singapore. Lalu siapakah remaja yang dimaksud?

Remaja itu ialah anak sulung dari Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Kini Gibran resmi diusung jadi cawapres Prabowo Subianto. Berikut Liputan6.com rangkum kisah Gibran Rakabuming Raka dari jalani pendidikan SMA di Singapura hingga jadi cawapres, Senin (23/10/2023).


Anak Sulung Jokowi SMA di Singapura

Remaja Asal Solo Ini Pernah Menempuh Pendidikan SMA di Luar Negeri, Kini Jadi Cawapres
Remaja Asal Solo Ini Pernah Menempuh Pendidikan SMA di Luar Negeri, Kini Jadi Cawapres (IG/gibranrakabumingraka)

Bagi Presiden Jokowi, pendidikan adalah nomor satu. Hal itu juga diterapkan ke anak-anaknya dengan mengirim Gibran Rakabuming Raka untuk sekolah di Singapura sejak masih SMA. Gibran menempuh pendidikan SMA di Orchid Park Secondary School pada 2002.

Sejak masa remaja, Gibran sudah diajarkan kemandirian oleh sang ayah. Bagaimana tidak, di usia 15 tahun, ia harus hidup mandiri di Singapura. Gibran pun benar-benar belajar di sana dan berusaha menjadi individu yang baik. Pendidikan yang menjadi dasar kemampuan seseorang pun telah mengubah Gibran menjadi sosok hebat. Kehebatan itulah yang membuatnya kini jadi Wali Kota Solo dan baru saja diusung jadi Cawapres Prabowo Subianto.


Jalani Usaha Katering Setelah Jadi Sarjana

Remaja Asal Solo Ini Pernah Menempuh Pendidikan SMA di Luar Negeri, Kini Jadi Cawapres
Remaja Asal Solo Ini Pernah Menempuh Pendidikan SMA di Luar Negeri, Kini Jadi Cawapres (IG/gibranrakabumingraka)

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka menempuh pendidikan S1 di Singapura tepatnya Management Development Institute of Singapore. Ia sudah tertarik dengan dunia manajemen untuk mengelola bisnis setelah selesai kuliah. Bukan bisnis mebel sang ayah, Gibran ingin menjalani bisnis katering.

"Dari awal memang tidak mau meneruskan usaha itu. Sebenarnya ingin usaha sejak lulus dari D-3 di Australia. Tapi karena ilmunya masih kurang, jadi lanjut S-1 dulu di Singapura, " ujarnya kepada Liputan6.com.

Dalam menjalani bisnis katering bernama Chilli Pari, Gibran mengalami banyak manis pahit. Adapun salah satu kepahitan yang dirasakan saat merintis bisnis ini adalah hanya menerima orderan katering hanya dalam skala kecil. Misal untuk rapat, pertemuan dan wisuda.

"Awal tahun pertama itu benar-benar menjadi ujian bagi Chilli Pari. Karena masih banyak yang belum percaya pada kita. Jadi kebanyakan masih order dalam skala kecil. Kalau order catering pernikahan malah jarang. Padahal order katering pernikahan ini yang banyak untungnya," ungkap Gibran Rakabuming Raka.

Namun perlahan demi perlahan, bisnis katering Gibran mulai berkembang hingga pada akhirnya banyak pesanan besar yang tahu. Tak hanya Chilli Pari, bisnis lainnya yang digeluti Gibran yakni Markobar, Ternakkopi dan Goola.


Kini Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Remaja Asal Solo Ini Pernah SMA di Luar Negeri, Berikut Kisahnya Hingga Kini Jadi Cawapres
Remaja Asal Solo Ini Pernah SMA di Luar Negeri, Berikut Kisahnya Hingga Kini Jadi Cawapres (Liputan6.com)

Prabowo Subianto telah mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024. Gibran akan maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Pengumuman cawapresi Prabowo ini  diumumka di kediaman pribadi Prabowo, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Minggu malam (22/10/2023).

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata dia dikutip dari Antara Minggu (22/10/2023).

Pengumuman cawapres tersebut, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Malam kemarin Gibran yang dideklarasikan tidak terlihat ada di kediaman Prabowo. Hal itu karena Gibran masih harus menyelesaikan pekerjaan di Solo sebagai Wali Kota. Anak sulung Jokowi kini telah melalui banyak proses hingga bisa terpilih menjadi cawapres Prabowo. Mulai dari perjuangan sekolah di Singapura dan Australia, pahit manis bisnis katering, lalu terpilih jadi Wali Kota Solo hingga akhirnya maju bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya