7 Doa Idul Fitri Arab, Latin dan Artinya, Doa Baik Meraih Kemenangan

Kumpulan doa-doa Idul Fitri dalam bahasa Arab, latin dan artinya

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 22 Mar 2024, 16:15 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2024, 16:15 WIB
Doa Niat Puasa Ayyamul Bidh
Ilustrasi muslimah, Islami. Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Doa Idul Fitri menjadi salah satu tradisi yang sangat penting dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim di seluruh dunia. Doa-doa ini menjadi ungkapan syukur atas berakhirnya bulan Ramadan yang penuh berkah serta memohon ampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Dalam doa-doa tersebut, umat Muslim menyampaikan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah untuk beribadah selama Ramadan serta memohon agar amal ibadah mereka diterima dan mereka diberikan kebaikan di dunia dan akhirat. Doa-doa Idul Fitri juga mengandung pesan-pesan kebaikan, silaturahmi, dan harmoni di antara sesama umat manusia.

Doa Idul Fitri juga merupakan sarana untuk memperkuat hubungan spiritual antara umat Muslim dengan Allah SWT. Dalam doa-doa tersebut, umat Muslim mengakui kebesaran dan kemurahan Allah SWT, serta menyatakan niat untuk terus meningkatkan ketaatan dan keimanan setelah berakhirnya bulan suci Ramadan. Di samping itu, doa-doa tersebut juga mengajarkan umat Muslim untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah dan menjaga hubungan yang baik dengan sesama manusia.

Perayaan Idul Fitri bukan hanya sekadar momen untuk bersuka cita dan merayakan keberhasilan menunaikan ibadah puasa, namun juga sebagai waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui doa-doa yang tulus dan penuh harap. Dengan mengucapkan doa-doa Idul Fitri dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, umat Muslim mengharapkan agar segala amal ibadah mereka diterima oleh Allah, terjaga dari azab neraka, dan diberkahi dengan kebaikan di dunia dan akhirat.

Berikut ini telah Liputan6.com rangkum doa-doa Idul Fitri dalam bahasa Arab, latin dan artinya, pada Jumat (22/3).


1. Doa Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Berdoa
Ilustrasi berdoa. Credit: pexels.com/pixabay

Doa ini merupakan ungkapan syukur dan harapan akan diterimanya amal ibadah selama bulan Ramadan. Dengan mengucapkan doa ini, umat Muslim berharap agar Allah menerima amal ibadah mereka dan menjadikan mereka termasuk orang-orang yang kembali dalam kebaikan setiap tahunnya.

Bacaan Arab dan Latin:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.

Arti Doa:

“Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

2. Doa Balasan Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Doa ini adalah balasan dari ungkapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Dengan mengucapkannya, umat Muslim menyampaikan harapan agar Allah mudah-murahan menerima amal ibadah mereka.

Bacaan Arab dan Latin:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.

Arti Doa:

“Mudah-murahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terima ya (Allah) yang Maha Mulia.”


3. Doa Niat Salat Idul Fitri

Ilustrasi muslim memanjatkan doa
Ilustrasi muslim memanjatkan doa. (Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash)

Ini adalah doa niat yang dibaca sebelum melaksanakan salat Idul Fitri. Dengan mengucapkannya, umat Muslim menyatakan niat mereka untuk melaksanakan salat sunnah dua rakaat sebagai wujud syukur dan ibadah kepada Allah SWT.

Bacaan Arab dan Latin:

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta’ālā.

Arti Doa:

“Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

4. Doa setelah Baca Takbir saat Salat Idul Fitri

Setelah takbir dalam salat Idul Fitri, umat Muslim mengucapkan doa ini sebagai bentuk tasbih, hamdalah, dan pengakuan atas kebesaran Allah SWT.

Bacaan Arab dan Latin:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illallah wallahu akbar.

Arti Doa:

“Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

5. Doa Menyambung Silaturahmi

Doa ini digunakan saat menjalin atau menyambung silaturahmi setelah salat Idul Fitri. Dengan mengucapkannya, umat Muslim berdoa agar Allah memberkahi dan memberikan ampunan serta rahmat kepada mereka.

Bacaan Arab dan Latin:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Allaahumma baarik lahum fiimaa rozaqtahum, waghfir lahum, warhamhum.

Arti Doa:

“Ya Allah, berkahilan apa yang Engkau Rezekikan kepada mereka, ampunilah mereka dan rahmat ikan mereka.”


6. Doa Sambut Bulan Baru

Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)
Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)

Doa ini diucapkan saat menyambut bulan baru setelah bulan Ramadan. Dengan mengucapkannya, umat Muslim berdoa agar bulan tersebut membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman.

Bacaan Arab dan Latin:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahlilhu ‘alayna bilyumni wal iimaani wassaalaamati wal islaamii robbii wa robbukallah.

Arti Doa:

“Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah.”

7. Doa Mohon Kebaikan Dunia dan Akhirat

Doa ini merupakan permohonan kepada Allah untuk memberikan kebaikan di dunia dan akhirat serta melindungi dari azab neraka.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar.

Arti Doa:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.”

Dalam doa-doa Idul Fitri yang telah disebutkan di atas, terdapat ungkapan syukur, permohonan ampunan, niat untuk beribadah, dan doa untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Setiap doa memiliki makna yang dalam dan mengandung nilai-nilai spiritual yang penting bagi umat Muslim dalam merayakan Idul Fitri. Dengan mengajarkan dan mengamalkan doa-doa ini, diharapkan umat Muslim dapat merasakan kedekatan spiritual dengan Allah SWT serta memperkuat ikatan silaturahmi dan kebaikan di antara sesama umat manusia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya