11 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Pele, adalah sederet pemain yang terkenal karena keahlian luar biasa mereka dalam menguasai bola bundar di lapangan hijau.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 24 Jul 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 09:00 WIB
11 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?
Ilustrasi - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga legenda Brasil, Pele, adalah sederet pemain yang terkenal karena keahlian luar biasa mereka dalam menguasai bola bundar di lapangan hijau. Ketiga pemain ini tidak hanya dikenal karena kemampuan teknis dan kelincahan mereka, tetapi juga sering kali menjadi andalan tim untuk mencetak gol dan membobol gawang lawan dengan akurasi dan ketepatan yang luar biasa.

Prestasi mereka di berbagai kompetisi nasional dan internasional telah menjadikan mereka ikon sepak bola dunia dan inspirasi bagi banyak generasi pemain muda. Selain keahlian mereka dalam mengolah bola, para pemain ini juga telah mencatatkan banyak rekor gol yang mengesankan sepanjang karier mereka.

Dengan prestasi gol yang tak tertandingi ini, mereka sering kali dianggap sebagai penyerang paling mematikan yang pernah ada dalam dunia sepak bola. Lantas, siapakah sebenarnya pemain sepak bola dengan jumlah gol terbanyak di dunia sepanjang masa?

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai daftar pemain yang mencetak gol terbanyak di dunia sepanjang masa yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cristiano Ronaldo

11 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?
Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menyapu bersih semua laga dengan kemenangan dari 10 matchday yang sudah dimainkan. (AP Photo/Armando Franca)

Sosok yang merajai daftar pemain dengan gol terbanyak di dunia adalah pemain asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Berdasarkan catatan talkSPORT, Ronaldo telah mencetak 834 gol dari 1.160 pertandingan sejak aktif di lapangan hijau pada tahun 2001 hingga April 2023. Melalui catatan statistik tersebut, CR7 masuk ke dalam daftar pemain dengan gol terbanyak bersama rivalnya, Lionel Messi, sebagai pemain yang masih aktif hingga saat ini. Pemain berusia 38 tahun ini pun tercatat telah menerima sederet penghargaan individu yang mengesankan. Melansir dari Transfermarkt, pemain Al-Nassr ini telah tiga kali dianugerahi 'The Best FIFA Men's Player' (2008, 2016, dan 2017), lima kali memperoleh penghargaan Ballon d'Or (2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017), empat kali penghargaan 'UEFA Best Player in Europe', hingga 19 kali penghargaan 'Top Goal Scorer'.

2. Josef Bican

Josef Bican adalah legenda Republik Ceko yang mencetak 805 gol dari 540 pertandingan selama masa aktifnya pada 1931 hingga 1956. Selama bermain untuk Slavia Praha, Bican atau yang dikenal sebagai Pepi pernah mencetak 395 gol dari 217 pertandingan, meraih gelar sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola selama lebih dari 60 tahun. Selama berkarier di lapangan hijau, Bican diklaim telah mencetak lebih dari 1.000 gol. Namun, FIFA hanya mengakui 805 gol yang dicetak oleh sosok kelahiran 25 September 1913 itu.

3. Lionel Messi

Meskipun menyabet gelar The Greatest of All Time (GOAT), Lionel Messi ternyata berada di urutan ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak di dunia sepanjang masa. Pemain asal Argentina ini adalah salah satu pencetak gol terbaik, sejak mulai aktif pada tahun 2003, Messi tercatat telah mencetak 805 gol dari 1.022 pertandingan. Gol tersebut diraih selama berseragam FC Barcelona, Paris Saint-Germain (PSG), dan Tim Nasional (Timnas) Argentina. Melansir dari Transfermarkt, pemain Inter Miami ini telah tiga kali dianugerahi 'The Best FIFA Men's Player' (2009, 2019, dan 2022), tujuh kali memperoleh penghargaan Ballon d'Or (2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021), tiga kali penghargaan 'UEFA Best Player in Europe', hingga 23 kali penghargaan 'Top Goal Scorer.'


4. Romario

11 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?
Romario gagal memenangkan gelar juara Liga Champions meski menjadi top skor di turnamen tersebut sebanyak dua kali, yaitu bersama PSV dan Barcelona. Padahal, prestasinya di klub dan Timnas Brasil tak pernah diragukan lagi. Ia juga pernah dianugerahi Ballon d'Or 1994. (AFP/Bob Daemrich)

Romario adalah salah satu legenda Brasil yang paling 'subur' dalam mencetak gol sepanjang masa. Selama masa aktifnya dari tahun 1985 hingga 2007, Romario tercatat telah mencetak 772 gol dari 994 pertandingan. Bila melihat statistik tersebut, tak heran jika sosok kelahiran 29 Januari 1966 ini disebut sebagai mesin pencetak gol. Romario sempat memiliki karier gemilang di tanah Eropa, diketahui bahwa ia pernah berseragam PSV, FC Barcelona, dan Valencia. Romario tercatat pernah menyumbangkan 98 gol dari 110 laga untuk PSV.

5. Pele

Pele adalah salah satu legenda sepak bola terbaik sepanjang masa, dijuluki sebagai O Rei atau Sang Raja, Pele sudah menyedot perhatian publik sejak muda. Pada usia 17 tahun, Pele sudah masuk ke dalam daftar skuad Timnas Brasil. Pele disebut mencetak hampir satu gol per pertandingan selama 656 pertandingan kompetitifnya untuk Santos FC. Namun, beberapa pihak mengklaim bahwa Pele sebenarnya telah mencetak lebih dari 1.000 gol sepanjang kariernya. Tiga trofi Piala Dunia dan peran besar di Piala Dunia 1958 dan 1962 menjadi alasan Pele disebut pemain terbaik yang pernah ada pada masanya. Terlebih, tidak ada pemain yang benar-benar berada pada level seperti Pele di generasinya.

6. Ferenc Puskás

Ferenc Puskás adalah pemain legendaris asal Hongaria yang dikenal karena kemampuan mencetak golnya yang luar biasa. Selama kariernya, Puskás mencetak 729 gol resmi. Pada tahun 1954, ia memimpin Hongaria mengalahkan Inggris 7-1, mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut dan menjadi bintang hari itu.

Puskás juga dikenal sebagai pencetak gol terbanyak divisi satu Hongaria sebanyak empat kali. Pada tahun 1956, ia bergabung dengan Real Madrid dan menjadi bagian dari inkarnasi pertama Galácticos, mendominasi sepak bola Eropa. Dijuluki 'The Galloping Major', Puskás masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Hongaria.


7. Gerd Müller

11 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?
Gerd "Der Bomber" Müller, lahir di Nördlingen, Jerman, 3 November 1945 adalah mantan pemain sepak bola Jerman Barat. Ia mengoleksi 365 gol dalam 427 penampilan di Bundesliga, ia adalah salah satu pemain tersukses pada masanya.(Bayernnews.org)

Gerd Müller, yang dikenal dengan julukan "Der Bomber," adalah salah satu striker paling produktif dalam sejarah sepak bola. Dengan total 634 gol, Müller menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Bayern Munich dengan 523 gol. Karier gemilangnya juga mencakup 38 gol dalam 71 pertandingan untuk Fort Lauderdale Strikers di NASL. 

Müller memenangkan 4 gelar Bundesliga, 4 Piala Jerman, 3 Piala Eropa, 1 Piala Dunia, 1 Kejuaraan Eropa, dan penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1970. Keahlian dan insting golnya menjadikan Müller sebagai salah satu penyerang paling ditakuti dalam sejarah sepak bola.

8. Jimmy Jones

Jimmy Jones masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak di dunia dengan jumlah 647 gol sepanjang kariernya. Periode terbaiknya terjadi saat bermain untuk Glenavon, di mana ia menduduki puncak daftar pencetak gol Liga Irlandia dalam enam musim terpisah dalam periode 11 tahun. 

Selama waktunya bersama Belfast Celtic dan Glenavon, pemain asal Irlandia Utara ini memenangkan total 17 trofi. Kehebatannya di depan gawang membuat Jones tetap menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola Liga Irlandia, menjadikannya legenda di tanah kelahirannya.


9. Eusebio

11 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?
Eusebio. Eks striker Timnas Portugal yang wafat pada 5 Januari 2014 dalam usia 71 tahun ini total mencetak 9 gol saat menjadi top skor pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Portugal pun dibawanya finis di peringkat ketiga setelah menang 2-1 atas Uni Soviet di laga perebutan tempat ketiga, di mana satu gol sukses dicetaknya. Dari 6 laga, ia hanya absen mencetak gol di laga pembuka fase grup saat menang 3-1 atas Hongaria. Ketajamannya dibuktikan di laga perempatfinal dengan mencetak 4 gol ke gawang Korea Utara yang berkesudahan 5-3. (AFP/Staff)

Eusebio, yang dikenal dengan julukan "Black Panther," adalah salah satu pemain paling ikonik dalam sejarah sepak bola. Dengan total 619 gol sepanjang kariernya, Eusebio terkenal karena kemampuannya yang luar biasa saat bermain untuk Benfica. 

Pada tahun 1965, ia meraih penghargaan Ballon d'Or, yang diberikan kepada pemain terbaik setiap musim. Selain itu, Eusebio juga bermain untuk sembilan klub lainnya sepanjang kariernya. Kecepatan, kekuatan, dan ketepatan tendangannya membuatnya menjadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola dunia.

10. Joe Bambrick

Joe Bambrick adalah pemain asal Irlandia Utara yang dikenal karena ketajamannya di depan gawang. Sepanjang kariernya, ia mencetak 616 gol dalam pertandingan resmi. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah mencetak 50 gol dalam satu musim liga untuk Linfield pada musim 1930/1931. 

Bambrick juga bermain untuk klub seperti Glentoran, Chelsea, dan Walsall. Tendangan golnya yang luar biasa cepat menjadikannya ancaman besar bagi pertahanan lawan, dan ia tetap dikenang sebagai salah satu penyerang terbaik dalam sejarah sepak bola Irlandia Utara.

11. Robert Lewandowski

Pencetak gol terbanyak di dunia selanjutnya adalah Robert Lewandowski, seorang pemain sepak bola asal Polandia yang saat ini sedang memperkuat FC Barcelona. Sebelumnya, Lewandowski telah menunjukkan performa gemilang bersama beberapa klub lain seperti Znicz Pruszków, Lech Poznań, Borussia Dortmund, dan Bayern Munchen. Kepindahannya ke FC Barcelona menambah babak baru dalam kariernya yang sudah penuh dengan pencapaian luar biasa.

Selama bermain untuk Znicz Pruszków, Lewandowski berhasil mencetak 36 gol yang kemudian membuka jalan baginya untuk bergabung dengan Lech Poznań, di mana ia menorehkan 41 gol. Kariernya semakin bersinar ketika ia bergabung dengan Borussia Dortmund, mencetak 103 gol, dan kemudian mencapai puncak prestasi bersama Bayern Munchen dengan total 344 gol. Sejak bergabung dengan Barcelona, ia telah menambahkan 14 gol lagi ke dalam daftar panjang pencapaian golnya.

Lewandowski terkenal sebagai penyerang dengan kemampuan tendangan dan sundulan yang luar biasa, serta ketajamannya di depan gawang. Hingga saat ini, penyerang asal Polandia ini berhasil mengoleksi 585 gol sepanjang karier profesionalnya. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah karena ia masih aktif bermain di ajang profesional, memperkuat posisinya sebagai salah satu pencetak gol terhebat dalam sejarah sepak bola.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya