5 Rutinitas Body Care yang Penting untuk Maksimalkan Kecantikanmu, Jangan Hanya Fokus di Skincare

Mulailah menjalani rutinitas perawatan tubuh yang optimal untuk benar-benar mencintai diri sendiri dan memancarkan kecantikanmu secara maksimal.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 14 Agu 2024, 18:51 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 18:51 WIB
Body Care
Ilustrasi Kecantikan Kulit yang Terawat Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Merawat wajah sudah menjadi kebiasaan umum untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Tidak jarang, kamu rela merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah demi produk skincare wajah yang berkualitas. Namun, apakah kamu sudah memberikan perhatian yang sama pada perawatan tubuhmu dengan semangat dan dedikasi yang setara seperti saat merawat wajah?

Memang, wajah adalah bagian tubuh yang pertama kali terlihat saat bertemu dengan orang lain. Namun, merawat kulit tubuh secara menyeluruh juga tak kalah pentingnya.

Bagian kulit lainnya juga rentan terhadap berbagai masalah seperti jerawat di punggung atau dada, sunburn di area lengan dan kaki, kulit kering yang bersisik, dan masih banyak lagi. Ayo, saatnya kamu juga menerapkan rutinitas perawatan tubuh yang tepat untuk mencintai diri sendiri sepenuhnya sekaligus memaksimalkan kecantikanmu.

Berikut adalah daftar perawatan tubuh atau body care yang tepat untukmu, dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (14/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Eksfoliasi Kulit Tubuh Secara Rutin

Eksfoliasi Kulit Kaki
Sahabat Fimela bisa melakukan eksfoliasi dengan scrub sebagai salah satu cara menghilangkan strawberry legs. (Foto: Freepik)

Eksfoliasi bukan hanya sekadar rutinitas penting untuk wajah, tetapi juga merupakan langkah esensial bagi kesehatan kulit tubuh. Proses ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, sehingga merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat, cerah, dan lembut.

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan manfaat eksfoliasi kulit tubuh! Kamu bisa memanfaatkan produk scrub dengan butiran lembut yang dirancang khusus untuk memaksimalkan rutinitas ini. Bahkan, beberapa produk scrub juga diformulasikan untuk membantu menyamarkan selulit.

Eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar, seperti bubuk kopi. Dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, scrub kopi mampu mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit dengan lembut, membuat kulit lebih halus, mengurangi efek kulit bersisik, serta menutrisi dan menjaga kelembapan alaminya.


2. Lakukan Double Cleansing Saat Mandi

[Fimela] Mandi Air Hangat
Ilustrasi air hangat | unsplash.com

Siapa sangka, double cleansing bukan hanya penting untuk membersihkan wajah, tetapi juga sangat bermanfaat untuk perawatan tubuh secara keseluruhan. Sama seperti wajah, tubuh kita juga membutuhkan perawatan khusus untuk menghilangkan kotoran dengan lebih efektif.

Langkah pertama dalam rutinitas ini adalah mandi menggunakan sabun dengan formula lembut yang tidak menghilangkan kelembapan alami kulit. Gunakan sponge dan fokuskan pada area yang cenderung kering dan kasar.

Setelah membilas sabun, lanjutkan dengan mengaplikasikan body wash yang menghasilkan busa melimpah untuk pengalaman mandi yang lebih menyenangkan. Langkah ini membantu menghilangkan sisa kotoran atau residu dari produk sebelumnya, memberikan hasil akhir kulit yang benar-benar bersih dan tampak cantik alami.


3. Jaga Kelembapan Tubuh dengan Cara yang Tepat

Body Lotion
Ilustrasi Penggunaan Body Lotiob Credit: freepik.com

Setelah selesai mandi, jangan buru-buru mengeringkan tubuh sepenuhnya dengan handuk. Biarkan kulit tetap sedikit lembap dan segera aplikasikan body lotion untuk mempertahankan kelembapannya secara optimal. Pilihlah lotion yang mengandung bahan-bahan yang mampu mengunci hidrasi alami kulit, seperti shea butter, cocoa butter, atau jojoba oil. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut sepanjang hari.

Selain menggunakan lotion, kamu juga bisa mencoba produk pelembap lainnya seperti body oil. Produk ini sangat cocok untuk memberikan kelembapan ekstra, terutama bagi kamu yang memiliki kulit kering atau sering merasakan kulit sangat kering setelah terkena air panas atau bahan kimia keras dari deterjen. Gunakan secukupnya agar tidak terasa lengket di kulit.


4. Gunakan Body Spray untuk Cegah Jerawat Punggung

Akhiri dengan setting spray
Akhiri makeup dengan setting spray untuk hasil yang flawless. (Foto: Freepik)

Jerawat yang muncul di dada atau punggung memang tidak terlihat, tetapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Memilih sabun mandi yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini. Namun, selain itu, kamu juga bisa mulai merawatnya dengan body spray yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat di punggung.

Mirip dengan produk perawatan kulit wajah yang mencegah jerawat, body spray biasanya mengandung asam salisilat, yang dikenal sebagai formula efektif untuk mencegah jerawat. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup semprotkan secukupnya pada area yang rentan berjerawat, seperti punggung atau dada.


5. Jangan Lupa Gunakan Sunblock

Ilustrasi memakai tabir surya, sunscreen, sunblock
Ilustrasi memakai tabir surya, sunscreen, sunblock. (Image by jcomp on Freepik)

Melindungi kulit tubuh dari risiko paparan radiasi sinar matahari sama pentingnya dengan melindungi wajah. Jadi, jangan hanya fokus pada penggunaan sunscreen untuk wajah saja. Pastikan juga untuk memberikan perlindungan pada kulit tubuh lainnya dengan produk yang tepat.

Gunakan sunblock setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah dan jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali setiap 2 jam sekali agar perlindungan tetap optimal. Pilihlah sunblock dengan tingkat SPF yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pastikan formulanya aman serta tidak membuat kulit kering.

Merawat kulit tubuh adalah hal yang sama pentingnya dengan merawat wajah, jadi jangan pernah malas untuk mengaplikasikannya secara rutin dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya