6 Tips Membuat Kolagen Alami dari Buah dan Sayur agar Kulit Sehat dan Awet Muda

Kolagen, protein penting yang menjaga elastisitas kulit, bisa diperoleh dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

oleh Miranti diperbarui 04 Sep 2024, 10:48 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 10:48 WIB
Tips awet muda
Merawat kulit agar tetap awet muda. (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan tampak awet muda? Ternyata, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kecantikan yang mahal. Kolagen, protein penting yang menjaga elastisitas kulit, bisa diperoleh dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Buah dan sayuran ternyata dapat menjadi sumber kolagen alami yang sangat efektif. Buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Selain mendapatkan kulit yang lebih kencang dan sehat, Anda juga akan menambah asupan nutrisi penting bagi tubuh.

Lalu, buah dan sayuran apa saja yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen secara alami? Bagaimana cara mengolahnya agar manfaatnya bisa optimal? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (04/09/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Jeruk dan Buah Sitrus Lainnya

ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels
Ilustrasi Langkah Praktis Membuat Kolagen Alami/pexels

Jeruk, lemon, dan buah sitrus lainnya kaya akan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk produksi kolagen. Vitamin C membantu mengubah asam amino menjadi kolagen, sehingga mempercepat regenerasi kulit. Mulai hari dengan segelas jus jeruk segar atau menambahkan irisan lemon ke dalam air minum. Selain itu, salad buah yang mengandung berbagai jenis buah sitrus juga bisa menjadi pilihan yang menyegarkan.


2. Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya

Body Care
Ilustrasi Panduan Sederhana Membuat Kolagen Alami/Credit: freepik.com

Bayam dan sayuran hijau lainnya seperti kale dan brokoli mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan zat besi yang mendukung produksi kolagen. Konsumsi bayam dalam bentuk salad, smoothie, atau ditumis dengan sedikit minyak zaitun. Sayuran hijau ini tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


3. Tomat dan Paprika Merah

Tomat
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/pixabay

Tomat dan paprika merah kaya akan likopen dan vitamin C yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan produksi kolagen. Tambahkan tomat dan paprika merah ke dalam salad, sup, atau pasta. Membuat jus tomat segar juga bisa menjadi alternatif yang lezat dan sehat.


4. Alpukat

Gambar Ilustrasi Buah Alpukat
Sumber: Unsplash

Alpukat adalah sumber vitamin E yang sangat baik, yang membantu melindungi kolagen di kulit dari kerusakan. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Konsumsi alpukat dalam bentuk smoothie, salad, atau sebagai olesan roti panggang. Alpukat juga bisa dijadikan masker wajah alami untuk kulit yang lebih lembut dan kenyal.


5. Biji Chia dan Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang Almond
Rekomendasi bahan alami terakhir adalah Kacang Almond (Foto: Unsplash.com/Nacho Fernández)

Biji chia dan kacang-kacangan seperti almond dan kenari kaya akan omega-3 dan protein yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Tambahkan biji chia ke dalam smoothie, yogurt, atau oatmeal. Kacang-kacangan juga bisa dijadikan camilan sehat atau ditambahkan ke dalam salad dan berbagai hidangan lainnya.


6. Wortel

wortel
ilustrasi wortel/Photo by Kristen Kaethler on Unsplash

Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A mendukung perbaikan kulit dan memelihara kesehatan sel-sel kulit. Selain itu, beta-karoten juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda bisa menambahkan wortel ke dalam olahan sayur atau membuatnya menjadi jus.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya