Lanjutkan Konvensi, Demokrat Tegaskan Usung Capres Sendiri

Partai Demokrat telah memutuskan untuk tetap melanjutkan penjaringan capres melalui sistem konvensi.

oleh Sugeng Triono diperbarui 22 Apr 2014, 15:31 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2014, 15:31 WIB
[FOTO] Karya Seni Ciptaan SBY Dipamerkan
Usai menyampaikan pidato politiknya SBY juga menyempatkan bernyanyi bersama para petinggi Partai Demokrat yang hadir (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta- Meski hanya memperoleh suara tidak lebih dari 10 persen, Partai Demokrat telah memutuskan untuk tetap melanjutkan penjaringan calon presiden (capres) melalui sistem konvensi.

"Jadi Demokrat sudah memutuskan konvensi lanjut, finalisasi, akan ada debat terakhir hari minggu. kemudian survei lalu MT (Majelis Tinggi) akan mengambil keputusan," ujar Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/4/2014).

Dia menegaskan, pemenang konvensi Demokrat akan diusung sebagai capres dan tidak akan mengajukan calon tersebut kepada partai lain. "Jadi kita kan punya konvensi sendiri, ngapain ditawar-tawarkan ke partai lain," ujar Jero.

Menurut Jero, perolehan suara Demokrat yang tidak memenuhi syarat presidential threshold dengan perolehan suara Pileg lebih dari 20%, tidak membuat partainya urung mengusung capres.

"(Partai) yang 11 persen saja berani kok, kita 10 persen hanya beda satu persen apa jauh," kata Jero.

Pada kesempatan tersebut, Jero juga membantah wacana yang bergulir mengenai Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan diajukan menjadi calon wakil presiden dari partainya.

"Nggak ada, nggak ada pikiran itu, Demokrat sekarang sambil menunggu final berapa kursi dan konvensi, lalu akan mengumumkan kepada publik (hasil konvensi)," tandas Jero. (Yus Ariyanto)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya