Persiapan Jokowi Tes Kesehatan: Blusukan

JK mengungkap persiapan yang dilakukan pasangannya, capres Jokowi.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 22 Mei 2014, 09:13 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2014, 09:13 WIB
Jokowi-JK
Jokowi-JK. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Jusuf Kalla (JK) mengaku tak ada persiapan khusus yang dia lakukan untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sebagai tahapan Pilpres 2014. Namun, JK mengungkap persiapan yang dilakukan pasangannya, capres Jokowi.

"Kalau beliau sudah nggak usah ditanya, beliau joging terus. Kan setiap blusukan lari-lari, ditarik-tarik tangannya. Pasti banyak sekali keringat mengucur," ujar JK tertawa, Kamis (22/5/2014).
‎
JK telah 2 kali melakukan pemeriksaan sebagai capres maupun cawapres pada Pilpres 2004 dan 2009. Meski begitu, JK mengaku tak memberikan tips apapun kepada Jokowi.

"Tidak ada, ini kan cek biasa saja. Paling hanya istirahat, apalagi? Puasa, itu saja," ucap JK.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima dari KPU, Jokowi-JK akan menjalan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang meliputi beberapa unsur yakni pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikiatrik, pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh. Seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomin, kardio, treadmill test, rontgen, spirometri, audiometri, MRI, hingga CT Scan. Sementara pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya