Efek Dahsyat Puasa Ramadan bagi Tubuh dan Jiwa

Saat menjalani puasa Ramadan, Anda akan merasakan efek menakjubkan puasa bagi jiwa dan tubuh.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 11 Mei 2018, 12:40 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2018, 12:40 WIB
Ilustrasi Otak
Makna puasa Ramadan untuk tubuh dan jiwa. (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta Selama puasa Ramadan, umat Muslim yang berbadan sehat diharapkan tidak makan, minum, dan hubungan seksual dari fajar hingga terbenam matahari. Aktivitas yang dilakukan juga berdoa, terutama pada malam hari dan membaca Alquran.

Yang paling penting, puasa Ramadan berpengaruh terhadap jiwa dan tubuh. Setiap individu akan merasakan efek positif dengan puasa.

Melansir laman The Conversation, Jumat (11/5/2018), puasa dapat menjauhkan diri dari hal-hal buruk. Dengan berpuasa, seseorang akan tergerak merefleksikan tujuan hidup dan makin dekat kepada pencipta-Nya.

Berkat puasa, seseorang dapat menumbuhkan perasaan empati. Seseorang merasakan apa yang dirasakan orang lain. Larut dalam suka maupun duka.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melatih spiritual

Meditasi Jadi Kunci Tingkatkan Karir
Puasa melatih spiritual.

Puasa Ramadan ditujukan untuk semua umat Muslim, kecuali bagi seseorang yang terbatas secara fisik, misalnya, penyakit atau usia lanjut dibebaskan dari kewajiban untuk berpuasa. Puasa dilakukan individu yang mampu melakukannya.

Sementara itu, orang yang tidak dapat berpuasa sama sekali--jika mereka mampu secara keuangan--diharapkan menyediakan makanan bagi orang yang membutuhkan.

Berpuasa juga bertujuan menumbuhkan sikap dan nilai-nilai baik. Puasa Ramadan pun sering disamakan dengan pelatihan spiritual. Dengan berpuasa selama Ramadan, diharapkan spiritualitas makin meningkat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya