5 Tips Jitu Belanja Online Saat Ramadan dengan Aman

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah 5 tips belanja online selama bulan Ramadan 2020.

oleh Yuslianson diperbarui 03 Mei 2020, 05:30 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2020, 05:30 WIB
Sebelum Mulai Berbisnis, Ketahui 7 Elemen Toko Online
Tanpa ketujuh elemen ini, tokomu hanyalah 'semi offline shop!'

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki pekan kedua bulan suci Ramadan, berbagai layanan e-commerce di Tanah Air menawarkan sejumlah promo untuk menarik minat pecinta belanja online.

Walau menawarkan promo, potongan harga, dan cashback menarik, ada baiknya selaku pembeli perlu bijak dan cermat agar bisa mendapatkan barang incaran dengan harga sesuai.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah 5 tips belanja online selama bulan Ramadan 2020 dari Shopback Indonesia.

 


1. Pilih Toko yang Terautorisasi

Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Salah satu hal yang ditakutkan saat belanja online adalah penipuan. Untuk itu, pebelanja online harus berhati-hati, dalam hal ini tentunya perlu ketelitian memilih toko yang ada di platform marketplace.

Jangan takut karena platform marketplace biasanya memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi (terpercaya) dan mana yang belum.

2. Lihat Rating dan Kolom Ulasan Produk

Untuk yang masih ragu saat toko online mendapatkan tanda autorisasi, sempatkan diri untuk membaca ulasan produk dari pelanggan sebelumnya.

Nah, dari ulasan tersebut dapat diperkirakan seperti apa kualitas dari barang tersebut.

 


3. Aktifkan Push Notification Aplikasi

Ilustrasi e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Marketplace biasanya memberikan newsletter ke email, namun sebagian orang tampaknya tak suka jika inbox mereka penuh dengan newsletter dari marketplace yang kadang tidak sesuai dengan ketertarikan.

Untuk kasus seperti ini, tidak ada salahnya mengaktifkan push notification aplikasi belanja online yang kamu miliki.

Push notification bisa berfungsi sebagai pengingat, jadi kamu tidak ketinggalan jika ada promo flashsale, cashback, atau potongan harga selama bulan Ramadan dari platform e-commerce.

4. Bijak Sesuai Kebutuhan

Promo dan diskon memang hadir untuk memikat konsumen agar selalu berbelanja di sebuah platform e-commerce.

Namun, menurut data Accenture, hampir tiga perempat pebelanja online di Indonesia mengaku harga produk yang murah serta diskon ternyata justru memicu perilaku impulsif dalam berbelanja online.

Apalagi saat Ramadan seperti ini, banyak platform belanja online memberikan diskon. Konsumen sebaiknya tidak mudah terbuai dengan promo dan diskon hingga 90 persen ini.

Konsumen perlu cermat memilih platform mana yang memberi harga terbaik dengan membandingkan harga produk di tiap platform.

 


5. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Ilustrasi belanja Lebaran di toko online. (iStockPhoto)

Untuk mempermudah transaksi konsumen, biasanya platform e-commerce memberi beragam pilihan metode pembayaran, misalnya lewat kerja sama dengan perbankan hingga program cicilan kartu kredit.

Ada juga pelaku e-commerce yang menawarkan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit.

Nah, metode pembayaran apapun yang kamu pilih, pastikan untuk memperhatikan platform belanja online yang memberikan diskon seuai dengan kartu yang dimiliki.

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya