Tradisi Murei, Buka Bersama Komunitas India Muslim di Masjid Ghaudiyah Medan

Masjid Ghaudiyah di Jalan Zainul Arifin Medan, Sumatera Utara mengadakan acara Murei atau berbuka bersama komunitas India Muslim dan para jamaah lainnya setiap Minggu di bulan suci Ramadhan

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Mar 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2023, 18:30 WIB
Tradisi Buka Puasa Bersama dengan Bubur India di Masjid Pekojan Semarang
Takmir Masjid Pekojan Semarang mempersiapkan menu buka bersama berupa bubur India di Serambi Masjid Pekojan, Jumat (17/5/2019). Tradisi ini berjalan sudah ratusan tahun dan menjadi rujukan kaum dhuafa di sekitar masjid untuk buka puasa. (Liputan6.com/Gholib)

Liputan6.com, Medan - Masjid Ghaudiyah di Jalan Zainul Arifin Medan, Sumatera Utara mengadakan acara Murei atau berbuka bersama komunitas India Muslim dan para jamaah lainnya setiap Minggu di bulan suci Ramadhan.

"Murei itu berbuka bersama atau bisa dikatakan makan besar bersama antarkomunitas India Muslim maupun jamaah yang hendak makan setiap hari Minggu di bulan Ramadhan," jelas Ketua Yayasan India Muslim Sumut, MHD Sidik Saleh, di Medan, Minggu, dikutip Antara.

Berbagai hidangan khas India disajikan untuk para jamaah yang hendak makan tersebut, di antara nasi briyani, nasi minyak, kari, minuman Chai dan kuliner khas India lainnya.

"Ada donatur yang memberikan baik kelompok maupun perorangan. Sementara, ratusan jamaah yang datang dari berbagai daerah seperti Belawan, Kota Binjai sampai ada yang dari Serdang Bedagai," sebutnya.

Sidik menambahkan, tujuan diadakan acara ini juga mempererat tali silaturahmi antarpara jamaah maupun dengan saudara yang datang dari berbagai daerah.

Salah satu jamaah dari Kota Binjai, Muhammad Ilham mengatakan, dirinya mengikuti acara ini setiap Minggu. Sebab, sudah menjadi tradisi yang sejak dilakukan dari kecil.

"Kami sudah dari orangtua maupun kakek mengadakan acara ini. Ya, jadi kami meneruskan tradisi yang baik ini," tambahnya.

Selain mengadakan Murei, Masjid Ghaudiyah rutin memberikan kuliner berbuka khas India seperti bubur sup dan minuman Chai. Selain itu, setiap hari Jumat juga diadakan acara berbuka dengan para mualaf.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya