Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Praktis Diamalkan

Bagi yang ingin mengamalkannya, berikut adalah bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat tapi lengkap.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 23 Jul 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 09:30 WIB
ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com
ilustrasi dzikir setelah sholat fardhu. ©2020 Merdeka.com

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menunaikan sholat fardhu, jangan buru-buru beranjak dari tempat duduk. Muslim dapat berdzikir dan berdoa setelah sholat, mengingat waktu setelah sholat fardhu termasuk yang istimewa.

Membaca dzikir dan doa setelah sholat tidak dipersoalkan para ulama. Yang kerap jadi perdebatan adalah soal dzikir yang dilakukan bersama-sama dengan imam sebagai pemandunya.

Menurut sebagian kalangan, dzikir bersama usai sholat ini tidak ada dalam Al-Qur’an, hadis, maupun amalan yang dilakukan para Salafus Salih. Akan tetapi, dzikir bersama setelah sholat punya dasar.

Salah satunya pijakannya adalah hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dan Al-Hakim. Berikut redaksinya yang dikutip dari NU Online.

 عَنْ حَبِيْبِ بْنِ مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيِّ وَكَانَ مُجَابَ الدَّعْوَةِ رضي الله عنه قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: لاَ يَجْتَمِعُ قَوْمٌ مُسْلِمُوْنَ يَدْعُوْ بَعْضُهُمْ وَيُؤَمِّنُ بَعْضُهُمْ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللهُ دُعَاءَهُمْ. رواه الطبراني في الكبير و الحاكم في المستدرك 

Artinya: “Dari Habib bin Maslamah al-Fihri RA –beliau seorang yang dikabulkan do’anya-, berkata: ‘Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Tidaklah berkumpul suatu kaum muslimin, lalu sebagian mereka berdoa, dan sebagian lainnya mengucapkan aamiin, kecuali Allah pasti mengabulkan doa mereka.” (HR. al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir, dan al-Hakim dalam al-Mustadrak). 

Jadi, dzikir bersama setelah sholat boleh-boleh saja dilakukan sebagaimana merujuk pada dasar di atas. Namun, jika dilakukan sendiri pun tidak masalah. Bagi yang ingin mengamalkannya, berikut adalah bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat tapi lengkap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tuntunan Dzikir Praktis usai Sholat Fardhu

Dzikir
Sejumlah jemaah melaksanakan dzikir di Mesjid Raya Medan, Sumatra Utara, Minggu (15/8). Berdzikir merupakan salah satu aktivitas ibadah yang dilakukan umat muslim di bulan Ramadan. (Antara)

Setelah selesai sholat fardhu, membaca istighfar 5 kali.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيمَ، لِي وَلِوَالِدَيَّ،  وَلِأَصْحَابِ الْحُقُوقِ عَلَيَّ وَلِجَمِيْعِ المُؤْمِنِيْنَ والمُؤْمِناتِ والمُسلِمِيْنَ والمُسْلِماتِ، اَلأَحْياءِ مِنْهُمْ والأَمْوَاتِ

Astaghfirullahaladzim, lii waliwaalidayya, wali ashabil huquqi alayya, walijamii'il mu'miniina wal mu'minaat wal muslimiina wal muslimat, Al ahyai minhum wal amwaat. 

Artinya: "Aku mohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, ampunan untukku, kedua orang tuaku, orang orang yang berhubungan denganku, dan aku mohon ampunan untuk semua muslimin dan muslimat (muslim perempuan) baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal.”

Kemudian membaca kalimat tauhid tiga kali.

لا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِير

Lailahaillallah wahdahula syarikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahuwa ala kulli syai-in qadir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Kemudian membaca doa berikut.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.

Artinya: “Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya dari-Mu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepada-Mu lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan Maha Luhur Engkau,. Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”


Tuntunan Dzikir Praktis usai Sholat Fardhu (Lanjutan)

Dzikir
Amalan mudah berpahala surga, diantaranya dzikir setelah shalat fardhu dan sebelum tidur. (Liputan6.com/Nugroho Purbo)

Kemudian membaca tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing 33 kali.

سُبْحانَ الله

Subhanallah

Artinya: “Maha Suci Allah.”

الحَمْدُ لِله

Alhamdulillah.

Artinya: “Segala puji bagi Allah.”

اللهُ أَكْبَرُ

Allahu akbar.

Artinya: “Allah Maha Besar.”


Doa Setelah Sholat Fardhu

Memperbanyak Takbir dan Dzikir
Ilustrasi Berdzikir Credit: shutterstock.com

Kemudian membaca doa setelah sholat.

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad dalam tulisan arab 

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad."

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku’ana wa sujudana wa qu’udana wa tadharru’ana wa takhasysyu’ana wa ta’abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal alamin.

Artinya: “Ya Allah, terimalah sholat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rebah kami, kerendahdirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama kami menunaikan sholat Ya Allah, Tuhan Seru sekalian Alam.”

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba'dal maut.Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indal hisab.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).”

رَبَّنَاا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaar.

Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka."

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma'iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Artinya: "Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Wallahu a’lam.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya