Air Sungai di Tiongkok Mendadak Berwarna Merah Darah

Air sungai Huizhou di Tiongkok mendadak menjadi berwarna merah darah.

oleh Aria Sankhyaadi diperbarui 12 Jun 2014, 13:28 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2014, 13:28 WIB
Air Sungai di Cina Berwarna Merah Darah
Air sungai Huizhou di China mendadak menjadi berwarna merah darah.

Liputan6.com, Huizhou Huizhou, sebuah sungai di Tiongkok yang awalnya dikenal sebagai sungai dengan air yang jernih, kini warna air di sungai tersebut tiba-tiba berubah menjadi warna merah darah.

Seperti yang dilansir dari Rocketnews24.com, Kamis (12/6/2014), setelah diselidiki lebih lanjut, air sungai ini berubah warna menjadi merah darah karena adanya pencemaran polusi, padahal sebelumnya daerah ini dikenal sebagai objek wisata para turis.

Perubahan warna ini awalnya terjadi pada 11 Mei lalu, di mana setelah terjadi hujan, seorang fotografer tak sengaja melihat air sungai yang awalnya jernih ini tiba-tiba saja berubah menjadi merah darah. Ia kemudian mengabadikan kejadian tersebut dengan kameranya lalu mengunggah fotonya ke internet.

Pemerintah setempat pun hingga kini kabarnya telah meminta bantuan kepada para spesialis peneliti lingkungan untuk meneliti alasan kemungkinan perubahan warna sungai tersebut.

Menurut dugaan sementara, buangan limbah pabrik yang bereaksi dengan air hujan lah yang membuat warna air sungai tersebut berubah menjadi warna merah darah.

Dan yang paling menyedihkan, kejadian ini ternyata bukan untuk pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, sungai ini juga pernah berubah warna menjadi biru pekat, yang diduga terjadi karena pencemaran. (Ars/Liz)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya