4 Tips Pakai Kecap agar Masakan Anda Lebih Lezat

Mulai dari pakai api kecil, sampai kapan harus menambahkan, berikut deretan tips pakai kecap agar masakan lebih menggugah selera.

oleh Asnida Riani diperbarui 12 Nov 2018, 08:15 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2018, 08:15 WIB
kecap
Ilustrasi kecap./Copyright unsplash.com/caroline attwood

Liputan6.com, Jakarta - Kecap tentulah bukan bumbu yang asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Di berbagai masakan, penyedap yang terbuat dari olahan kacang kedelai ini kerap dipakai untuk memberi cita rasa manis dan mempertahankan kekhasan makanan.

Lantaran terlalu sering dipakai, Anda mungkin tak menyadari kalau sebenarnya ada cara untuk menggunakan kecap agar masakan yang dimasak jadi makin nikmat. Di antara beberapa, berikut sejumlah tips yang ingin Anda simak.

Masak dengan api kecil

Saat kecap ditambahkan pada olahan tumisan atau sayur, masak masakan tersebut dengan api kecil. Proses ini membuat kecap bisa meresap lebih sempurna. Juga, hidangan pun jadi tak cepat gosong.

Tambahkan kecap sebelum garam

Ini bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Tapi, kalau ingin bisa menghasilkan masakan yang pas di lidah, tambahkan kecap dulu sebelum garam. Karena manis dari kecap akan memberi rasa tersendiri pada makanan. Bila garam sudah lebih dulu ditambahkan, nantinya akan cukup menyulitkan saat mengoreksi rasa.

Tambahkan kecap terakhir saat masak nasi atau mi goreng

Ketika memasak mi atau nasi goreng, tambahkan kecap di saat terakhir saja. Dengan begini, warna hidangan akan lebih cantik karena kecap bisa terkaramel lebih sempurna dan tidak terlalu gosong. Gunakan api kecil ya agar mi atau nasi goreng tidak lengket.

Pilih kecap yang kental dengan warna cokelat kehitaman

Kecap yang berkualitas bagus biasanya akan memiliki tekstur kental dengan warna cokelat kehitaman. Rasanya pun tidak getir. Dengan memakai kecap berkualitas terbaik akan sangat memudahkan Anda mengolah dan menciptakan hidangan yang lezat. (Endah Wijayanti)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya