6 Manfaat Mengejutkan Si Cantik Buah Bit

Buah bit adalah jenis tanaman umbi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

oleh Putu Elmira diperbarui 28 Okt 2019, 06:02 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2019, 06:02 WIB
6 Manfaat Mengejutkan Si Cantik Buah Bit
Ilustrasi Buah Bit (Sumber: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Nama buah bit memang tidak familiar, tapi manfaat dari buah ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Buah bit adalah tanaman sejenis umbi yang bentuknya hampir mirip bawang bombay. Warnanya ungu kemerahan dan memiliki kandungan karbohidrat tinggi tapi rendah kalori.

Buah ini dikenal sangat bagus dikonsumsi seseorang yang sedang diet. Walaupun daunnya bisa dimasak, akar pohon atau umbinya lah yang lebih banyak dikonsumsi. Umumnya daging buah dibuat menjadi jus atau salad, dan warna ungu pekatnya sering dijadikan pewarna untuk makanan-makanan lembut seperti donat atau kue bolu.

Rasa buah ini sedikit aneh. Jika Anda mengolahnya menjadi jus atau dimakan langsung menjadi salad, rasanya langu dan beberapa orang mengatakan 'bau tanah'.

Meski begitu, jangan sampai hal itu menghalangi Anda mengonsumsi buah bit lantaran manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan. Liputan6.com merangkum enam di antaranya untuk Anda dari berbagai sumber.

1. Mengandung Antioksidan

Buah bit mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikan bebas yang berbahaya dalam tubuh.

Senyawa ini juga mencegah terjadinya stres oksidatif dalam tubuh. Beberapa penlitian bahkan menyebutkan bahwa risiko penyakit jantung dan diabetes dapat diminimalisir dengan asupan antioksidan.

Selain antioksidan, buah bit juga mengandung fitonutrien yang berperan untuk melawan penyakit, dan meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Ia juga mengandung zat betalain yang mampu membantu mencerahkan warna kulit dan membantu melindungi perkembangan sel kanker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


2. Detoks Alami

2. Detoks Alami
Jus bit (sumber: Unsplash)

Pada umumnya, tubuh bisa mengeluarkan racun sendiri karena tubuh kita memiliki organ detoks ginjal yang berfungsi menyaring darah dan menghasilkan air seni. Fungi buah bit ini adalah membantu memaksimalkan kerja organ, terutama ginjal dan hati.

Sebuah penelitian di Polandia yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research menguji seekor tikus yang sudah mengalami kerusakan sel di tubuhnya. Kemudian peneliti memberikan buah bit secara rutin selama beberapa minggu. Hasilnya, kadar enzimnya menjadi baik dan organ detoknya maksimal bekerja membuang racun.

Untuk semakin mengingkatkan fungsinya, Anda bisa mengombinasikan jus bit dengan wortel dan mentimun. Kombinasi tersebut sangat baik membersihkan ginjal dan hati dari timbunan racun.

3. Mengurangi Masalah Pencernaan

Secangkir jus buah bit mengandung hingga 3.8 gram serat. Kandungan serat berfungsi membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Selain itu juga dapat membantu melunakkan tinja, sehingga membuat BAB Anda nyaman dan teratur.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa kandungan serat bisa membantu melancarkan proses pencernaan agar tidak terjadinya infeksi pada usus, wasir, dan GERD (gastroephageal reflux disease) atau penyakit asam lambung. Minum jus bit ditambah satu sendok madu di pagi hari sebelum sarapan juga bisa mengurangi kembung di perut.


4. Mencegah Hipertensi

4. Mencegah Hipertensi
Ilustrasi Salad Buah Bit (Sumber: Unsplash)

Hasil penelitian dari Barts and London School of Medicine dan Penincula Medical School, minum jus buah bit dapat mencegah terjadinya hipertensi. Ini karena buat bit kaya akan kandungan nitrat. Bukan hanya hipertensi, kandungan ini juga dapat memelihara kesehatan jantung.

Untuk memaksimalkan kerja nitrat, biasanya buah bit dibuat salad agar bisa dimakan bersama sayuran hijau lainnya yang kaya akan kandungan nitrat juga. Bahkan kalau ditambah dengan sayuran hijau, manfaatnya bertambah untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Meningkatkan Stamina

Penelitian di Universitas Exter di Inggris menyatakan bahwa minum jus bit bisa membantu menjaga stamina saat berolahraga, biasanya dikonsumsi atlet. Stamina bisa bertambah 16 persen lebih kuat karena kandungan nitrat mengurangi pembakaran oksigen saat berolahraga. Jadi, rasa lelah tidak terasa.

Buah bit menjadi salah satu makanan rutin atlet. Selain kandungan nitrat untuk mengurangi rasa lelah saat berolahraga, buah ini juga menjaga tubuh untuk diet alami. Pasalnya, buah bit mengandung tinggi karbohidrat, namun rendak lemak dan kalori.

6. Pewarna Alami

Buah bit memiliki warna ungu kemerahan yang sangat pekat. Tak heran kalau akarnya di jus bisa menjadi salah satu pewarna alami untuk makanan hingga rambut. Beberapa olahan makanan seperti donat, kue bolu, atau klepon yang jarang sekali yang berwarna merah, bisa berwarna merah tanpa menggunakan pewarna buatan.

Selain itu, Anda juga bisa memadukan warna buah bit sebagai warna gradasi pada rambut Anda. Umumnya, orang memberi warna hitam dahulu pada rambut, baru setelahnya jus akar bit ini dicampurkannya. Hasilnya warna merah pada rambut menjadi cerah dan alami. (Ossid Duha Jussas Salma)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya