Maskapai Korea Utara Air Koryo Jadi yang Terburuk di Dunia

Maskapai Korea Utara Air Koryo menjadi satu-satunya maskapai di dunia yang mendapat bintang 1.

oleh Henry diperbarui 10 Sep 2020, 21:02 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2020, 21:02 WIB
Alasan Maskapai Korea Utara Air Koryo Jadi yang Terburuk di Dunia
Alasan Maskapai Korea Utara Air Koryo Jadi yang Terburuk di Dunia. (dok.Instagram @air_koryo_/https://www.instagram.com/p/BwXNX0pAAXG/Henry)

Liputan6.com, Jakarta -  Selama ini, berbagai hal yang berhubungan dengan Korea Utara terkesan sangat tertutup. Tentunya itu sangat berbeda dengan negara tetangga mereka, Korea Selatan yang sangat terbuka.

Negara yang dipimpin Kim Jong Un ini menerapkan berbagai larangan kepada warga negaranya dan tertutup dengan negara luar. Meski begitu, Korea Utara tidak luput jadi tujuan destinasi wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang ingin mengetahui bagaimana kehidupan di negara komunis itu.

Untuk menuju ke sana, Korea Utara hanya dapat dijangkau dengan satu maskapai penerbangan, yaitu Air Koryo. Air Koryo adalah maskapai Korea Utara yang hanya membuka rute penerbangan menuju China dan Rusia. Rute penerbangan internasional mereka cuma ke Beijing dan Vladivostok (Rusia).

Maskapai ini setiap harinya hanya melayani kurang dari 10 penerbangan reguler, baik domestik maupun international. Dilansir dari laman dari Business Insider, Air Koryo merupakan perusahaan milik negara atau BUMN yang didirikan di era Kepemimpinan Kim Jong Il atau ayah dari Kim Jong Un.

Air Koryo yang didirikan pada 1955 saat itu menjadi satu maskapai dari Korea Utara yang cukup dipandang oleh dunia luar. Namun saat ini, kondisinya sudah jauh berbeda.

Air Koryo dinobatkan sebagai yang terburuk di dunia oleh situs penerbangan Skytrax selama lima tahun terakhir berturut-turut. Mereka menjadi satu-satunya maskapai di dunia yang mendapat rating bintang 1. Parameter yang membuat Air Koryo menjadi maskapai terburuk adalah fasilitas yang diberikan kepada penumpang selama penerbangan.

Mereka memberikan surat kabar yang penuh berita propaganda khas Korea Utara dan musik kenegaraan yang diputar secara berulang. Bukan itu saja, Air Koryo juga hanya menampilkan video klip 'girlband' favorite Kim Jong Un, yaitu Moranbong.

Layanan makanan di Air Koryo juga dinilai biasa-biasa saja, bahkan ada yang menilai hampir tidak bisa dimakan. Untuk penerbangan kelas ekonomi, penumpang akan disajikan “The Mystery Burger”, burger misterius ini sudah cukup terkenal di kalangan traveler.

Bukan karena kelezatannya, tapi lantaran rasa dan isi dalam burger tersebut tidak jelas dan kurang layak dimakan. Padahal, aspek makanan salah satu yang terpenting di sebuah penerbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Jarang Kecelakaan

Layanan pramugari dalam kabin Koryo Air Korea Utara
Layanan pramugari dalam kabin Koryo Air Korea Utara (Twitter/ @misskimpyongya1)

Selain layanan makanan, armada yang digunakan maskapai ini juga terbilang cukup buruk. Dalam melayani jalur penerbangan, Air Koryo memiliki 15 pesawat komersil buatan Rusia.

Salah satu pesawat milik Air Koryo adalah jenis Ilyushin Il-62 P-885, versi dari II-62 yang aslinya dibuat pada 1960-an. Pesawat tipe ini pernah mengalami 10 kali kecelakaan, namun hanya dua kecelakaan yang fatal.

Pesawat lawas seperti itu punya suara mesin yang bising, fasilitas yang kurang baik dan peralatan yang belum modern. Kondisi pesawat yang sudah usang membuat Air Koryo jadi maskapai terburuk di dunia. Selain itu, selama 20 tahun terakhir Air Koryo tak pernah membeli pesawat. Namun kabarnya, kini Air Koryo mulai memperbaharui armada mereka.

Meski dianggap punya banyak kekurangan seperti pelayanan dan pesawat yang digunakan usang, pesawat yang dimiliki Air Koryo jarang mengalami kecelakaan. Maskapai Korea Utara itu belum pernah pernah mengalami kecelakaan sejak 2006 dan tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak 1983. Ada yang tertarik naik Air Koryo?

Infografis Penerbangan Murah di Terminal 2 Soekarno-Hatta
Infografis Penerbangan Murah di Terminal 2 Soekarno-Hatta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya