Pria Korea Dihukum Penjara Akibat Turunkan Berat Badan 3 Kilogram untuk Hindari Wajib Militer

Pria Korea Selatan itu mengaku berat badannya turun alami, tapi pengadilan militer menyatakan ia memanipulasi agar terhindar dari wajib militer.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jun 2021, 13:32 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2021, 13:32 WIB
Pria Korea Dipenjara Akibat Turunkan Berat Badan 3 Kilogram untuk Hindari Wajib Militer
Ilustrasi wajib militer. (Ilustrasi Wajib Militer. (Dok. RODNAE Productions/Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria di Korea Selatan berusia 20 tahunan dijatuhi hukuman penjara karena menghindari wajib militer, menurut laporan Koran Seoul. Melansir Koreaboo, Kamis, 3 Juni 2021, dilaporkan bahwa pria berinisial A memiliki berat badan 49,2 kg dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) 17,3 pada tes wajib militer pertamanya.

Tes layanan pertamanya dilakukan pada Juni 2016 dan pada saat itu, ia memenuhi syarat untuk melayani sebagai tentara tugas aktif karena BMI-nya melebihi 17. Sejak itu, militer mengubah aturan mereka dan BMI minimum yang diterima sekarang menjadi 16.

Masalah muncul beberapa bulan kemudian pada Oktober 2016, ketika A menyelesaikan tes dinas militer keduanya. Kali ini, A memiliki berat badan yang turun tiga kilogram menjadi 46,4 kg sehingga BMI-nya tercatat 16,4.

Karena BMI-nya di bawah minimum 17, ia diklasifikasikan sebagai pekerja sosial kelas 4, bukan sebagai tentara tugas aktif. Itu berarti dia dibebaskan dari kewajiban wajib militernya.

Namun, Administrasi Tenaga Kerja Militer (MMA) kemudian menyelidiki kasus ini karena A menunjukkan penurunan berat badan yang tidak wajar. Setelah melakukan tes wajib militer lainnya pada Agustus 2018, berat badan A tercatat 50,4 kg dengan BMI 17,7. Temuan itu mengonfirmasi kecurigaan MMA bahwa A sengaja menurunkan berat badan untuk menghindari wajib militer. Informasi ini terungkap saat persidangan pertamanya, ketika dia didakwa melanggar Undang-Undang Dinas Militer.

"BMI Tuan A melebihi 17 selama tahun-tahun sekolah menengahnya. Dia sengaja menurunkan berat badan untuk mengubah kelas dinas militernya. Kami memiliki pesan teks sebagai bukti," kata Pengadilan Distrik Daejeon.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Pembelaan Si Pria

Memulai Topik Pembicaraan dengan Mengomentari Bentuk Tubuh
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Penuntut meminta agar A dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan, serta 2 tahun masa percobaan. Namun, A mengajukan banding atas hukumannya dengan menyatakan bahwa penurunan berat badannya tidak disengaja karena pekerjaan paruh waktu.

"Saya mulai bekerja paruh waktu di malam hari, jadi saya kehilangan berat badan secara alami," kata A.

Terlepas dari bandingnya, Pengadilan Distrik Daejeon mempertahankan hukuman awal jaksa dan menyatakan, "Tuan A kehilangan berat badan setelah mengetahui bahwa ia bisa menjadi pekerja sosial kelas 4. BMI-nya hanya sementara di bawah persyaratan minimum 17 setelah pemeriksaan pertamanya."

Mengenai hukumannya, pengadilan memutuskan bahwa, "Terdakwa lebih kurus dan beratnya lebih ringan dari biasanya. Karena fakta-fakta ini, hukuman itu pantas mengingat penipuannya terhadap administrasi dinas militer." (Jihan Karina Lasena)


Idol K-Pop Saat Wamil

[Bintang] Infografis Idol K-Pop pada Wamil
Wajib Militer yang menjadi keharusan di Korea kerap menjadi problem di dunia K-Pop. (Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya