BTS Rayakan Plakat 1 Miliar Streaming Spotify dengan Makan di Atasnya, Pilih Kuliner Tidak Biasa

Bibimbap dipilih sebagai kuliner yang disantap BTS untuk merayakan plakat 1 miliar streaming Spotify.

oleh Asnida Riani diperbarui 16 Mar 2022, 21:02 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2022, 21:02 WIB
BTS
BTS rayakan plakat 1 miliar streaming Spotify. (dok. tangkapan layar YouTube BANGTANTV)

Liputan6.com, Jakarta - BTS memilih perayaan plakat 1 miliar streaming Spotify dengan cara menyenangkan. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook memakan hidangan selebrasi yang ditaruh di atas plakat tersebut.

Mengutip Soompi, Rabu (16/3/2022), hit BTS Dynamite melampaui satu miliar streaming di Spotify, tahun lalu. Angka itu membuat Dynamite jadi lagu pertama oleh artis Korea yang mencetak tonggak sejarah di streaming platform.

Pada Selasa, 15 Maret 2022, grup tersebut membagikan video perayaan setelah menerima plakat resmi dari Spotify untuk memperingati pencapaian lagu tersebut. Sesuai tradisi tidak resmi yang dimulai artis seperti Drake, Halsey, dan Joe Jonas, Bangtan Sonyeondan memilih makan dari plakat mereka untuk merayakannya.

Makanan yang dipilih pun bukan kuliner biasa, melainkan sajikan Korea dengan sejarah panjang: bibimbap. Melansir situs web Bibimbap Globalization Foundation, bibimbap adalah salah satu makanan terbaik dari Dinasti Joseon bersama Pyeongyang naengmyeon dan Gaeseong Tangban.

Bibimbap tercatat sebagai goldongban. Keberadaannya muncul lebih awal karena namanya sebagai goldongban dikonfirmasi melalui catatan yang berkaitan dengan tokoh-tokoh pada masa pemerintahan Raja Sejo (1455-1468), periode awal Dinasti Joseon.

Sastra yang mengacu pada bibimbap dalam bahasa Hangul adalah Siuijeonseo yang ditulis pada akhir tahun 1800-an. Dalam karya ini, bibimbap dicatat sebagai bubimbap dan goldongban.

Kata "gol" dalam goldongban berarti mencampur, sedangkan "dong" artinya menjaga. "Goldong" berarti mencampurkan berbagai bahan. Jadi, goldongban berarti masakan yang mencampurkan berbagai macam makanan dengan nasi yang sudah matang.

Sajian ini faktanya mengalami beberapa perubahan nama. Pertama, Goldongjiban. Pada masa pemerintahan Raja Sunjo, raja ke-23 Dinasti Joseon, istilah goldongban muncul dalam volume Dongjidal Dongguksaesigi (1849) yang ditulis Hong Seok Mo.

Lalu, Bubimbap. Ditulis penulis yang tidak dikenal, manuskripnya, Siuijeonseo (akhir 1800-an), salah satu literatur makanan paling representatif dari keluarga bangsawan, mengacu pada bubimbap. Kata Sino-Korea "gol" berarti pusing, "dong" berarti bibimbap.

"Goldong" berarti mencampurkan berbagai bahan makanan. Dalam Joseon Yori-Jebeop yang ditulis Bang Sin Young, hidangan ini tercatat sebagai bubimbap. Sejak diterbitkan pertama kali pada 1917, buku ini telah diperluas dan dicetak ulang jadi lebih dari sembilan edisi pada 1939.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hingga Disebut Bibimbap

BTS makan bibimbap di atas plakat dari Spotify. (Instagram/ bts.bighitofficial)
BTS makan bibimbap di atas plakat dari Spotify. (Instagram/ bts.bighitofficial)

Saat ini, nama bibimbap lah yang digunakan. Dari segi literatur, nama bibimbap memang telah berubah berkali-kali. Namun, tidak ada perbedaan dalam arti mencampurkan berbagai makanan dengan nasi.

Bahan-bahan yang digunakan dalam bibimbap telah berubah secara signifikan selama 100 tahun antara 1800-an dan 1900-an. Selama periode 100 tahun tersebut, tidak hanya produksi bahan makanan yang meningkat, diyakini bahwa budaya makanan Korea ditetapkan selama periode itu.


Makanan Bangsawan?

Ilustrasi
Ilustrasi kuliner Korea Selatan, bibimbap. (dok. pexels/Becerra Govea Photo)

Makanan Kerajaan

Dalam sura, yang disebut sebagai santapan raja pada masa Dinasti Joseon, ada empat jenis yang berbeda yaitu sura putih, sura kacang merah, sura lima butir dan bibim. Bibimbap dianggap sebagai santapan raja untuk makan siang atau saat keluarga kerajaan pergi ke istana.

Makanan Perayaan

Bibimbap dianggap berasal dari upacara sin-in gongsik. Artinya, makanan yang diatur dalam berbagai perayaan dan upacara leluhur, yang berlangsung dalam masyarakat tradisional, dibagikan pada roh leluhur.

Makanan Musim Bertani

Selama musim bertani, makanan disajikan berkali-kali sepanjang hari. Bibimbap dianggap berasal dari pencampuran berbagai hidangan dalam satu mangkuk karena sulit untuk menyiapkan meja yang disiapkan dengan baik untuk setiap kali makan dan membawa piring dalam jumlah yang cukup.


BTS di Grammy Awards

BTS di Karpet Merah Grammy
Boyband Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS menghadiri perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Minggu (10/2). Beberapa member seperti J-Hope, Suga, Jin dan Jongkook memilih mengenakan dasi kupu-kupu. (Jordan Strauss/Invision/AP)

BTS sendiri dipastikan naik panggung Grammy Awards 2022 sebagai penampil. Recording Academy secara resmi mengumumkan daftar penampil pertama untuk Grammy Awards tahunan ke-64 mendatang.

Grup yang debut pada 2013 ini pun jadi salah satu artis yang tampil di acara tahun ini. Mereka bergabung dengan barisan bintang, termasuk Billie Eilish, Olivia Rodrigo, Lil Nas X dengan Jack Harlow, Brandi Carlile, dan Brothers Osborne.

Sama seperti semua penampil lain yang diumumkan sejauh ini, BTS merupakan salah satu nominee Grammy Awards tahun ini. Lagu hit Butter dinominasikan untuk Best Pop Duo/Group Performance, menandai nominasi kedua RM cs dalam kategori tersebut.


Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya