Selera Fesyen Putri Diana yang Menginspirasi Gaya Generasi Z

Selera fesyen Putri Diana tak lekang oleh waktu meski ia sudah meninggal 25 tahun lalu.

oleh Elly Purnama diperbarui 02 Sep 2022, 13:03 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2022, 13:03 WIB
Princess Diana (0)
Putri Diana biasanya tidak peduli dengan segala omongan tentangnya, tapi lain ceritanya kalau omongan itu berkaitan dengan putra-putranya. (Sumber Pinterest dan LFI/Photoshot)

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah meninggal seperempat abad lalu, pengaruh Putri Diana kepada dunia tetap besar. Selain cerita humanisnya saat berinteraksi dengan masyarakat terpinggirkan, selera fesyennya juga kerap jadi pembahasan, bahkan terus menginspirasi anak-anak muda generasi Z.

Sosok Lady Di seakan terus dihidupkan lewat berbagai medium, dari film Spencer, serial The Crown, hingga film dokumenter HBO Max, The Princess. Hal itu membantu mengenalkan sosok ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry kepada kaum yang lebih muda, seperti milenial dan bahkan Gen Z yang lahir setelah kematiannya pada 1997.

The Crown misalnya, memberi perhatian khusus dalam pembuatan kostum gaun pengantin yang dikenakan aktris Emma Corrin. Amy Roberts sang desainer kostum sampai berkonsultasi langsung dengan David dan Elizabeth Emmanuel, desainer asli gaun pengantin Putri Diana.

Ia lalu mereplikasi gaun pengantin dengan ekor sepanjang 25 kaki. Serial itu menginterpretasi tampilan sang pengantin dengan musik yang tidak menyenangkan dan sorotan media Inggris yang menakutkan hingga mengubah cara memandang publik atas busana Diana hari ini.

Mengutip laman CNN, Kamis, 1 September 2022, jangan lupakan dengan gaun hitam mini yang disebut sebagai revenge dress (gaun balas dendam) yang dikenakan Diana. Gaun rancangan Christina Stambolian itu dikenakan sang putri saat menghadiri acara makan malam di Galeri Serpentine di Taman Bunga Kensington pada 1994, tak lama setelah Pangeran Charles mengakui perselingkuhannya ke publik.

Belum lagi dengan gaun beludru biru yang dikenakan Diana ke Gedung Putih pada 1985. Desainnya disebut tak lekang oleh waktu, bahkan dikreasikan ulang untuk dikenakan oleh menantunya.

Di luar deretan busana formal, gaya streetwear Putri Diana juga memberi inspirasi. Pakaian sporty dan santai ala tahun 80an dan 90an kini kerap ditiru Gen Z. Diana sering difoto dengan mengenakan kaus gombrong, celana sepeda, sepatu kets chunky, kacamata hitam, anting-anting-anting vintage, yang dipadukan tas keluaran rumah mode mewah, saat hendak ke gym atau menghadiri pertandingan polo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diikuti Para Seleb

Gaun pengantin ikonik
Gaun Pengantin Diana, Princess of Wales. Sumber : brightside.me.

"Kesanku yang paling kuat tentang gayanya adalah bumping di Harbour Club," kenang desainer Inggris Amanda Wakeley dalam retrospektif Vogue Inggris tahun 2020 tentang gaya Diana. 

"Dia mengenakan perlengkapan olahraganya dan dia mengenakan salah satu kaus kasmirku dengan manset satin di atasnya. Bagiku itu adalah citra dirinya yang sangat sempurna,” sambungnya.

Dalam penyebaran fesyen 2019 yang banyak direferensikan untuk Vogue Paris, Hailey Bieber memberi penghormatan kepada tren topi berlogo, sweater universitas, dan anting-anting mutiara dan emas besar. "Semua pujian dan inspirasi untuk Princess Diana yang luar biasa cantik dan bergaya ikonik, yang telah aku cari untuk inspirasi gaya selama yang aku ingat," tulis Bieber di Instagram bersama pilihan gambar dari pemotretan. 

"Terima kasih telah meninggalkan warisan fashion dan gaya yang ikonis,” tambahnya.

Di Instagram, tokoh populer seperti Stephanie Yeboah, Melissa Soldera, dan Liv Phyland juga mengikuti tren dengan menciptakan kembali gaya Diana. "Kami menyukai pakaian yang mempromosikan gaya serta kenyamanan," kata Yeboah kepada CNN tentang pakaian olahraga Diana, mencatat bahwa perubahan pada pilihan fesyennya tampaknya mencerminkan rasa percaya dirinya yang semakin besar.

"Pertumbuhan kepercayaan diri yang dicerminkan oleh pakaianmu adalah sesuatu yang sangat aku sukai, menjadi orang berukuran plus dan perlahan-lahan melihat perubahan dalam pakaian saya (sendiri) setelah mendapatkan kepercayaan diri yang saya butuhkan," kata Yeboah dalam sebuah email.


Merambah Media Sosial

Princess Diana Vogue 1991
Cover majalah Princess Diana Vogue 1991

Di TikTok, pengguna seperti Taylor Hage telah membagikan tutorial tentang cara membuat ulang pakaian tertentu. Sebuah video terbaru dari Hage berfokus pada pakaian yang banyak direferensikan yang dikenakan oleh Diana ke Guards Polo Club di Windsor pada 1988.

"Kita semua pernah melihat penampilan Princess Diana ini," Hage memberi tahu audiensnya yang terdiri dari 1,6 juta pengikut, sebelum menawarkan interpretasinya - jeans lurus, sweter crewneck netral, blazer ("jika kamu tidak memilikinya, hematlah, pinjam satu dari ayahmu, pinjam satu dari saudara laki-lakimu, pacar, apa pun," katanya, "itu penting") dan sepatu bot Western.

Sementara, pengguna TikTok @simplesmurf membuat "Princess Diana Stan acc" yang mendedikasikan akun itu untuk sang putri. Mayoritas video mengangkat tema vintage lewat serangkaian sweter dan pakaian lain yang dikenakan atau terinspirasi oleh Diana, sambil berbagi hal baru tentang temuan akhir-akhir ini dari toko barang bekas dan penjual pakaian vintage saat mereka mengembangkan koleksi lebih lanjut.

Di tengah tumbuhnya nostalgia untuk fashion dan budaya pop 80-an, sebagian berkat acara seperti "Stranger Things" dan desain klasik dari merek mewah seperti Chanel, tidak mengherankan jika fesyen Diana telah menarik minat baru. Untuk penggemar fashion seperti @simplesmurf TikTok, yang menyebut Princess Diana sebagai “the blueprint”, pakaian Princess Diana adalah bentuk sejarah fashion.

 "Ikon yang luar biasa," tulis pengguna dalam sebuah unggahan baru-baru ini.

Elemen pakaian Princess Diana juga diserap oleh Tiktokers sebagai estetika "Old Money", yakni gaya aspiratif yang memadukan gaya vintage dan rapi, meniru mereka yang terlahir kaya dan memiliki hak istimewa. Diana bahkan juga dijuluki "Sloane Ranger" terbaik, istilah yang mengacu pada lingkungan Sloane Square London dan stereotip wanita kelas menengah ke atas yang biasanya tinggal di sana.


Inspirasi yang Membekas

[Bintang] Princess Dana
Princess Diana dikabarkan miliki bau napas tak sedap karena pernah bulimia. (Birmingham Mail)

Diana semasa hidup dikenal sebagai pendobrak gaya tradisional bangsawan Kerajaan Inggris lewat beragam gaya yang ditampilkannya. Hal tersebut khususnya selama tahun-tahun setelah perceraiannya dari Pangeran Charles, beresonasi dengan kaum muda modis yang ingin menegaskan individualitas mereka.

Berbicara kepada CNN tahun lalu, peneliti fashion Eloise Moran menjelaskan kekuatan "revenge dress" Diana, yang dikenakannya pada hari yang sama saat Pangeran Charles mengakui perselingkuhan. "Aku pikir itu adalah garis yang ditarik di mana dia memegang kendali, dan dia menunjukkan itu kepada semua orang," kata Moran. "Kamu benar-benar dapat membuat orang takut padamu - atau terintimidasi olehmu, atau menghormati kamu, atau apa pun itu - melalui pakaian."

Pakaian lain yang juga menciptakan gelombang dalam beberapa tahun terakhir adalah sweter rajut merah terang berpola domba putih dan hitam, yang dikenakan Diana ke pertandingan polo pada 1980. Diartikan secara luas sebagai pesan halus bahwa dia merasa seperti orang luar - atau "kambing hitam. Sweater itu diberi kehidupan baru ketika merek pakaian Rowing Blazers mendekati desainer aslinya, label Warm & Wonderful, untuk meluncurkan kembali karya tersebut pada 2020.

Pada saat itu, direktur kreatif Rowing Blazers Jack L. Carson mengatakan kepada CNN, bahwa penjualan mereka sangat sukses. Stok sweater yang direncanakan terjual dalam tiga bulan, nyatanya habis dibeli hanya dalam 1,5 jam, setelah item itu menjadi viral secara online. Sejak itu polanya juga muncul di handuk teh, koper, dan rompi. Sweater asli kini menjadi koleksi permanen Museum Victoria & Albert di London. 

Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya