Pertama Kali Liburan ke Hanoi, Jangan Lupa Cicipi 5 Makanan Khas Vietnam Ini

Kelezatan makanan khas Vietnam menjadi salah satu daya tarik untuk mengeksplorasi negara yang dengan ibukota di Hanoi ini.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 21 Jan 2023, 09:21 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2023, 09:21 WIB
Swafoto di Jalur Kereta Hanoi
Wisatawan berswafoto di tengah jalur kereta api populer di Hanoi. Di ibu kota Vietnam tersebut rel-rel kereta yang berada di permukiman padat penduduk dijadikan destinasi wisata selfie. (Photo by Manan VATSYAYANA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Selain Indonesia, Singapura, dan Malaysia, Vietnam menjadi salah satu negara Asia Tenggara dengan destinasi terpopuler untuk berlibur. Tak hanya karena keindahan pantai-pantainya, kelezatan makanan khas Vietnam punya daya tarik lebih sehingga semakin semangat untuk mengeksplorasi negara yang dengan ibukota di Hanoi ini. 

Kuliner Vietnam diolah menggunakan bahan-bahan dan bumbu khas, menjadikannya memiliki cita rasa unik yang sekaligus bisa memanjakan lidah. Bahkan beberapa kulinernya sudah banyak dikenal dunia lho! Hal ini terbukti dari jumlah restoran Vietnam yang banyak ditemukan di berbagai negara, baik Asia, Amerika, maupun Eropa.

So, ini dia 5 makanan khas Vietnam yang wajib kamu coba saat berlibur ke sana! Buat traveler muslim perlu lebih selektif karena ada juga kuliner non halal.

1. Pho

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pho
Pho. (pexels/RODNAE Productions)

Selalu hadir dalam menu makanan, Pho merupakan makanan khas Vietnam yang sudah banyak dikenal orang. Di berbagai negara lain termasuk di Indonesia kamu takkan sulit menemukan hidangan kuliner khas Vietnam ini. Selain murah dan enak, makanan ini mudah ditemukan di setiap kota penjuru Vietnam. 

Pho merupakan makanan tradisional Vietnam berupa olahan kuliner mie beras bertekstur lembut yang dilengkapi irisan daging sapi serta sayur segar dan kuah kaldu sapi dengan racikan bumbu herbal yang membuat hidangan ini jadi lebih spesial. Untuk membuatnya semakin sedap, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan irisan cabai.

2. Goi Cuon

Goi Cuon
Goi Cuon. (Shutterstock/xuanhuongho)

Jika kamu pecinta makanan sehat atau vegetarian, makanan tradisional Goi Cuon atau lebih dikenal dengan sebutan spring rolls ini patut sekali dicoba. Pasalnya, makanan yang menyerupai lumpia ini terbuat dari kulit beras khas Vietnam berbentuk transparan yang dipadukan dengan isi sayur-sayuran, bihun, udang atau daging. 

Uniknya, spring rolls ini tidak digoreng, sehingga sensasi segar dan sehat dari makanan tersebut dapat langsung terasa di mulut. Sebagai pelengkap cita rasa, hidangan ini ditemani dengan bumbu kacang yang cocok ketika dimakan bersamaan. Coi Cuon memiliki sensasi rasa lezat serta menyegarkan.


3. Banh Xeo

3. Banh Xeo
Banh Xeo/taste.com

Berbeda dari sebelumnya, Banh Xeo merupakan jajanan tradisional khas Vietnam yang tak boleh dilewatkan. Terbuat dari tepung beras, santan, kunyit yang ditumis bersama daging, udang, dan toge, membuat kuliner khas asal Vietnam ini kerap disebut sebagai pancake khas Vietnam. Perpaduan tekstur renyah dan rasa gurih membuat makanan khas Vietnam satu ini populer dan banyak digemari. Supaya lebih nikmat, kamu bisa mencelupkan pancake ini ke dalam saus pedas.

4. Banh Mi

Banh Mi
Banh Mi/happyfoodstube.com

Rekomendasi selanjutnya adalah Banh Mi atau biasa disebut dengan Vietnamese Sandwich. Dikarenakan bentuknya menyerupai sandwich roti baguette, bisa dibilang makanan ini  mengadaptasi dari masakan Prancis. Banh Mi ini berisikan sayur-sayuran segar, seperti wortel, timun, lobak putih, dan seledri serta dilengkapi dengan daging ayam ataupun babi. Agar makin nikmat, jangan lupa dimakan bersamaan dengan saus pedas yang terbuat dari irisan cabai, sambal, dan kecap ikan.


5. Banh Cuon

5. Banh Cuon
Banh Cuon/hungryhuy.com

Makanan khas Vietnam terakhir yang wajib kamu cicipi adalah Banh Cuon. Terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus dengan isian mentimun, daun selada, dan irisan daging ayam, sapi, atau babi. Untuk membuat rasanya semakin nikmat, makanan khas Vietnam ini juga disajikan bersama bawang goreng renyah.

Tak ketinggalan, hidangan ini juga bisa kamu celupkan ke dalam saus yang terbuat dari kecap ikan. Kemudian, Banh Cuon biasanya juga dihidangkan dengan tempura udang, gorengan kacang hijau, dan sayuran seperti daun bawang atau tauge. 

Nah, dari lima makanan khas Vietnam di atas, mana nih yang sudah pernah kamu coba atau ingin dicoba? 

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya