6 Gaya Sri Mulyani Berkebaya, dari Acara Nikahan sampai Sidang MPR

Sri Mulyani yang digadang sebagai calon Gubernur BI kerap berkebaya di banyak kesempatan resmi.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 01 Feb 2023, 15:36 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2023, 15:18 WIB
Gaya Sri Mulyani saat berkebaya di Pernikahan Kaesang dan Erina
Gaya Sri Mulyani saat berkebaya di pernikahan Kaesang dan Erina. (Dok: Instagram @smindrawati)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani merupakan salah satu figur wanita cerdas dan kharismatik. Ia adalah orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia yang diembannya pada 1 Juni 2010 hingga dipanggil kembali Presiden Joko Widodo untuk masuk dalam jajaran menterinya sekarang. 

Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Rabu (1/1/2023) wanita bernama lengkap Sri Mulyani Indrawati diisukan jadi salah satu kandidat calon Gubernur BI atau Bank Indonesia menggantikan Perry Warjiyo yang sebentar lagi jabatannya akan berakhir pada Mei 2023 mendatang. 

Sebelum menjabat Menteri Keuangan, Sri Mulyani sudah pernah mengemban beberapa jabatan penting. Dia pernah menjabat Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu. Wanita yang akrab dengan panggilan Mbak Ani tersebut merupakan ekonom yang sering tampil di panggung-panggung seminar atau dikutip di berbagai media massa.

Jauh sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, bahkan Menkeu Sri Mulyani pernah menjadi penasehat bersama sejumlah ekonom terkemuka lain di wadah Dewan Ekonomi Nasional (DEN) pada era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Kemudian Sri Mulyani pertama kali ditunjuk untuk menjadi Menteri Keuangan pada 2005 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia juga merupakan seorang dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI). 

Selain kiprahnya di pemerintahan, melalui Instagram pribadinya ibu tiga anak ini juga kerap mengunggah potret dirinya saat menghadiri acara-acara penting. Di berbagai kesempatan resmi, Sri Mulyani pun tampil simpel dengan menggunakan kebaya seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Rabu (1/2/2023) berikut ini. 

1. Kebaya Jawa Merah Muda

Di gaya pertama, Sri Mulyani sempat memakai busana kebaya warna merah muda saat menghadiri pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Ia tampak anggun dengan tatanan rambut yang disanggul rapi berikut penggunaan aksesori bernuansa emas. Meski disanggul dan memakai makeup, kaca mata yang menjadi ciri khasnya tak ia lepas.

"Sudah rapi dandan dan sanggulan - memakai kebaya seragam warna pink dan siap berangkat “Jagong manten” @kaesangp dan @erinagudono di Puri Mangkunegaran - Surakarta," tulisnya di keterangan foto, dikutip, Rabu (1/2/2023).  

 


2. Kebaya Putih di HUT RI

Gaya Sri Mulyani berkebaya saat menghadiri Upacara 17 Agustus 2021 di Istana
Gaya Sri Mulyani berkebaya saat menghadiri Upacara 17 Agustus 2021 di Istana. (Dok: Instagram @smindrawati)

Dalam sebuah kesempatan saat Ulang Tahun RI ke-76, ia berfoto dengan latar istana negara bersama suaminya. Tampilannya tampak bersih dengan kebaya dengan palet putih berpotongan agak modern lewat kerah yang tak biasa dan kancing di bagian depannya. Sementara suaminya, Tonny Sumartono, mengenakan beskap bernuansa hitam dan peci, tampak serasi keduanya berfoto.

3. Kebaya Kutu Baru Hijau Beludru

Tampak berbeda dari sebelumnya, Sri Mulyani juga mengenakan kebaya hijau model kutu baru berbahan beludru saat menghadiri Malam Anugerah Piala Citra 2022 Festival Film Indonesia  pada 22 November 2022 lalu. "Saya memenuhi undangan untuk menghadiri Malam Anugerah Piala Citra 2022 Festival Film Indonesia @festivalfilmid - FFI," tulisnya di keterangan foto.

Ia pun mengungkapkan kesannya saat melihat prestasi dan semangat berkarya para pekerja perempuan perfilman dari mulai sutradara, produser, kameraman, penulis skrip, dan tentunya aktris hingga beragam elemen ekosistem perfilman lainnya.

"Mereka tidak hanya berprestasi di tanah air, mereka juga menyabet beragam penghargaan di tingkat global. Membanggakan!" tulisnya lagi.

 

Sri Mulyani saat berkebaya di acara Piala Citra 2022
Sri Mulyani saat berkebaya di acara resmi Piala Citra 2022. (Dok: Instagram @smindrawati)

4. Kebaya Jawa Peach Muda

Sri Mulyani saat menghadiri acara siraman Putri Tanjung
Sri Mulyani saat menghadiri acara siraman Putri Tanjung sebelum pernikahannya. (Dok: @smindrawati)

Sri Mulyani juga sempat mengenakan kebaya Jawa bernada peach muda saat menghadiri acara siraman Putri Tanjung. "Turut berbahagia dan selamat atas pernikahan @putri_tanjung dan Guindandra Jatikusumo. Semoga pasangan mempelai menjadi keluarga yang awet bahagia, saling kasih sayang dan merasa tenang bersama selamanya, menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah beserta keturunannya," tulisnya di keterangan foto. 

Kehadirannya tak lain, lantaran Chaerul Tanjung (CT) ayahnda Putri Tanjung sama-sama seperti Sri Mulyani saat masuk Universitas Indonesia tahun 1981. "Kalau pak CT masuk Fakultas Kedokteran Gigi, saya masuk Fakultas Ekonomi UI. Meski berbeda jurusan, dalam perjalanan hidup dan karier, pak CT dan saya sering saling berjumpa," ungkap Sri Mulyani. 

Dalam acara perkawinan Putri dan Guindandra yang menggunakan adat Jawa yang begitu indah, sakral dan khidmat, Sri Mulyani diundang sejak acara "siraman" mempelai perempuan. Ia pun turut menyaksikan ijab kabul dengan saksi mempelai perempuan adalah Presiden Jokowi dan untuk mempelai laki-laki adalah mantan Presiden SBY.

 

Sri Mulyani dengan semi kebaya yang dipadu kain batik
Sri Mulyani dengan semi kebaya yang dipadu kain batik. (Dok: Instagram @smindrawati)

5. Semi Kebaya Hijau dengan Batik

Sri Mulyani saat berkebaya kuning di undangan pernikahan
Sri Mulyani saat berkebaya kuning di undangan pernikahan. (Dok: Instagram @smindrawati)

Selanjutnya tampilan Sri Mulyani di acara tertentu terkadang juga mengenakan semi kebaya, namun tetap terlihat formal berkat paduan kain batik. "Di antara Dua Jendral Senior -@luhut.pandjaitan dan @dr_moeldoko. Menghadiri pembukaan masa sidang MPR DPR DPD dan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di Gedung Parlemen Senayan," tulis dia. 

6. Kebaya Kuning Loose

Pada 26 Mei 2022, saat menghadiri undangan pernikahan Sri Mulyani juga mengenakan kebaya palet kuning berbentuk loose panjang selurut yang dipadu selendang tenun perpaduan corak merah tua dan hijau. Tampilan kombinasi serasi tersebut ikut dilengkapi aksesori kalung yang eye catching

"Menghadiri undangan pernikahan Bapak Anwar Usman (Ketua Mahkamah Konstitusi) dan Ibu Idayati - di Graha Saba Buana - Kota Solo. Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga bahagia, tenang dan dan langgeng penuh rahmat Illahi selamanya - Sakinah Mawadah Warahmah. Turut berbahagia," tulisnya. 

 

Infografis The Big 4, Pekan Mode Bergengsi Dunia
Infografis The Big 4, Pekan Mode Bergengsi Dunia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya