Pengalaman Sandiaga Uno Jajal Kondisi Jalanan Lampung Saat Kunjungi Desa Wisata: Memang Perlu Perbaikan

Sandiaga Uno setidaknya dua kali mengunjungi desa wisata di Lampung. Selama itu, ia merasakan sendiri kondisi jalan rusak di Lampung yang perlu perbaikan.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 18 Apr 2023, 08:01 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 08:01 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Lampung sedang disorot tajam setelah Tiktoker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro mengkritisi kondisi infrastruktur di kampung halamannya yang tak kunjung membaik. Jalanan rusak di Lampung seolah dibiarkan meski sudah mengganggu kenyamanan dan keselamatan para pengguna.

Hal itu pula yang dirasakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno selama mengunjungi Lampung. Setidaknya dua kali ia mendatangi provinsi itu untuk melihat kondisi dua desa wisata, yakni Desa Wisata Rigis Jaya pada 2021 dan Pulau Pahawang pada 2022.

"Itu memang kondisi jalannya perlu perbaikan dan kita sebagai pemerintah ini masukan yang akan segera kami sampaikan, koordinasikan dengan Kementerian PUPR karena sudah ada Inpres jalan daerah," kata Sandiaga ditemui seusai Extended Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 17 April 2023.

Ia mengaku mengapresiasi masukan dari para warganet, termasuk Tiktoker, yang sudah mengangkat isu pelayanan publik itu agar menjadi perhatian. Menurut Sandi, pemerintah sudah mengalokasikan Rp32 triliun untuk pembangunan jalan di daerah di seluruh Indonesia yang bisa dimanfaatkan salah satunya untuk memperbaiki akses jalan di Lampung.

"Karena ini sangat vital ya, untuk menjangkau destinasi wisata dan menghubungkan sentra-sentra produksi dan distribusi. Lampung ini adalah tentunya salah satu provinsi yang memiliki banyak destinasi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif," ujar Sandi.

Lampung diketahui sudah mengoperasikan masjid di wilayah Bakauheni dan segera membuka Krakatau Park pada 22 April 2023 sebagai atraksi wisata baru. Ia berencana meresmikan tempat tersebut dan berharap bisa membantu mengatasi penumpukan di masa mudik Lebaran 2023.

"Kehadiran atraksi ini sangat penting karena memecah kepadatan dan memecah arus, baik arus pergi maupun pulang, sehingga tidak ada ketidaknyamanan. malah mereka bisa merasakan wisata yang menyenangkan sembari menunggu arus mudik lebih lancar dan saat mereka menunggu jadwal feri mereka," ia menerangkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pantai Jadi Destinasi Pilihan Utama Para Pemudik

Menparekraf) Sandiaga Uno di Pulau Pahawang Lampung
Menparekraf) Sandiaga Uno di Pulau Pahawang Lampung.  foto: dok. Kemenparekraf

Kemenparekraf menggelar survei untuk memetakan preferensi aktivitas para pemudik secara online yang akan berlangsung sampai 28 April 2023. Dari data sementara hingga 11 April 2023, sebanyak 77,6 responden menyatakan akan mudik selama libur lebaran 2023. Sebanyak 92 persen di antaranya akan berwisata.

"Berarti ini adalah peluang buat rekan-rekan semua dan 63,4 persen menyatakan merencanakan liburan mereka kurang dari 1 bulan sedangkan sisanya merencanakan lebih dari 1 bulan," kata Sandiaga.

Sebanyak 58,6 persen responden memilih lokasi tujuan wisata dalam kota domisili atau tujuan mudik, dan ada 42 persen yang di kabupaten lainnya. "Berarti ini potensi wisata Nusantara yang harus kita petakan dan durasi wisata dua sampai empat hari dan kita juga melihat moda transportasi terbanyak menggunakan kendaraan pribadi 74,6 persen," tambahnya.

Sandi menerangkan, "Ke mana mereka akan pergi? Preferensinya pantai, danau, dan laut 64 persen lebih, pusat kuliner 54 persen, pegunungan atau agrowisata 51 persen lebih, taman rekreasi 36 persen lebih dan desa wisata hampir mencapai 30 persen."

Menurut dia, tingginya minat masyarakat untuk memanfaatkan mudik sebagai ajang liburan dipicu oleh jumlah libur yang lebih panjang hingga relaksasi kebijakan pembatasan perjalanan. "Kami dengan asumsi basis pengeluaran wisatawan Nusantara saat mudik Lebaran periode 2019--2021 sekitar Rp1,94 juta per pax, maka diproyeksikan perputaran ekonomi sebesar naik dari angka estimasi awal Rp150 triliun ke Rp240,1 triliun," jelasnya.


Pantai-Pantai Favorit untuk Dikunjungi

Pulau Pahawang
Pulau Pahawang menjadi salah satu destinasi wisata alternatif bagi mereka yang ingin berpesta menyambut datangnya tahun baru. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya menguraikan sejumlah pantai yang diperkirakan akan dipadati pemudik di musim libur lebaran 2023. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, pemudik akan banyak pulang kampung ke Lampung dan Sumatera Barat.

Di Lampung, pantai yang jadi tujuan utama adalah Pantai Pesawaran, Pantai Mutun, dan Pahawang. Sementara, pantai-pantai di Sumatera Barat yang akan banyak dikunjungi adalah Pantai Air Manis, Pantai Padang, dan Pantai Pasie Jambak. Observasi juga dilakukan di Sulawesi Selatan yang menjadi tujuan mudik utama di wilayah timur Indonesia. Pantai yang paling diminati adalah Tanjung Bira dan Pulau Selayar.

Di luar itu, Menparekraf juga memprediksi Pantai Ancol dan pantai-pantai di pesisir Pulau Jawa akan dipenuhi para wisatawan. Pangandaran, Anyer, dan Carita adalah langganan utama pemudik. Begitu pula dengan Bali. Dengan prediksi pantai dikerumuni warga, ia menekankan pentingnya peningkatan standar keselamatan dan keamanan di berbagai pantai.

"Ada standar yang kita semakin giatkan. Kemarin kita habis dari Desa Wisata Bowele di Kabupaten Malang, di mana beberapa pemantauan kita kerja samakan dengan PMI dan life guard-life guard yang sudah diberikan pelatihan-pelatihan," ujarnya.

 


Dukungan Mahfud Md untuk Tiktoker Bima

Menyapa Pagi dengan Berkuda di Bibir Pantai Pangandaran
Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi semilir angin pantai pada pagi hari, berkuda bisa menjadi sarananya. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon).

Sementara itu, kritik yang dilayangkan Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro yang membuat kuping para pejabat di Lampung, termasuk Gubernur Arinal Djunaidi jadi berkepanjangan. Polisi diketahui mendatangi kediaman keluarga Bima di Ratna Daya, Raman Utara, Lampung Timur (Lamtim), Lampung, pada Jumat akhir pekan lalu.

Upaya menemui orangtua Bima adalah instruksi dari Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika. Belum lagi pelaporan oleh Gindha Ansori ke polisi dengan tuduhan Bima melanggar UU ITE. Ginda belakangan diketahui menjabat tim kuasa hukum Gubernur Lampung.

Dalam situasi pelik tersebut, Menkopolhukam Mahfud MD mendukung Bima dengan menyebut ia berhak mengkritik pembangunan di Lampung. "Bima punya hak konstitusional untuk menyatakan itu apalagi demi perbaikan (Lampung)," ujar Mahfud Md.

Mahfud mengatakan Bupati Lampung Timur mempunyai kewajiban moral sebagai pemimpin untuk menyerap aspirasi dan kritikan dari warganya. Terkait kabar bahwa adanya aparat penegak hukum (APH) yang terlibat intimidasi, Mahfud bakal mengeceknya.

"Tentu saya akan komunikasi kalau sampai ada APH ikut menekan. Nanti saya lakukan pendalaman," ujarnya.

Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata
Infografis Risiko Bencana di Daerah Wisata. (Dok: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya