Ratu Camilla Sebenarnya Tidak Ingin Pangeran Harry Hadiri Penobatan Raja Charles III

Ratu Camilla disebut setuju dengan Pangeran William bahwa Raja Charles III seharusnya mengusir Pangeran Harry dan Meghan Markle dari kerajaan sebagai pesan yang jelas tentang pengkhianatan mereka terhadap Kerajaan Inggris.

oleh Asnida Riani diperbarui 17 Mei 2023, 11:22 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 20:01 WIB
Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla
Raja Charles III dan Ratu Camillaberdiri setelah memasuki Westminster Abbey melalui Great West Door di pusat kota London pada 6 Mei 2023, menjelang penobatan mereka. (YUI MOK/POOL/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Raja Charles dilaporkan "muak" dengan keluhan Ratu Camilla tentang kehadiran Pangeran Harry di penobatan kerajaan, 6 Mei 2023. Marie Claire sebelumnya melaporkan, dikutip Selasa (16/5/2023), bahwa ratu "terluka" oleh komentar anak tirinya dalam memoar, Spare, dan wawancara untuk mempromosikannya.

Menurut OK, Camilla sama sekali tidak mengerti mengapa Harry diundang ke upacara itu, dan "Camilla setuju dengan Pangeran William bahwa ini adalah langkah tidak berdaya. Ia berpendapat Charles seharusnya mengusir Harry dan Meghan dari kerajaan sebagai pesan yang jelas tentang pengkhianatan mereka," kata seorang sumber.

"Ia yakin keputusan Charles telah melemahkan popularitas mereka," imbuhnya. Sementara, "Charles menganggap perilakunya (Camilla) mengganggu dan tidak sopan," tambah sumber itu. "Ia muak dan lelah dengan orang-orang yang mempertanyakan keputusannya dan mencoba melemahkannya."

Ketegangan di sekitar Istana dan Clarence House, tempat tinggal Raja Charles III dan Ratu Camilla, tampaknya tinggi, dan "Charles dan Camilla saling bersaksi," kata orang dalam itu. "Mereka tidak bisa duduk dan makan tanpa berdebat, dan mereka jadi (berlaku) sangat angkuh dengan staf."

Camilla dan Harry selalu "memiliki hubungan yang canggung," kata sumber itu. "Tidak seperti William, yang telah menerimanya, ia (Camilla) mengatakan Harry terus 'mencemarkan nama baiknya.' Camilla tidak akan pernah memaafkannya, dan akan ada hari-hari yang sulit di rumah tangga Raja karena pasangan kerajaan ini terus-menerus bertengkar."


Sempat Mengobrol dengan Raja Charles

Pangeran Harry Tiba di Westminster Abbey Seorang Diri
Pangeran Harry tiba untuk menghadiri upacara penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla Inggris, di Westminster Abbey, London, Sabtu (6/5/2023). (Phil Noble/Pool Photo via AP)

Menurut Us Weekly, Raja Charles dan Pangeran Harry sempat bertemu dan mengobrol pada malam sebelum penobatan. "Sepemahaman saya, ia (Harry) tidak berinteraksi dengan Pangeran atau Putri Wales, tapi berbicara dengan ayahnya pada malam sebelumnya," Nick Bullen, pemimpin redaksi True Royalty TV, mengatakan.

Harry tiba di Inggris pada Jumat, 5 Mei 2023, dan tidak ada yang tahu rencana Harry untuk Sabtu sore setelah upacara di Westminster Abbey hingga Sabtu pagi, kata Bullen.

"Sampai pagi, tidak ada yang benar-benar tahu apa rencana Harry sore itu," katanya. "Saya pikir semua orang tahu ia harus mengejar pesawat (pulang ke AS). Semua orang tahu ia berniat untuk pulang, tapi ada harapan, saya pikir, bahwa ia mungkin jadi bagian dari beberapa perayaan keluarga di Istana."

"Jadi, saya pikir ada kesedihan bahwa ia tidak menjadi bagian dari hari itu, tapi, Anda tahu, mereka semua tahu ia akan naik pesawat itu," ia menyambung.


Lewatkan Undangan Makan Siang dan Makan Malam

Pangeran Harry. (Ben Stansall/POOL photo via AP)
Pangeran Harry tiba untuk menghadiri upacara penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla Inggris, di Westminster Abbey, London, 6 Mei 2023. (Ben Stansall/POOL photo via AP)

Seperti dilaporkan Marie Claire sebelumnya, Pangeran Harry diundang makan siang di Istana Buckingham setelah upacara. Absennya Harry membuat Raja akhirnya hanya bersulang untuk cucunya, yang merupakan putra sulung Harry dan Meghan Markle, Pangeran Archie, yang kebetulan berusia empat tahun pada hari yang sama.

Selain melewatkan makan siang setelah upacara penobatan, tampaknya Harry juga melewatkan makan malam sebelum upacara pada malam sebelumnya, kata Bullen. "Ada makan malam pada Jumat malam di klub anggota pribadi di London bernama Oswald's yang dikunjungi banyak anggota keluarga lain," katanya.

"Keluarga York pergi ke sana, Putri Anne pergi ke sana bersama anak-anaknya. Banyak keluarga besar kerajaan menghadiri makan malam pribadi ini, dan tidak ada foto Harry tiba di acara makan malam itu. Sepertinya ia tidak pergi. Mungkin ia datang lewat pintu belakang, siapa tahu? Tapi tampaknya ia tetap sangat, sangat rendah hati selama keseluruhan acara (penobatan)."


Tidak Akan Kembali ke Inggris dalam Waktu Dekat

Sejumlah anggota keluarga Kerajaan Inggris muncul di balkon Istana Buckingham mendampingi Raja Charles III dan Ratu Camilla pada Sabtu 6 Mei 2023. (Dok. Leon Neal/AP)
Sejumlah anggota keluarga Kerajaan Inggris muncul di balkon Istana Buckingham mendampingi Raja Charles III dan Ratu Camilla pada Sabtu 6 Mei 2023. (Dok. Leon Neal/AP)

Diperkirakan perlu beberapa saat sebelum Pangeran Harry kembali ke Inggris, terutama karena rumahnya dan istrinya  di Inggris, Frogmore Cottage, bukan lagi milik mereka. "Tampaknya tidak ada alasan baginya untuk kembali ke London dalam waktu dekat," kata Bullen.

Ia melanjutkan, "Meghan jelas tidak menunjukkan minat untuk kembali. Tapi saya pikir, yang menarik adalah mungkin awal dari akhir interaksi Sussex dengan keluarga kerajaan."

Sebagaimana diketahui, Meghan memilih tinggal di California bersama anak-anak mereka Archie dan Putri Lilibet, dan Harry tiba di rumah Sabtu malam, 6 Mei 2023, untuk mengatar putranya yang berulang tahun tidur. Setelahnya, Duchess of Sussex terlihat melakukan hiking di California pada Minggu, 7 Mei 2023.

Melansir Page Six, 7 Mei 2023, ibu dua anak itu dilaporkan hiking selama 40 menit. Kedua anaknya tidak ikut bertualang di luar ruangan bersamanya. Wanita berusia 41 tahun itu hiking ditemani sahabatnya, Markus Anderson dan Heather Dorak.

Meghan terlihat tampil kasual dengan atasan longgar warna biru tua, sepatu hiking cokelat, dan bawahan pakaian olahraga, dengan jaket hijau diikatkan di pinggangnya. Mantan aktris itu melengkapi penampilannya dengan kacamata hitam berbingkai besar, syal, dan topi Panama putih.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya