Viral Karyawan Minimarket Dihina Tak Setara dengan Mantan yang Kuliah, Kini Berhasil Lulus Cum Laude

Ada beragam kisah menginspirasi yang muncul di jagat maya. Salah satu yang tengah viral adalah curahan hati seorang karyawan minimarket yang dahulu sempat dihina karena tak setara dengan mantan kekasihnya yang kuliah.

oleh Putu Elmira diperbarui 12 Sep 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2023, 07:00 WIB
Viral Karyawan Minimarket Dihina Tak Setara dengan Mantan yang Kuliah, Kini Berhasil Lulus Cum Laude
Viral Karyawan Minimarket Dihina Tak Setara dengan Mantan yang Kuliah, Kini Berhasil Lulus Cum Laude (Tangkapan Layar TikTok/deftatita)

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam kisah menginspirasi yang muncul di jagat maya. Salah satu yang tengah viral adalah curahan hati seorang karyawan minimarket yang dahulu sempat dihina karena tak setara dengan mantan kekasihnya yang kuliah.

Cerita ini dibagikan akun TikTok @deftatita yang mengunggah video singkat berdurasi 15 detik. Cuplikan video diawali dengan potretnya berbalut seragam lengkap dengan name tag yang menggantung di saku baju.

"Anak saya kuliah di PTS mana pantes sama kamu. Kamu cuma karyawan toko, kalian gak setara," demikian bunyi keterangan pengunggah mengulang kembali kata-kata ibunda mantan kekasih yang disampaikan kepadanya.

Setelah itu, klip berlanjut dengan pengumuman wisudawan cum laude dan terbaik. Nama pengunggah pun tertera di sana yang menunjukkan dirinya meraih S1 Sastra Indonesia dan lulus pada 21 Juni 2023.

"me: ya bu, memang ndak setara," lanjutnya dibarengi emoji tersenyum.

Unggahan selanjutnya menunjukkan dirinya mengenakan toga dan mengalungi selempang bertuliskan "Undip Cum laude". Ia terlihat tersenyum sembari mengangguk.

Menjelang akhir video, pengunggah yang masih berbalut toga duduk sembari memegang ijazahnya yang menunjukkan bahwa ia lulusan Universitas Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Sudah 4 tahun lebih, tapi masih sakit kalau diinget. wkwkwkwkwk.." tulisnya dalam kolom keterangan video.

Sejak diunggah sekitar sepekan lalu, video viral ini sudah disaksikan lebih dari 1,6 juta kali. Video tersebut juga disukai lebih dari 121 ribu kali dan ada lebih dari 1.200 komentar.


Beragam Tanggapan Warganet

Viral Karyawan Minimarket Dihina Tak Setara dengan Mantan yang Kuliah, Kini Berhasil Lulus Cum Laude
Viral Karyawan Minimarket Dihina Tak Setara dengan Mantan yang Kuliah, Kini Berhasil Lulus Cum Laude (Tangkapan Layar TikTok/deftatita)

Video tersebut berhasil mencuri atensi warganet. Tak sedikit dari mereka yang membanjiri kolom komentar dengan beragam tanggapan.

"langsung di ulti mana mbanya lulusan undip, congraatulations mba," tulis seorang warganet.

Lainnya berkomentar, "cumlaude sastra Indonesia aja itu keren banget apalagi di ptn big 10."

"ya emang gak selevel kak tinggian kamu jauuuuh," tulis lainnya. Komentar ini lantas dibalas pengunggah, "emang boleh setinggi itu."

"keren kak, bener bgt pernah baca juga jangan pernah mandang rendah orang lain karna kita gatau kedepannya dia akan seperti apa," tambah lainnya.

Komentar lainnya berbunyi, "wah mbakk, aku juga sama" wisuda 171 kemaren. Tetangga fakultas nih, sesama mantan kasir juga, tapi aku kasir restoran fastfood wkwkwk. Congrats!!."

"jangan sampai rasa sakit dan kecewamu menetap di hatimu kak, supaya tidak rugi.. bismillah semoga jodohmu terbaik dari yang terbaik aamiin," tulis lainnya.

"jangan diinget-inget yang sudah lalu, move on ke depan mba, bersyukur aja berarti bukan jodohnya, jodoh yang tepat dan terbaik akan dateng percayalah," tambah lainnya.


Momen Haru Sopir Truk Menangis Saat Putrinya Wisuda

Momen Haru Sopir Truk Menangis Saat Putrinya Wisuda: Pejuang Rupiah Tanpa Mengenal Lelah
Momen Haru Sopir Truk Menangis Saat Putrinya Wisuda: Pejuang Rupiah Tanpa Mengenal Lelah (Tangkapan Layar TikTok/johnilegend)

Cerita menyentuh lainnya datang dari seorang seorang sopir truk yang menangis haru ketika putrinya wisuda dan lulus cumlaude setelah menempuh studi di Fakultas Hukum, Universitas Udayana, Bali. Momen haru tersebut dibagikan Johnihadi melalui akun TikTok pribadinya @johnilegend pada 20 Juni 2023.

Video singkat itu menunjukkan dirinya tengah menghadiri wisuda putrinya. Johnihadi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang dan topi toga tampak berdiri berdampingan dengan putrinya. Buah hati Johni tampak berbalut toga hitam dengan selempang merah bertuliskan "cumlaude".

"Ini anak gue nih. Bapaknya sopir, hidup di jalan, anak gue jadi coy. Bangga gue coy. Bangga. Bapak sopir, anak jadi. Kebanggaan gue nih," kata Johnihadi dalam video sembari menangis.

Dalam video berdurasi 35 detik itu, Johnihadi juga menunjukkan buah hatinya di sela momen bahagia wisuda. "Senggol dong. Siapa bilang sopir enggak ada masa depan? Anaknya jadi semua," katanya dalam video.

"Salam kompak selalu. Jangan merendahkan sopir. Sopir itu pejuang rupiah, tanpa mengenal lelah," lanjutnya.


Pidato Haru Mahasiswa Asal Lombok Saat Wisuda Doktor di AS

Ahmad Munjizun
Ahmad Munjizun, mahasiswa asal Lombok, NTB beri pidato kelulusan gelar doktor dari North Carolina State University AS. (Dok. Instagram/@ahmad_munjizun)

Kisah menginspirasi lainnya datang dari Ahmad Munjizun, seorang mahasiswa asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mendapat gelar doktor di Amerika Serikat (AS). Video saat Munjizun menyampaikan pidato kelulusan dari North Carolina State University ramai di media sosial.

Ia lulus dengan gelar PhD atau Doctor of Philosophy dari Department of Animal Science selama studinya dari 2019 hingga 2022. Pria tersebut berhasil lulus dengan penelitian tentang kuda. Dalam video yang diunggah di akun YouTube Jizun Sang Pembelajar, 9 Mei 2023, pembimbingnya memperkenalkan Jizun sebelum ia berpidato sebagai mahasiswa cemerlang dari Indonesia. 

"Ia telah jadi murid saya yang cemerlang selama beberapa tahun ini. Ia berasal dari Indonesia dan karena COVID-19, ia tidak dapat pulang ke rumah. Tapi, ia harus pulang karena ada beberapa masalah dengan visa," ujar pembimbingnya.

Ia lanjut memuji Jizun atas kontribusi baiknya di bidang keilmuan. "Ia terus bertahan dan telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Ia mempelajari efek negatif obesitas pada kuda dan karyanya benar-benar inovatif dan sangat penting bagi industri kuda."


Penuh Kerja Keras dan Kegigihan

Pidato kelulusan mahasiswa asal Lombok, NTB,  Ahmad Munjizun saat meraih gelar doktor di North Carolina State University (Foto: tangkapan layar youtube jizun sang pembelajar)
Pidato kelulusan mahasiswa asal Lombok, NTB,  Ahmad Munjizun saat meraih gelar doktor di North Carolina State University (Foto: tangkapan layar youtube jizun sang pembelajar)

Ahmad Munjizun pun memulai pidato penuh haru dengan mengatakan bahwa tidak ada kata-kata yang dapat mendeskripsikan rasa bahagianya saat itu. "Datang dari Indonesia, dari desa kecil di pulau kecil bernama Lombok, sedari kecil, saya tumbuh memelihara binatang: kuda poni dan sapi. Saya tidak tahu akan jadi seorang doktor suatu saat dalam hidup saya," ujarnya.

Jizun menuturkan, awalnya, ia bahkan tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali. Namun, dengan kerja keras dan kegigihan, ia dapat menghasilkan hal yang baik.

"Hari ini adalah bukti bahwa kerja keras dan kegigihan menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan semakin baik. Menghasilkan sesuatu yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada pembimbing dan staf fakultasnya atas dukungan, arahan, serta bimbingan yang telah menjadikan ia peneliti dan mahasiswa yang baik, bahkan saat ia memiliki satu kebiasaan buruk.

"Saya sering menunda-nunda pekerjaan. Suatu kali pada pagi hari, murid lain datang ke ruang pascasarjana dan mengira saya datang sangat pagi. Ia tidak tahu bahwa saya tidak pulang dari semalam," ungkapnya disambut gelak tawa penonton.

 

Infografis Mahasiswa dan Aktivis Ditangkap
Infografis Mahasiswa dan Aktivis Ditangkap (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya