Umumkan Mundur Sebagai Mentan, Syahrul Yasin Limpo Pakai Kemeja Batik dan Tanpa Lencana Menteri

Syahrul Yasin Limpo telah menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan) kepada Presiden Jokowi, melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ia terlihat memakai kemeja cokelat yang kemungkinan jadi pakaian terakhirnya sebagai Mentan.

oleh Henry diperbarui 06 Okt 2023, 01:58 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 23:17 WIB
Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan keterangan di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Sebelumnya, Syahrul telah menghadap Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh setibanya dia dari luar negeri pada petang kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Syahrul Yasin Limpo telah menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan) kepada Presiden Jokowi (Joko Widodo), melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kamis (5/10/2023). Dia menekankan akan menghadapi kasus hukum yang menjeratnya di KPK saat ini. Syahrul siap bertanggung jawab atas perbuatan yang sudah dilakukannya.

"Biarkan saya hadapi ini. Dan beri saya kesempatan membuktikan bahwa saya terbiasa urus rakyat," ucapnya, dilansir dari kanal News Liputan6.com, Kamis (5/10/2023). "Saya berharap nasihat-nasihat orangtua saya, nasihat budaya saya dari sana, kalau berani berbuat berani tanggung jawab dan saya siap bertanggung jawab," lanjut Syahrul..

Dalam kesempatan itu yang disebut sebagai hari terakhirnya bertugas sebagai Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) terlihat mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokelat dan celana panjang hitam serta sepatu pantofel. Lalu, dalam foto-foto yang beredar tidak terlihat ada lencana Menteri yang biasana disematkan di sebelah kiri atas atau di dekat kantong bagian atas.

Syahrul menuturkan dirinya baru kembali ke Indonesia pada Rabu, 4 Oktober 2023, usai melakukan kunjungan kerja ke Italia dan Spanyol selama beberapa hari. Dia pun berharap kasus yang menjeratnya tidak menganggu kinerja Presiden Jokowi.

"Saya harap tidak akan sedikit pun mengganggu kinerja Pak Presiden, lebih baik saya ambil sikap seperti ini," ucap Syahrul. Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Kedatangan SYL untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai mentan, usai diduga menjadi tersangka KPK. "Saya sore ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan oleh Mensesneg Pak Pratik untuk menyampaikan usul dan pengunduran diri saya sebagai menteri," ungkap Syahrul Yasin Limpo usai menemui Pratikno.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mobil di Rumah Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo
Syahrul juga mengaku lelah usai melakukan perjalanan dinas dari luar negeri, dan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait laporan dugaan pemerasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu unit mobil Audi A6 usai menggeledah kediaman Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jalan Pelita Raya dan Jalan Bumi 13 Blok C Perum B BPH Makassar, Sulawesi Selatan. Penggeledahan yang dilakukan Rabu, 4 Oktober 2023 ini berkaitan dengan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Dari lokasi tersebut ditemukan dan diamankan bukti antara lain berupa satu unit mobil merek Audi A6 dan sejumlah dokumen," terang Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (5/10/2023).

Ali mengatakan mobil dan dokumen tersebut akan disita untuk dijadikan alat bukti memperkuat sangkaan terhadap para tersangka. Nantinya barang bukti itu akan dikonfirmasi kembali kepada para saksi."Penyitaan sekaligus analisis masih dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan ini," ujar Ali.

Dalam penggeledahan di rumah dinas SYL, tim penyidik menemukan uang sekitar Rp30 miliar. Penggeledahan di rumah dinas Syahrul Yasin Limpo diketahui terjadi pada Kamis, 28 September hingga Jumat, 29 September 2023.

 


12 Senjata Api Syahrul Yasin Limpo

Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo dikabarkan digeledah KPK (Liputan6.com/Fauzan)
Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo dikabarkan digeledah KPK (Liputan6.com/Fauzan)

Selain uang, diketahui tim penyidik juga menemukan 12 pucuk senjata api."Jumlahnya lumayan besar, kurang lebih Rp30 miliar. Juga dugaan senjata api yang juga sudah diserahkan kepada Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Senin (2/10/2023). 

 

Ali mengatakan, tim penyidik bakal mengonfirmasi temuan uang itu kepada para saksi untuk memperkuat dugaan uang tersebut berkaitan dengan kasus yang tengah ditangani KPK. Jika dilihat di akun Instagramnya, SYL terlihat beberapa kali mengenakan barang impor mewah, seperti sepatu.

Salah satunya terlihat dalam unggahan di akun Instagram-nya pada 9 Desember 2022. Saat itu, ia diketahui menghadiri acara pelepasan ekspor sarang burung walet dari Surabaya menuju China senilai Rp8 miliar.

Di foto, SYL terlihat menggunakan outfit berupa kemeja lengan panjang dan celana hitam. Sementara itu, sneakers hitam dengan sol putih dan monogram grafiti Balenciaga yang khas tampak mencolok.

 


Sepatu Balenciaga Syahrul Yasin Limpo

Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah Balenciaga Sebelum Dikabarkan Menghilang
Mentan Syahrul Yasin Limpo Pernah Terlihat Pakai Sepatu Mewah Balenciaga Sebelum Dikabarkan Menghilang. foto: Instagram @syasinlimpo

Melansir laman Balenciaga, sepatu tersebut merupakan seri Men's Speed Recycled Knit Graffiti Sneaker in Black/White. Sneakers ini cukup unik, karena bagian belakangnya berpotongan agak tinggi dan berwarna hitam hingga terkesan seperti kaus kaki yang menempel langsung ke bagian sol sepatu.

Sepatu Balenciaga ini desainnya minimalis dengan garis-garis halus bermaterial jersey rajut dobel yang tebal dan awet, tapi tetap halus dan elastis, klaim merek mewah itu. Sneakers yang terlihat lancip di bagian jempol kakinya ini dibanderol 1.050 dolar AS (sekitar Rp15,7 juta).

Mentan Syahrul juga pernah kedapatan memakai sepatu mewah rilisan Louis Vuitton (LV). Hal itu diketahui dalam unggahan di akun Instagram-nya pada 19 Mei 2023. Saat itu, SYL sedang mengunjungi kantor Kementerian Perindustrian. Pria kelahiran Makassar, 68 tahun lalu ini mengenakan busana semi formal berupa kemeja putih celana hitam dan jaket berwarna serasi.

Menurut situs eBay, sepatu yang digunakan Mentan Syahrul merupakan seri Louis Vuitton Run Away Sneaker Sz-10M. Sepatu hitam keabu-abuan ini harganya sekitar Rp18 juta. Fiturnya membuat sepatu tersebut disebut "sangat nyaman digunakan untuk aktivitas yang terbilang padat."

 

Infografis Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Terjerat Dugaan Korupsi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Terjerat Dugaan Korupsi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya