Tips Berkurban Mudah, Cepat, Harga Terjangkau dan Lebih Bermakna

Ibadah kurban adalah ibadah yang hanya satu tahun sekali dijalankan oleh umat Islam. Walaupun begitu, ibadah kurban membutuhkan persiapan yang cukup matang.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 14 Jun 2024, 22:31 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2024, 05:31 WIB
Tips Berkurban Mudah, Cepat, Harga Terjangkau dan Lebih Bermakna
Tips Berkurban Mudah, Cepat, Harga Terjangkau dan Lebih Bermakna.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Ibadah kurban adalah ibadah yang hanya satu tahun sekali dijalankan oleh umat Islam. Walaupun hanya satu tahun sekali, namun ibadah kurban membutuhkan persiapan yang cukup matang terutama di aspek niat dan finansial. Ini adalah ibadah yang membutuhkan harta selain daripada berzakat dan bersedekah.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa berkurban dengan mudah, cepat, harga yang terjangkau dan lebih bermakna jika mengetahui caranya. Tentunya kita ingin tetap menjalankan ibadah kurban dengan harga yang terjangkau namun tetap bisa luas manfaatnya, bukan?

Simak 5 tips berikut ini untuk sahabat yang ingin berkurban mudah, cepat, dan harga terjangkau.

1. Lakukan Kurban Lewat Online

Pilih dan lakukan kurban secara online. Dengan melaksanakannya via online, kita tidak perlu lagi survei membandingkan harga ke tempat penjualan hewan kurban, atau menawar satu persatu hewan kurban sesuai keinginan. Jadi, sahabat menghemat biaya survey atau biaya transportasi. Dengan kurban online juga, sahabat biasanya membeli hewan kurban sudah termasuk kepada jasa untuk ditebar ke berbagai daerah serta pemotongannya dan biasanya lebih terjangkau.

2. Pilih Hewan Kurban Jantan

Meskipun secara syariat tidak ada riwayat yang menyebutkan lebih baik jantan atau betina dalam memilih hewan kurban, namun pemilihan hewan kurban jantan lebih diutamakan. Hal ini karena hewan kurban jantan lebih banyak dagingnya dibanding betina sehingga pembagian daging ke penerima manfaat akan mendapat lebih banyak. Selain itu memilih hewan jantan dapat ikut berkontribusi dalam keberlanjutan stok hewan dikemudian hari.

3. Pilih Lembaga untuk Berkurban yang Terpercaya

Jika kamu melakukan kurban lewat online, pilihlah lembaga untuk berkurban yang terpercaya dan bisa menyalurkannya secara benar. Anda bisa memilih Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga dengan program Tebar Hewan Kurban yang telah dipercaya masyarakat Indonesia lebih dari 30 tahun.

Selanjutnya kita bisa bertransaksi secara online dan nantinya Dompet Dhuafa melalui Kurban Information Sistem (KIS) akan mengirimkan informasi serta laporan update dimana hewan kurban akan dipotong dan didistribusikan secara detail.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Salurkan Kurban Lewat Lembaga Lebih Terjangkau Harganya

Tips Berkurban Mudah, Cepat, Harga Terjangkau dan Lebih Bermakna.
Tips Berkurban Mudah, Cepat, Harga Terjangkau dan Lebih Bermakna.  foto: istimewa

Dengan memilih lembaga kurban yang terpercaya, biasanya harganya juga terjangkau dengan kualitas yang sesuai syariat. Tidak menjadi terlalu mahal atau ditinggikan untuk mencari keuntungan lebih. Hal ini karena lembaga yang profesional benar-benar berniat untuk menyalurkan kurban dan sudah menghitung biaya operasionalnya termasuk dalam harga hewan kurban.

Dengan team yang banyak dan juga didukung pengalaman yang tinggi, tentu ibadah kurban menjadi lebih mudah dan membantu sahabat. Keuntungan lain berkurban melalui lembaga yaitu harganya yang stabil. Biasanya, semakin mendekati hari raya Idul Adha, harga hewan kurban semakin naik. Bahkan selisihnya sangat jauh dibandingkan dengan harga hewan kurban jauh sebelum hari raya.

5. Menyalurkan Kurban ke Daerah yang Benar-benar Membutuhkan

Bayangkan jika Anda harus menyalurkan sendiri hewan kurban ke tempat-tempat yang minim akses dan jarang menerima kurban. Jika sendirian tanpa team atau lembaga profesional tentu itu tidak mudah membutuhkan biaya yang tinggi.

Kehadiran lembaga seperti Dompet Dhuafa salah satunya menjawab seluruh kebutuhan sahabat. Melalui quality control (QC) DAN sistem yang telah dipersiapkan 6 bulan sebelum manfaat kurbanmu akan tersalurkan ke tempat-tempat yang belum terjangkau hewan kurban. Oleh karena itulah, ibadah kurbanmu akan lebih bermakna.

 

Infografis Sapi 1 Ton Kurban Presiden
Infografis Sapi 1 Ton Kurban Presiden
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya