Viral Mbah Guru Matematika Buka Kelas Online di TikTok, Muridnya Tembus CPNS hingga Wakili Kompetisi Sekolah

Mbah Guru Matematika yang akrab disapa Pak Melan, melakukan live streaming kegiatan mengajarnya dua hari sekali. Pada sesi 1 berlangsung pada 16.00-17.30, sementara sesi 2 berlangsung pada 19.30-21.00.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 08 Jun 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2024, 07:00 WIB
Seorang pensiunan yang dipanggil Pak Melan tengah viral sebagai Mbah Matematika di TikTok. (Dok: IG @binaprestasiswa)
Seorang pensiunan yang dipanggil Pak Melan tengah viral sebagai Mbah Matematika di TikTok. (Dok: IG @binaprestasiswa)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang kakek pensiunan yang disapa Pak Melan tengah viral di TikTok karena membagikan ilmu matematika kepada murid-muridnya secara online. Diketahui Pak Melan telah 20 tahun lebih pensiun, tapi semangatnya untuk mengajar tidak surut.

Mengulik laman TikTok pribadinya @binaprestasiswa dengan nama Mbah Guru Matematika yang memiliki 594 ribu pengikut, Pak Melan melakukan live streaming kegiatan mengajarnya dua hari sekali. Sesi 1 berlangsung pada 16.00-17.30, sementara sesi 2 berlangsung pada 19.30-21.00.

Mengutip dari Instagram @fyifact, pria berusia 78 tahun asal Purworejo, Jawa Tengah, merupakan pensiunan guru yang dulunya mengajar para murid di sekolah.

Tak hanya mengajar di TikTok, Pak Melan juga membagikan metode mengajar matematika lewat YouTube dengan nama @MbahGuruMatematika atau Mbahguru Matematika.

Saat ini akun YouTube pribadinya telah memiliki 3,44 ribu subscriber yang di dalamnya terdapat 41 video. Menariknya, Pak Melan membuat konten pelajaran matematika yang cukup sulit seperti persamaan matrik, hingga matematika geometri.

Banyak dari warganet yang merupakan murid online mengaku terbantu dengan pelajaran matematika dari Pak Melan. Terbukti di kolom komentar unggahan kontennya, tak sedikit yang memamerkan prestasinya.

"Mbah makasih ilmunya, bulan depan saya mewakili provinsi untuk cabang sains matematika, semoga saya bisa melakukan yang terbaik," tulis seorang warganet.

"Mbah aku jadi juara 1 di kelas loh mbah, makasih ya mbah," sambung warganet lainnya.

"Makasih mbah, gara-gara mbah aku diterima ke sekolah favorit. Saya keterima di mata pelajaran matematika. Makasih mbah," yang lain menambahkan.

"Saya murid les kedinasan Mbah di Kutoarjo tahun 2018, walaupun tidak masuk STAN alhamdulilah ilmu dari mbah selalu saya ulang dan bawa saya masuk CPNS tahun lalu," sambung warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet Minta Diundang ke TV

Seorang pensiunan yang dipanggil Pak Melan tengah viral sebagai Mbah Matematika
Seorang pensiunan yang dipanggil Pak Melan tengah viral sebagai Mbah Matematika. (Dok: IG @binaprestasiswa)

Mengingat upaya Pak Melan mengajarkan muridnya secara gratis dan inspirasi yang membuat banyak murid online berhasil, banyak warganet merasa Mbah Guru Matematika harus diundang tampil di acara TV.  "Ini harus diundang TV," saran warganet.

"Tolong mbah ini diundang di acara TV atau podcast, banyak pelajar yang terbantu dengan ilmu beliau. Pengen dengar cerita-cerita beliau please," harap warganet.

"Yang kayak gini lo pak menteri diperhatikan, luar biasa dan sangat memberikan nilai-nilai tersendiri apa lahgi saya juga seorang guru. Guru hebat sehat selalu Nggeh mbah salam dari Tulungagung," yang lain mengomentari.

"Serius nanya orang seperti beliau apa sudah ada yang ngundang ke stasiun TV atau podcast?" tanya warganet.

"Ini yang harusnya diundang TV bukan yang joget-joget," yang lain menimpali.

"Maunya guru yang begini yang viral, yang diundang di TV, di YouTube, atau di mana gitu terima kasih pak, sehat-sehat pak. Aamiin," harap yang lain. 


Jerome Polin Aktif Membagikan Ilmu Matematika

Potret Jerome Polin menghitung banyaknya uang Rp 76 Miliar (Sumber: Instagram/jeromepolin)
Potret Jerome Polin menghitung banyaknya uang Rp 76 Miliar (Sumber: Instagram/jeromepolin)

Selain Mbah Guru Matematika, sebelumnya Jerome Polin sudah lebih dulu dikenal luas sebagai YouTuber yang pandai matematika. Ia kerap membagikan berbagai momen kehidupanya saat menjadi mahasiswa Jepang serta mengunggah konten belajar bahasa Jepang serta matematika juga selalu mencuri perhatian.

Mengutip dari Tim Hot Liputan6.com, 1 September 2024, meski telah lulus, Jerome Polin nyatanya tetap aktif membagikan berbagai ilmu matematika kepada para siswa. Terbaru, dalam unggahan di akun Instagram, pria yang lahir pada 2 Mei 1998 ini menjadi guru untuk sekolah dasar yang ada di Lembata, NTT.

Jerome pun memilih untuk jadi guru relawan di sekolah yang masuk dalam zona merah rawan bencana. Dirinya ikut mengungkapkan kebahagiaannya saat melihat murid-murid begitu antusias saat belajar hingg sesi tanya jawab. Tak hanya mengajar saja, Jerome bersama timnya pun turut membagikan sepatu serta makanan bagi para murid yang ada di sekolah tersebut.


5 Guru Matematika Ikuti Pelatihan Sains di Singapura

OKU Timur.
Bupati Laosin bersama kelima guru yang mengikuti pelatihan "Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)" di National Institute of Education (NIE) Singapore. (Foto: Istimewa)

Mnegutip Tim News Liputan6.com, 20 Oktober 2023, Bupati OKU Timur, Laosin mengutus lima guru matematika untuk mengikuti pelatihan "Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)" di National Institute of Education (NIE) Singapore. Langkah ini merupakan cara Bupati Laosin dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di suatu bidang.

Bupati Laosin mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung segala kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi diri. "Ini merupakan visi utama saya dalam OKU Timur Maju Lebih Mulia," katanya.

Di samping itu, Bupati Laosin juga menceritakan pengalamannya ketika dirinya diutus Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Dalam Negeri untuk mengikuti Digital Leadership Academy di Singapore pada tahun 2022 yang lalu.

"Saat saya diutus negara, saya sangat memaksimalkan kesempatan itu, selama mengikuti pelatihan ternyata kedisiplinan dan kinerja yang menjadi utama," tuturnya.

Bupati Laosin ikut menyebut, Kabupaten OKU Timur sebagai salah satu dari 4 Kabupaten/Kota yang mendapatkan tawaran untuk mengirimkan pelajarnya untuk mengenyam pendidikan di Beijing dan Cairo. "Ini harus dimanfaatkan, saya harapkan masyarakat Kabupaten OKU Timur ada yang berminat untuk mengenyam pendidikan di negara tersebut," katanya.

Infografis Kategori Penghargaan Guru Berprestasi dari Kemendikbudristek
Infografis Kategori Penghargaan Guru Berprestasi dari Kemendikbudristek. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya