Helikopter Jatuh Terlilit Tali Layangan di Bali Ternyata Angkut Turis Australia yang Rayakan Ulang Tahun

Turis Australia itu mengaku pertama kalinya naik helikopter saat insiden jatuh akibat terlilit tali layangan di Bali. Ia sedang bersama kekasih dan temannya untuk merayakan ulang tahunnya.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 21 Jul 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 13:00 WIB
Turis Australia Jadi Korban Helikopter Jatuh Terlilit Tali Layangan di Bali Saat Rayakan Ultah ke-46
Helikopter Bell Jet jatuh di Pecatu pada Jumat, 19 Juli 2024. (dok. Basarnas)

Liputan6.com, Jakarta - Insiden helikopter jatuh akibat terlilit tali layangan pada Jumat, 19 Juli 2024, tak pernah dibayangkan akan dialami Russell Harris. Turis Australia itu menjadi salah satu penumpang saat helikopter Bell Jet model 5055 menabrak tebing di Pecatu.

Tepat saat itu, ia sedang merayakan ulang tahunnya ke-46 bersama pasangannya dan seorang teman dari Perth, Australia. "Mungkin tiga atau empat menit sebelum kejadian, kami melihat sebuah layang-layang, sedikit terlambat," ucapnya kepada Nine News saat ditemui di luar rumah sakit di Bali, dikutip dari laman news.com.au, Minggu (21/7/2024).

Setelah tali layangan melilit rotor utama, helikopter yang mengangkut lima orang, termasuk Harris, terjatuh di kawasan pemukiman di dekat laut. Kelimanya langsung diselamatkan, tiga orang di antaranya dilarikan ke Rumah Sakit Siloam karena mengalami luka serius.

"Hal itu (lilitan tali layangan) membuat kami turun 30--50 meter dengan cukup cepat," ucap Harris.

Ia mengingat helikopter yang ditumpanginya sempat tersangkut pohon. "Kemudian kami menabrak tebing, membuat kami terbalik," sambungnya.

Harris mengaku bersyukur pilot bisa kembali mengendalikan helikopternya setelah terlilit tali layangan. Ia mengaku jika helikopter itu masih berada di ketinggian 200-300 meter di atas permukaan, ia tak yakin bakal selamat.

"Sangat menakutkan jelas. Itu pertama kalinya saya naik helikopter," ujarnya. "Hari ini adalah hari ulang tahunku, itu merayakannya," ucapnya.

Badan SAR Nasioal (Basarnas) melaporkan helikopter tersebut lepas landas dari Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali untuk tur wisata mengelilingi pulau pada pukul 14.33 Wita. Helikopter kemudian dilaporkan jatuh sekitar pukul 14.37 Wita, hanya empat menit setelah lepas landas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama Korban Kecelakaan Helikopter Jatuh di Bali

helikopter
Helikopter terjatuh di wilayah Bali pada Jumat sore (19/7/2024) pukul 15.33 Wita, diduga akibat terlilit tali layangan. (Liputan6.com/ Dok Ist)

 

Basarnas menyatakan seluruh korban dievakuasi dalam kondisi selamat. Mereka adalah Dedi Kurnia yang bertugas sebagai pilot, Oki (kru helikopter), tiga penumpang atas nama Russel James Harris (WN Australia), Eloira Decti Paskilah (WNI), dan Chriestope Pierre Marrot Castellat (WN Australia). Tiga penumpang dilarikan ke RS Siloam.

Dalam pernyataannya, Kementerian Perhubungan mengatakan, "Ditjen Perhubungan Udara Ditjen Hubud telah menerima laporan mengenai kecelakaan helikopter tipe PK-WSP Bell 505 milik PT. Penerbangan Whitesky. Informasi awal seluruh penumpang dipastikan selamat dalam kecelakaan tersebut."

Pihak Kemenhub menyatakan telah mengirim inspektur penerbangan dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV ke lokasi jatuhnya pesawat. PT. Whitesky Aviation juga telah mengirimkan tim investigasi ke lokasi kejadian.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan akan melakukan sosialisasi dan pemantauan lebih intensif terhadap bahaya layang-layang."

Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, pengamat penerbangan Alvin Lie mengomentari kasus kecelakaan helikopter yang kembali terjadi di Bali. Ia mempertanyakan proses pengawasan dan kesadaran publik terhadap aturan soal bermain layangan di sekitar kawasan lapangan udara.


Aturan Bermain Layang-Layang di Bali

Festival Layang Layang di Bali
Peserta dari Malaysia menyaksikan layang-layangnya saat mengikuti festival layang-layang di Bali, Indonesia, (4/8). Festival ini diselenggarakan untuk mempromosikan pariwisata di pulau resor. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Pulau Dewata, Bali mengatur secara tegas soal aturan bermasin layang-layang dalam Peraturan Daerah Propinsi Bali Nomor 9 Tahun 2000 tentang Larangan Menaikkan Layang-Layang Dan Permaonan Sejenis di Bandara Ngurah Rai Dan Sekitarnya. Mengacu pada Perda Propinsi Bali 9/2000 yang disampaikan Alvin, Pasal 2 aturan tersebut melarang layang-layang dan permainan sejenis diterbangkan dalam radius 5 mil laut atau 9 km dari bandar udara.

Layangan pun dilarang terbang di wilayah di antara radius 9-18 km dengan ketinggian melebihi 100 meter (300 kaki). Sementara untuk radius 18-54 km dari bandara, layang-layang tidak bisa dimainkan lebih tinggi dari 300 meter (1.000) kaki.

Beda di Bali, beda pula masalah di Wonosobo. Akibat tradisi menerbangkan balon udara selepas Lebaran Idul Fitri, ruang udara di Yogyakarta terganggu karena bisa membahayakan penerbangan.

Menurut kanal Bisnis Liputan6.com, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengatakan, pemerintah hanya mengizinkan kegiatan pelepasan balon udara di dua daerah, yaitu Pekalongan dan Wonosobo. Jika ada masyarakat yang menerbangkan balon udara di luar wilayah tersebut, itu merupakan pelanggaran. 


Layang-Layang Simbol Pembebasan Warga Palestina

Palestina
Jurnalis Palestina Bisan Owda melaporkan ada 150 layang-layang bendera Palestina diterbangkan antara Khan Younis dan Rafa. (dok. tangkapan layar video Instagram @wizard_bisan1/https://www.instagram.com/p/C8gwZlDA3Rx/)

Di belahan bumi lain, layang-layang menjadi simbol kebebasan. Ratusan layang-layang bermotif bendera Palestina diterbangkan di langit Gaza pada Minggu, 22 Juni 2024. "Salah satu mimpi saya jadi kenyataan," ujar Bisan Owda, seorang jurnalis, sekaligus aktivis Palestina di sebuah unggahan Instagram.

"Wow! +150 layang--layang (bermotif) bendera Palestina diterbangkan secara bersamaan di antara Khan Younis dan Rafah! Langit sudah bebas," tulisnya dalam keterangan unggahan. Layang-layang itu tampak diterbangkan di atas kamp pengungsi, dengan riuh-rendah suara warga lokal terdengar di latar belakang.

Warganet pun meninggalkan berbagi tanggapan di kolom komentar. Tidak sedikit yang mengaku haru melihat pemandangan langka itu di tengah gempuran bertubi-tubi militer Israel. "Orang-orang Palestina sungguh menakjubkan. Mereka bisa menghargai hidup bahkan di waktu-waktu tersulit, pahlawan dunia saat ini," kata seorang pengguna.

"'Langit sudah bebas,' itu membuatku merinding. Aku tidak sabar merayakan hari kemerdekaan Palestina bersamamu, Bisan. Itu akan segera datang 🧡🍉‏," sahut warganet lain. "Senang sekali melihatmu tersenyum dan tertawa Bisan dan mendengar anak-anak cekikikan 🧡," timpal akun berbeda.

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya