Saat KAI Wisata Pamer Layanan Gerbong Kereta Luar Biasa pada Delegasi ASEAN Railway CEOs’ Conference dari 8 Negara Asia Tenggara

Rangkaian gerbong kereta luar biasa yang mengangkut para delegasi ASEAN Railways CEOs' Conference itu terdiri dari kereta Dining on Train, kereta panoramic, dan kereta priority relasi Gambir-Bandung yang dioperasikan KAI Wisata.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 05 Sep 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 16:00 WIB
Saat KAI Wisata Pamer Layanan Gerbong Kereta Luar Biasa pada Para Delegasi ASEAN Railway CEOs’ Conferencedari 8 Negara ASEAN
Salah satu CEO delegasi ASEAN Railways CEOs' Conference ke-44 menikmati layanan premium di gerbong Compartment Suite Class yang dioperasikan KAI Wisata. (dok. KAI Wisata)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia jadi tuan rumah ASEAN Railways CEOs' Conference (ARCEO's Conference) ke-44 yang diselenggarakan di Bandung pada 2--5 September 2024. Terdapat delapan operator kereta se-Asia Tenggara yang berpartisipasi, yakni Kereta Api Tanah Melayu (Malaysia), Vietnam Railways (Vietnam), Ministry of Public Works and Transport (Kamboja), Lao National Railways (Laos), Philippine National Railways (Filipina), Myanma Railways (Myanmar), State Railway of Thailand (Thailand), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Indonesia).

Acara tersebut mengusung tema "Driving Sustainability with Digital Innovation." Tema itu bertujuan mengajak pemangku kepentingan perkeretaapian berkomitmen dalam menyediakan layanan ramah dan transformasi digital.

KAI Wisata ditunjuk sebagai pengelola acara tersebut. Kesempatan itu dimanfaatkan anak perusahaan PT KAI (persero) tersebut dengan mengajak para CEO delegasi menikmati layanan gerbong Kereta Luar Biasa dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung pada Rabu, 4 September 2024. Gerbong itu terdiri dari kereta Dining on Train, kereta panoramic, dan kereta priority relasi Gambir-Bandung.

"Kegiatan ARCEOs' Conference tahun ini merupakan acara strategis dalam memperkenalkan inovasi dan layanan kereta api dan membuka peluang bagi KAI Wisata mengajak para CEO delegasi untuk merasakan pengalaman baru berwisata mewah yang berbeda," kata Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy dalam keterangan tertulis yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Selasa, 3 September 2024.

Para delegasi menaiki gerbong kereta Compartment Suite Class. Mereka disapa dan dilayani para prama dan prami KAI di tempat duduk masing-masing. Sebagai ucapan selamat datang, para delegasi dibagikan welcome drink dan handuk hangat begitu kereta mulai berjalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rasakan Rangkaian Gerbong Kereta Luar Biasa

Saat KAI Wisata Pamer Layanan Gerbong Kereta Luar Biasa pada Para Delegasi ASEAN Railway CEOs’ Conferencedari 8 Negara ASEAN
Salah satu CEO delegasi ASEAN Railways CEOs' Conference ke-44 menikmati layanan premium di gerbong Compartment Suite Class yang dioperasikan KAI Wisata. (dok. KAI Wisata)

Di tengah perjalanan, para delegasi diajak mencicipi pengalaman Dining on Train dengan menu makanan utama di gerbong kereta makan spesial. Sementara, makanan pemubuka dan penutupnya disajikan KAI Services di masing-masing kompartemen.

"Selama perjalanan, saya merasakan kenyamanan dengan pelayanan yang diberikan. Ini merupakan pengalaman terbaik untuk saya yang baru pertama kali naik kereta api di Indonesia," ujar Hairol Mohamad, delegasi dari Malaysia.

Kereta Dining on Train (DOT) merupakan tipe kereta wisata terbaru milik KAI Wisata yang menawarkan pengalaman berwisata sambil menikmati sajian fine dining yang dilayani langsung oleh chef profesional. Kereta tersebut didekorasi secara mewah dengan kapasitas 16 tempat duduk. Kereta itu dapat di-charter untuk perjalanan rute pendek dan risangkaikan pada KA reguler yang beroperasi.

Sementara, Kereta Panoramic merupakan kereta yang dilengkapi sunroof dan jendela besar yang memungkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan alam lebih leluasa sepanjang perjalanan menggunakan Kereta Api. Kereta itu berkapasitas 38 penumpang, dilengkapi dengan layar TV besar, free Wifi, dan toilet. Kereta ini dapat disewa untuk rombongan maupun perorangan.


Kereta Suite Class Compartment

Kereta Suite Class Compartment didesain dengan interior mewah. (Dian Kurniawan/liputan6.com)
Kereta Suite Class Compartment didesain dengan interior mewah. (Dian Kurniawan/liputan6.com)

Sementara, kereta Suite Class Compartment dihadirkan untuk melayani penumpang yang ingin melakukan perjalanan darat tapi suasana seperti di kabin first class penerbangan. Kereta itu mulai beroperasi pada Oktober 2023 dengan rute reguler adalah Gambir - Surabaya Gubeng dengan tiket dibanderol mulai Rp1,95 juta.

Mengutip unggahan Instagram pada Senin, 9 Oktober 2023, kereta itu juga akan beroperasi di rangkaian Argo Semeru. Interior kereta yang disebut dengan Bima Reborn itu didesain modern dengan karpet tebal berwarna abu-abu menyambut penumpang yang naik. Setiap kompartemen dilengkapi dengan satu reclining seat yang bisa direbahkan hingga 180 derajat dan juga fitur pijat.

Kompartemen itu juga dilengkapi dengan stop kontak, air mineral, dan layanan hiburan dari tablet yang terpasang. Setiap kompartemen dilengkapi pintu yang bisa dibuka tutup secara otomatis untuk memberi privasi bagi penumpang. Untuk layanan makan, Kereta Suite Class Compartment menyiapkan hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), hidangan penutup (dessert), aneka minuman, dan berbagai layanan mewah lain.


Jumlah Penumpang Kereta Wisata

Saat KAI Wisata Pamer Layanan Gerbong Kereta Luar Biasa pada Para Delegasi ASEAN Railway CEOs’ Conferencedari 8 Negara ASEAN
Para penumpang kereta wisata bersiap menaiki kereta. (dok. KAI Wisata)

Sebelumnya, KAI Wisata mencatat sebanyak 70.627 orang menaiki Kereta Wisata pada semester I/2024.  KAI Wisata menawarkan dua jenis pola perjalanan untuk para pelanggan, yaitu Free Independent Traveler (FIT) dan rombongan (pola charter) yang diminati baik oleh wisatawan domestik maupun asing.

Animonya terlihat lewat tingginya okupansi perjalanan FIT pada April 2024 yang merupakan periode libur lebaran dengan 17.876 penumpang dan momen liburan sekolah pada Juni dengan jumlah 14.899 penumpang. "Pelanggan Kereta Wisata semester 1 ini sebanyak 66.922 penumpang untuk perjalanan FIT. Penumpang individu ini memang sangat antusias saat jadwal perjalanan tersedia pada aplikasi Access by KAI," kata Dirut KAI Wisata, beberapa waktu lalu.

Sementara, perjalanan pola charter meningkat di masa libur sekolah. Total 3.705 penumpang diangkut dengan kereta wisata yang disewa. "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan KAI Wisata yang telah menjadi bagian dari pelanggan setia Kereta Wisata sehingga semester 1 ini menghasilkan banyak penumpang sampai 70.627 penumpang," ujar Hendy.

Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonsia
Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonsia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya