Pantau Tsunami Chile, BMKG Jayapura Terjunkan Tim Survei Pantai

Tiga tim tersebut diturunkan untuk memantau Pantai Hamadi, Pantai Dok II Jayapura, dan Pantai Base G.

oleh Katharina Janur diperbarui 03 Apr 2014, 07:09 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2014, 07:09 WIB
Tsunami Chile Diperkirakan Sampai Indonesia Besok Pagi
Pergerakan gelombang Tsunami Chile (wcatwc.arh.noaa.gov)

Liputan6.com, Jayapura - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura menurunkan 3 tim survei ke sejumlah pantai di Kota Jayapura, Papua.

Salah satu petugas BMKG setempat, Anissa mengatakan satu tim pemantau terdiri dari dua orang. Tiga tim tersebut diturunkan untuk memantau Pantai Hamadi, Pantai Dok II Jayapura, dan Pantai Base G.

Lanjut Anissa, data yang didapat dari lapangan tempat ketiga tim survei itu menyebutkan ketinggian air di tiga bibir pantai masih normal.

"Sejak pukul 06.30 WIT tadi tiga tim sudah bergerak dan akan terus memantau perkembangan dampak tsunami Chile di tiga pantai itu hingga satu jam kedepan," kata Annisa di Jayapura, Kamis (03/04/2014).

Pascagempa yang melanda Chile 8,2 Skala Richter dan mengakibatkan tsunami di wilayah itu, dikabarkan akan berimbas ke sejumlah kota di Papua. Di antaranya Sarmi, Kota Jayapura dan Biak Numfor.

Imbas tsunami Chile tersebut dikabarkan akan tiba sekitar pukul 07.15 WIT ke sejumlah daerah tersebut. Namun hingga berita ini diturunkan, ketinggian air disepanjang bibir pantai Kota Jayapura dalam keadaan normal.

Baca juga:

Belajar dari Gempa Chile

Ini Daerah di Indonesia yang Berpotensi Tsunami Kiriman Chile

Chile Gempa, 8 Kabupaten di Jatim Waspada Tsunami

Imbas Tsunami Chile Tidak Terbukti di Papua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya